Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Tahun 2013
A. Dimensi : Supervisi Manajerial
Kompetensi : Menguasai metode, teknik dan prinsip prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Indikator :
- Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
- Menerapkan metode supervisi manajerial
- Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
- Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Kompetensi : Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di sekolah
Indikator :
- Menganalisis kebutuhan program kepengawasan supervisi manajerial
- Membagankan program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
- Merancang program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
Kompetensi : Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan disekolah
Indikator :
- Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
- Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
- Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
- Menyusun instrument kepengawasan
- Mengunakan insrumen kepengawasan
Kompetensi : Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di sekolah
Indikator :
- Menganalisis hasil supervisi manajerial
- Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
- menyusun program tindaklanjut hasil kepengawassan
Kompetensi : Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Indikator :
- Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
- Melaksanakan pembinaan dalam penyusunan administrasi sekolah
Kompetensi : Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
Indikator :
- Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
- Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
Kompetensi : Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolah
Indikator :
- Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi terhadap tugas pokoknya
- Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
Kompetensi : Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah
Indikator :
- Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
- Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP