Senin, 05 Agustus 2019

Wardjito Soeharso : Kebebasan

Yuk kita simak kembali puisi-puisi Internasional. Kali ini kita mengulas puisi karya Wardjito Soeharso, penyair senior nasional asal Semarang yang sangat produktif . Wardjito Soeharso dikenal juga sebagai penulis novel dan banyak artikel di masa mudanya ketika masih di Balai Diklat Jawa Tengah. Mari kita simak puisinya :

Wardjito Soeharso

Kebebasan

Angin berhembus di tengah padang

Sampaikan berita segera datangnya hujan

Pepohonan meliuk dengan rantingnya

Dedaunan pun indah bergoyang

Burung-burung berkicau riang menyapa pagi

Dalam konser siulan nuansa hijau

Sedang mentari senyum menyambut hari

Berbagi hangat bersama bumi

Pantulkan cahaya dari samudera

Kebebasan alam jadi kebebasan untuk semua

Alam kebebasan pastilah kebebasan dari manusia

Begitulah dasar pemikiran pengetahuan

Yang memaknai benar atau salah

Yang membangun nilai baik atau buruk

Kebebasan atas berpikir

Kebebasan untuk kemanusiaan




Puisi pendek karya Wardjito Soeharso ini memberi pesan tentang 'kebebasan , gambaran itu ia kemukakan dalam bait pertamanya. Bahwa kebasan adalah irama alam yang terlihat dan tumbuh. Alam baginya adalah perlambang tentang kebebasan itu , kebebasan yang diberikan di dunia ini. Harmoni kebebasan itu di bumi ini tentunya yang diberikan dari Maha Pencipta.

Potret kebabasan itu bagaimana manusia bumi menentukannya sebagai hubungan antar manusia.

Mereka menjalani kehidupan Penuh dengan tantangan dan penderitaan. Namun jika manusia memelihara keimanannya untuk tetap teguh berada di jalan Allah SWT. maka pada akhirnya, tantangan dan penderitaan itu akan berbuah manis. Para nabi sudah mengajarkan bagaimana umat manusia bisa menjalin hubungan baik dengan Allah (habluminallah) dan juga hubungan baik dengan manusia (habluminannas). Demikian di bait kedua Wardjito Soeharso menulis. (Rg Bagus Warsono, kurator di Himpunan Masyarakat Gemar Membaca)