Minggu, 05 Mei 2019

Puisi-puisi Sukma Putra Permana dalam ACP

26.Sukma Putra Permana

Catatan untuk Chairil , di Batu Kilometer Terakhir Antara Krawang –Bekasi

Kuhentikan langkahku, pada batu kilometer terakhir antara Krawang-Bekasi. Teringat kisahmu getir, Ninik. Namun semangat masih berapi. Tentang jasad-jasad yang terbaring, sangat ingin diberi arti.
Kusandarkan ranselku, pada batu kilometer terakhir antara Krawang-Bekasi. Kilasan kata-katamu bersyair. Walau tak ada lagi cinta sejak turun senja di pelabuhan kecil. Hingga Pattirajawane di pantai mata berapi.
Kusingsingkan lengan baju, saat tiba di batu kilometer terakhir antara Krawang-Bekasi. Untuk kutuliskan pesan padamu, Ninik. Masih ada yang harus dituntaskan dalam medan kehidupan. Bahwa untuk mendapatkannya, kepercayaan itu harus selalu diperjuangkan.
Dengan demikian, kiranya kita sudah pantas untuk hidup seribu tahun lagi.

April 2019


Sukma Putra Permana

Dukamu Sapardi Bukan Duka Abadi

Dukamu bukan duka abadi, Eyang. Yang selalu kau tuliskan dalam rangkaian kata. Hingga menjelang tutup senja. Setelah sedari pagi lelah berjalan ke arah barat.
Dukamu bukan duka abadi, Eyang. Yang ingin kau sampaikan secara perlahan. Kepada rinai rintik hujan. Nan menjadikan awan tiada.
Dukamu bukan duka abadi, Eyang. Yang belum sempat kau ucapkan karena rindu selalu kau rahasiakan. Hingga lelap angin malam bertiup dan menggugurkan dedaunan.
Dukamu bukan duka abadi, Eyang. Walau dengan ungkapan cinta sederhana akan aku redakan. Agar tiada lagi lara yang engkau rasakan. Dan dapat kita nikmati bersama sisa-sisa perjalanan kehidupan.

April 2019


Sukma Putra Permana, lahir di Jakarta, 3 Februari 1971. Berproses kreatif di Komunitas Belajar Menulis (KBM) Yogyakarta. Beberapa buku antologi terbaru yang memuat karya-karyanya, antara lain: Negeri Bahari (2018), Satrio Piningit (2018), dan Mblekethek (2019). Alamat tempat tinggal: RingRoad Timur Mutihan No.362 RT.5, Wirokerten, Kotagede, D.I. Yogyakarta 55194.