Selasa, 21 Juni 2016

Analisis materi dan Buku Teks Pembelajaran

Buku yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah Buku Guru dan Buku Siswa. Buku tersebut terdiri atas tema-tema yang sudah ditentukan sesuai dengan jenjang kelas di SD. Berikut adalah Daftar Tema setiap kelas

Setiap tema terdiri atas subtema yang banyak subtemanya bergantung pada jenjang kelas, yaitu Kelas 1 terdiri atas 4 subtema, Kelas 2 terdiri atas 4 subtema, Kelas 3, 4, 5, dan 6 terdiri atas 3 subtema ditambah tugas proyek. Setiap subtema diasumsikan diselesaikan dalam proses pembelajaran selama 1 minggu. Setiap satu subtema terdiri atas 6 pembelajaran yang diasumsikan diselesaikan dalam proses pembelajaran sehari. Buku Guru dan Buku Siswa saling berkaitan sesuai dengan jenjang kelas dan temanya. Buku tersebut disusun berdasarkan pemetaan kompetensi dasar dan indikator yang dibuat selama satu tahun. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga urutan materi dan ketercapaian setiap kompetensi dasar. Berikut adalah sistematika setiap buku. Pemetaan kompetensi dasar yang terdapat di Buku Guru adalah pemetaan kompetensi dasar setiap subtema. Pemetaan kompetensi dasar tersebut dijabarkan lagi menjadi pemetaan kompetensi dasar setiap pembelajaran. Berdasarkan pemetaan kompetensi dasar dan indikator tersebut, materi di dalam buku diuraikan. Ruang lingkup pembelajaran setiap subtema terdapat di dalam Buku Guru.
Ruang lingkup pembelajaran setiap subtema terdapat di dalam Buku Guru. Ruang lingkup tersebut dijabarkan dari pemetaan kompetensi dasar dalam subtema.
Pemetaan kompetensi dasar dalam subtema tersebut dijabarkan lagi menjadi pemetaan kompetensi dasar dan indikator dalam pembelajaran.

Kompetensi dasar dan indikator yang terdapat di dalam Buku Guru tersebut dijabarkan menjadi materi di dalam Buku Siswa. Contoh: Bahasa Indonesia KD 3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, teks tulis, dan visual. Indikator: 3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis. KD. 4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulis. Indikator: 4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tertulis dalam bentuk peta pikiran.

Kegiatan Pembelajaran 1. Peserta pelatihan dibagi menjadi beberapa kelompok. 2. Setiap kelompok membaca dan mencermati Buku Guru dan Buku Siswa (satu kelompok mendapat tugas satu subtema). 3. Peserta pelatihan membuka Buku Guru yang memuat halaman pemetaan kompetensi dasar subtema. 4. Peserta pelatihan membaca kompetensi dasar yang ada pada pemetaan tersebut dan mencocokkan dengan ruang lingkup pembelajaran. 5. Peserta pelatihan membuka Buku Guru yang memuat pemetaan kompetensi dasar dan indikator. 6. Peserta pelatihan membuka Buku Siswa yang sesuai tema, subtema, pembelajaran dengan Buku Guru. 7. Peserta pelatihan membaca KD dan Indikator mata pelajaran yang terdapat pada Buku Guru, kemudian dibandingkan dengan Buku Siswa. 8. Peserta pelatihan secara berkelompok menandai teks di Buku Siswa yang sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang terdapat pada buku guru.

Tugas-tugas Beserta Lembar Kerja Tugas: Menandai teks pada Buku Siswa yang sesuai dengan KD dan indikator mata pelajaran yang terdapat pada Buku Guru. LK 2.1b Analisis Materi dalam Buku Teks Pelajaran Petunjuk Pengisian LK 1. Tulislah Kelas, Tema dan Subtema yang digunakan sebagai bahan pelatihan pada tempat tersedia. 2. Tulislah pembelajaran yang diamati pada tabel yang tersedia! 3. Bukalah Buku Guru pada halaman yang memuat pemetaan kompetensi dasar dan indikator! 4. Tulislah nomor KD dan indikator mata pelajaran yang terdapat pada pemetaan tersebut! 5. Bukalah Buku Siswa pada pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran pada Buku Guru. 6. Bacalah materi pembelajaran pada Buku Siswa yang sudah ditentukan. 7. Berilah tanda pada Buku Siswa yang menunjukkan kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang tercantum pada Buku Guru. 8. Tulislah halaman yang ditandai itu pada tabel LK 2.1b
Penilaian dan Rubrik Penilaian: Unjuk Kerja Rubrik Penilaian Menandai Bagian-Bagian Di Buku Siswa yang Sesuai dengan KD dan Indikator pada Buku Guru