Selasa, 05 Mei 2020

Sulistyo , HADIAH TERINDAH DI ANTARA WABAH

HADIAH TERINDAH DI ANTARA WABAH

Sulistyo

Tuhan
Terima kasih Kau hadiahi aku ramadhan
Walau dalam kegelisahan dan kepedihan
Karena aku tak punya uang untuk membeli kolak pisang
Apalagi nanti baju lebaran
Hanya ada masker seharga sepuluh ribuan
Karena uang di dompet tinggal recehan
Sisa gajian dua bulan lalu hampir habis untuk makan

Ma'af Tuhan
Ramadhan ini mungkin aku hanya bisa menyapa semampuku
Tak ada suara bakiakku melangkah ke rumah-Mu
Aku hanya bisa mengeja alifbata di dalam kamarku
Aku hanya bisa bersujud di hamparan sajadah rumahku

Tuhan
Dekap aku dengan ramadan-Mu
Biarkan tangisku pecah dalam rintih tadarusku
Biarkan mulutku tetap melafal firman-Mu
Walau terbata

Tuhan
Ramadan ini adalah oase terindah walau dia datang bersama wabah yang Kau turunkan
Di antara isak tangis kelaparan
Di antara lagu kematian
Di antara kerinduan bertemu malam seribu bulan

Jakarta, mei 2020


RAMADHAN TERKUNGKUNG PANDEMI

Sulistyo

Tik tok jam tesendat berputar
Matahari berhenti di tengah jalan
Perut menipis menahan lapar siang malam
Berbuka puasa hanya seteguk minuman
Penghasilan menghilang karena pandemi tak berkesudahan

Ramadhan pilu
Ramadhan penuh sembilu

Jakarta, mei '20