Kamis, 07 Maret 2013

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Tahun 2013



B. Dimensi : Supervisi Akademik
Kompetensi : Menyusun rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana  pengawasan bimbingan konseling (RPBK)
Indikator :
  • Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
  • Merumuskan tujuan supervisi akademik
  • Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
Kompetensi : Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan  atau mata pelajaran.
Indikator :
  • Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan  atau mata pelajaran
  • Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Kompetensi : Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Indikator :
  • Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
  • Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Kompetensi : Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
Indikator :
  • Membimbing guru menganalisis SK dan KD
  • Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
  • Membimbing guru dalam menentukan  materi pelajaran.
  • Membimbing  guru menentukan  kegiatan pembelajaran.
Kompetensi : Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
  • Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa
  • Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
Kompetensi : Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
  • Membimbing  guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
  • Membimbing guru dalam  merumuskan tujuan  pembelajaran
  • Mengarahkan guru dalam menyusun materi   pembelajaran
  • Mengarahkan guru dalam  menyusun kegiatan pembelajaran
  • Membimbing guru menentukan sumber   belajar
  • Membimbing guru merancang    penilaian hasil belajar.
Kompetensi : Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
  • Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
  • Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
Kompetensi : Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
  • Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas pembelajaran.
  • Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
  • Membimbing guru menemukan media pembelajaran
Kompetensi : Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
  • Mengarahkan  guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
  • Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.