Kamis, 07 Maret 2013

Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Tahun 2013



C. Dimensi : Penelitian dan Pengembangan
Kompetensi : Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
Indikator :
  • Membandingkan karakteristik berbagai pendekatan dalam penelitian
  • Mengklasifikasi berbagai jenis penelitian
Kompetensi : Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas
Indikator :
  • Melatih  kepala sekolah dalam  mengidentifikasi masalah penelitian pendidikan
  • Merumuskan masalah penelitian pendidikan
Kompetensi : Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif
Indikator :
  • Mencerahkan tujuan penelitian
  • Menyusun landasan teori
  • Menentukan metodologi penelitian
Kompetensi : Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya
Indikator :
  • Memilih dan Mengembangkan  instrumen penelitian
  • Mengumpulkan data
Kompetensi : Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif
Indikator :
  • Mentabulasi data hasil penelitian
  • Menganalisis data penelitian
  • Menginterpretasikan data hasil penelitian
Kompetensi : Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan
Indikator :
  • Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
  • Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) non  hasil penelitian
  • Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk  perbaikan mutu pendidikan
Kompetensi : Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di sekolah
Indikator :
  • Menyusun buku pedoman tugas kepengawasan 
  • Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
Kompetensi : Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
Indikator :
  • Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
  • Menemukan topik/judul PTK
Kompetensi : Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
  • Merumuskan masalah penelitian PTK
  • Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
  • Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori yang berhubungan dengan topik penelitian
  • Mencerahkan guru tentang  tahapan siklus dalam PTK