B. Dimensi : Supervisi Akademik
Kompetensi : Menyusun rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana pengawasan bimbingan konseling (RPBK)
Indikator :
- Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
- Merumuskan tujuan supervisi akademik
- Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
Kompetensi : Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
- Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
- Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Kompetensi : Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Indikator :
- Mencerahkan guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
- Melatih guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
Kompetensi : Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
Indikator :
- Membimbing guru menganalisis SK dan KD
- Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
- Membimbing guru dalam menentukan materi pelajaran.
- Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.
Kompetensi : Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
- Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa
- Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
Kompetensi : Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
- Membimbing guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa.
- Membimbing guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran
- Mengarahkan guru dalam menyusun materi pembelajaran
- Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran
- Membimbing guru menentukan sumber belajar
- Membimbing guru merancang penilaian hasil belajar.
Kompetensi : Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
- Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
- Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
Kompetensi : Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
- Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas pembelajaran.
- Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
- Membimbing guru menemukan media pembelajaran
Kompetensi : Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
Indikator :
- Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
- Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.