Selasa, 21 Juni 2016

Silabus

Dalam rangka pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu, pendidik perlu melakukan pengkajian terhadap silabus yang telah disiapkan sebelum mengembangkannya menjadi RPP yang akan digunakan dalam kegiatan di sekolah. Kegiatan pengkajian silabus bertujuan untuk mengetahui antara lain keterkaitan antara sub tema dengan kompetensi mata pelajaran yang akan dibelajarkan dan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan. Melalui kegiatan pengkajian silabus ini diharapkan guru juga memperoleh beberapa informasi, antara lain: (1) ketersediaan tema dan sub tema, (2) penyebaran kompetensi dasar pada tema (pemetaan), dan (3) pengembangan indikator pada setiap tema (jaringan indikator pada tema).


Kegiatan Pembelajaran 1. Peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3 – 4 orang. 2. Setiap kelompok membaca dokumen SKL, KI, KD yang terdapat dalam modul pelatihan dan atau dokumen Permendikbud terkait. 3. Lomba menyusun Puzzle KI-KD-Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK): a. Setiap kelompok mendapatkan satu paket/amplop berisi potongan-potongan kertas yang bertuliskan KI-KD-Indikator Pencapaian Kompetensi, lem kertas, serta satu lembar kertas plano/kertas karton. b. Setiap kelompok berlomba memasangkan KI-KD-Indikator Pencapaian Kompetensi yang terdapat pada potongan kertas, dengan cara menempelkan potongan-potongan kertas tersebut pada kertas plano/ kertas karton. c. Kelompok yang sudah menyelesaikan puzzle menyerukan kata “Hore….!” agar memotivasi kelompok lain yang belum selesai. d. Setiap kelompok bertukar hasil diskusi untuk saling mengoreksi e. Hasil diskusi yang telah dikoreksi kelompok lain, dikembalikan lagi ke kelompok semula f. Fasilitator memberikan penguatan materi 4. Setiap kelompok mengidentifikasi keterkaitan KI,KD, Indikator dengan SKL menggunakan Puzzle KI-KD-IPK yang telah dikoreksi 5. Setiap kelompok mendapatkan dokumen silabus pembelajaran (bisa juga lihat pada modul) dan mengamatinya. 6. Menggunakan LK yang disediakan, peserta mengidentifikasi kesesuaian antara kegiatan pembelajaran dengan KD yang terdapat dalam silabus (LK……) 7. Perwakilan kelompok mempresentasi hasil diskusi dan mendapat tanggapan kelompok lain. 8. Fasilitator memberikan penguatan 9. Peserta pelatihan secara berkelompok menganalisis keterpaduan kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus pembelajaran menggunakan LK…. 10. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan mendapat tanggapan dari kelompok lain