Kamis, 07 Maret 2013

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Tahun 2013



Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Tahun 2013

A. Dimensi : Supervisi Manajerial
Kompetensi : Menguasai metode, teknik dan prinsip prinsip supervisi dalam rangka  meningkatkan mutu pendidikan di  sekolah
Indikator :
  • Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
  • Menerapkan metode supervisi manajerial
  • Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
  • Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
Kompetensi : Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di sekolah
Indikator :
  • Menganalisis kebutuhan program kepengawasan supervisi manajerial
  • Membagankan program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
  • Merancang program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
Kompetensi : Menyusun metode  kerja dan instrumen yang diperlukan untuk  melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan disekolah
Indikator :
  • Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
  • Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
  • Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan
  • Menyusun instrument kepengawasan
  • Mengunakan insrumen kepengawasan
Kompetensi : Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya  untuk perbaikan program pengawasan  berikutnya di sekolah
Indikator :
  • Menganalisis hasil supervisi manajerial
  • Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
  • menyusun program tindaklanjut hasil  kepengawassan
Kompetensi : Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan administrasi satuan  pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
Indikator :
  • Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
  • Melaksanakan pembinaan  dalam  penyusunan administrasi sekolah
Kompetensi : Membina kepala sekolah dan guru  dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
Indikator :
  • Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
  • Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
Kompetensi : Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan  kelebihan dan kekurangan dalam  melaksanakan tugas pokoknya di sekolah
Indikator :
  • Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan  refleksi terhadap tugas pokoknya
  • Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
Kompetensi : Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah
Indikator :
  • Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
  • Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP