Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Tahun 2013
A. Dimensi : Supervisi Manajerial
Kompetensi : Menguasai metode, teknik dan prinsip prinsip supervisi dalam rangka  meningkatkan mutu pendidikan di  sekolah
Indikator :
- Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
 - Menerapkan metode supervisi manajerial
 - Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
 - Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
 
Kompetensi : Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di sekolah
Indikator :
- Menganalisis kebutuhan program kepengawasan supervisi manajerial
 - Membagankan program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
 - Merancang program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
 
Kompetensi : Menyusun metode  kerja dan instrumen yang diperlukan untuk  melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan disekolah
Indikator :
- Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
 - Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
 - Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
 - Menyusun instrument kepengawasan
 - Mengunakan insrumen kepengawasan
 
Kompetensi : Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya  untuk perbaikan program pengawasan  berikutnya di sekolah
Indikator :
- Menganalisis hasil supervisi manajerial
 - Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
 - menyusun program tindaklanjut hasil kepengawassan
 
Kompetensi : Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan  pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Indikator :
- Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
 - Melaksanakan pembinaan dalam penyusunan administrasi sekolah
 
Kompetensi : Membina kepala sekolah dan guru  dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
Indikator :
- Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
 - Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
 
Kompetensi : Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan  kelebihan dan kekurangan dalam  melaksanakan tugas pokoknya di sekolah
Indikator :
- Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi terhadap tugas pokoknya
 - Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
 
Kompetensi : Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah
Indikator :
- Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
 - Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP