Jumat, 22 Mei 2020

65.SUKMA PUTRA PERMANA PESAN WHATSAPP TERAKHIR KEPADA IBUNDA, DARI SEORANG ANAK SEMATA WAYANG, YANG WAFAT DALAM BERTUGAS DI GARIS TERDEPAN PERANG MELAWAN VIRUS CORONA.

65.SUKMA PUTRA PERMANA

PESAN WHATSAPP TERAKHIR KEPADA IBUNDA, DARI SEORANG ANAK SEMATA WAYANG, YANG WAFAT DALAM BERTUGAS DI GARIS TERDEPAN PERANG MELAWAN VIRUS CORONA.



Ibu, Lebaran tahun ini ananda tidak bisa pulang. Keadaan belum memungkinkan. Di tempatku bertugas masih banyak pasien. Memenuhi ruang-ruang perawatan. Yang positif atau terindikasi terinfeksi virus menakutkan. Dalam keadaan sangat mengkhawatirkan. Bahkan terancam kematian. Karena belum ada obat yang bisa diandalkan. Jumlah dokter dan paramedis yang ada juga sangat terbatas. Jadi, kami harus bekerja keras. Nyaris tanpa jeda untuk lepas menarik napas. Atau sekadar duduk di lantai dan bersandar lemas.

Ibu, doakan ananda agar tetap sehat, kuat, dan sabar menjalani tugas. Karena justru kami petugas kesehatan yang rawan tertular virus. Beberapa teman kami sudah ada yang wafat. Tertular virus ketika merawat pasien dalam keadaan badan yang kurang sehat. Ibu juga selalu ananda doakan agar senantiasa dalam keadaan sehat dan cukup istirahat. Kalau malam, Ibu jangan tidur telat. Agar di penghujung malam masih dapat bangun sholat. Sahur pun jadi tidak terlambat.

Ibu, ananda ingin memeluk Ibu karena rindu sekali. Rindu berbulan puasa bersama lagi. Seperti tahun-tahun lewat yang pernah kita alami. Jauh sebelum datangnya musim pandemi ini. Rindu ingin berjalan perlahan berdampingan. Menuju mushola di depan rumah di seberang jalan. Peninggalan yang tercinta mendiang Ayah. Yang insya Allah menjadi amal jariyah dan penuh barokah. Untuk masa sekarang ibu beribadah di rumah saja, ya. Karena usia Ibu menjadikan antibodi yang sangat lemah. Sehingga sangat rentan tertular jika keluar rumah.

O, iya, untuk barang-barang dan bahan makanan keperluan bulanan. Ananda rutin pesankan secara online. Dan akan diantar sampai di depan teras rumah kita. Jadi, Ibu tidak usah bingung memikirkannya. Ibu dapat menelepon ananda kapan saja. Jika ada kebutuhan mendesak segera. Pulsa dan kuotanya akan selalu ananda isikan. Ibu jangan lupa untuk sering memperhatikan  baterai teleponnya, ya.

Semoga Allah segera menghilangkan wabah ini dari negeri kita ya, Bu. Agar semuanya dapat kembali berjalan normal. Ananda pun dapat cepat pulang untuk segera mendekap Ibu. Dan kita dapat kembali hidup berdua dengan tenang dan damai.

Sembah sujud dan peluk cium rindu dari ananda di tempat tugas.



SUKMA PUTRA PERMANA lahir di Jakarta, 3 Februari 1971. Beberapa antologi puisi terbaru yang memuat karya-karyanya antara lain: Yogya Dalam Nafasku, Klungkung: Tanah Tua Tanah Cinta, Kenangan Semalam di Cianjur, DNP 7: Negeri Awan, DNP 8: Negeri Bahari, DNP 9: Pesisiran, Segara Sakti Rantau Bertuah, Perjalanan Merdeka, Wong Kenthir, dan CORONA. Sedangkan buku puisi tunggalnya adalah: Sebuah Pertanyaan Tentang Jiwa Yang Terluka. Sampai sekarang masih giat berproses kreatif sebagai penyair, penulis, dan editor di Komunitas Belajar Menulis (KBM) Yogyakarta. Alamat: RingRoad Timur Mutihan No.362 RT.05, Wirokerten, Bantul, D.I.Yogyakarta 55194. HP/WA: +6281392018181. E-mail: sukmaputrapermana1@gmail.com