Rabu, 03 Agustus 2011

PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.

Zona Ekonomi Eklusif, Zona Internasional, Perbatasan (darat/laut)dengan negara lain.
Kompetensi ini patut diberikan pada siswa agar siswa mengenal luas wilayah negaranya. Konsep pemahaman batas wilayah bagi siswa sangat penting agar siswa dapat menatap negaranya dengan mamahami luas wilayah serta perbatasannya dengan negara lain.
Semakin tinggi tingkat kelas siswa maka semakin tinggi konsep materi kompetansi ini. Indikator lain dapat berupa visa, paspor, Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar , dan lain-lain. Guru dapat menentukan indikator sesuai dengan tingkat atau jenjang siswa.
Karakter Bangsa demikian merupakan cara pandang manusia Indonesia terhadap negaranya. Kelak dengan memahami wilayah Indonesia siswa tertanam jiwa kebangsaan dan cinta tanah air.

Selasa, 02 Agustus 2011

PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.

Kompetensi :Mengenal Universitas Unggul di Indonesia

Nama universitas dio Indonesia yang menjadi tujuan belajar masyarakat dunia menjadi kebanggan kita. Oleh karena itu mutui universitasnya harus betul-betul terjamin. Di negara lain , universitas semacam ini menjadi daya tarik dan salah satu penanaman karakter bangsa. Untuk apa mahasiswa Indonesi berjar di luar negeri, America misalnya, di sebuah universitas yang mempelajari ekonomi yang bergengsi. Atau di Jerman di sekolah teknik di negara itu, atau di Cina, bahkan di Mesir dan India. Nama universitas di negara-negara itu sungguh termasyur mengiringi kemasyuran negaranya.
Kita punya Institut Teknologi Bandung, punya Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi surabaya, Atau Universitas Gajah Mada lembaga perguiruan tinggi ini memiliki ke khas-an yang tiada dimiliki oleh lembaga lain. Universitas-0universitas ini menjadi arah minat masyarakat dunia. Karena itu kita sebagai bangsa yang merasa memiliki universitas tersebut merasa bangga. Pemerintah harus menjaga mutu lembaga-lembaga ini dan meberikan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia yang mampu secara keilmuan untuk bersekolah di situ. Jika Indonesia membuka beasiswa kepada orang luar negeri untuk bersekolah di Indonesia kenapa putr-putri pribumi sulit bersekolah di universitas tersebut hanya karena hal biaya. Nah, dengan mengenal universitas-universitas kebanggan ini akan tumbuh kebanggan siswa terhadap negaranya.

Senin, 01 Agustus 2011

NARASUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

N a m a : AGUS WARSONO, SPd.MSi.
Kantor : SDN Pasekan II,
UPTD Pendididikan Kec. Pasekan,
Dinas Pendidikan Kab. Indramayu
jl. Brawijaya No. 2
Desa/Kec. Pasekan Indramayu
Rumah : Jl. Alamanda Merah No. 6
Perumahan Citra Dharma Ayu ( cidhayu)
Margadadi Indramayu
kontak SMS : 082127773008
(hub. seminggu sebelum acara)
Spesialis : Pengintegrasian Pendidikan Karakter Bangsa.

Pendidiikan Karakter Bangsa bersama Agus Warsono, SPd.MSi.

KOMPETENSI : MASYARAKAT DUNIA MENGENAL INDONESIA
Ada beberapa hal masyarakat dunia mengenal Indonesia . Yakni biasa menyebut dengan sesuatu yang telah populer di dunia yakni. Borobudur (yang merupakan 7 keajaiban dunia) , Bali. Namun sebetulnya banyak yang menjadi kebanggan kita namun masyarakat dunia belum sampai pada tingkat populer di dunia yakni Batik, Komodo, Angklung, Sasando, dan ukir asmat, danm keris.
Sesuatu yang menjadi kebanggan kita tak boleh susuk populer ini dapat menjadi kebanggan rakyat Indonesia. Dukungan sangat perlu dari pemerintah disamping pendidikan karakter bangsa dipelajari dari mulai sekolah dasar.
Sesuatu yang sdangat ironis apabila rakyat Indonesia sendiri tidak mengetahui sesuatu yang menjadi kebanggannya.

Minggu, 31 Juli 2011

PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.

Kompetensi : Pemberian Penghargaan Nasional
Kompetensi ini mnerupakan bagian dari pemahaman siswa akan kebanggaan kepada putra atau lembaga penerima penghargaan Nasional yang dapat dijadikan contoh agar siswa memiliki semangat dan menteladani tokoh-tokoh penerima penghargaan nasional
Upakarti adalah penghargaan baghi seseorang yang bergelut di bidang wiraswasta dengan dapat membeikan lapangan pekerjaan kepada lingkungan sekitar.
Kalpataru adalah pemberian penghargaan nasional kepada mereka yang dengan sukarela dan tampa pamrih berjuang melestarikan, menyelamatkan, mengembangkan flora dan fauna nusantara sehingga flora dan fauna nusantara terselamatkan, menguntungkan, berkembang, lestari .
Mahaputra adalah pemberian penghargaan pada seseorang atas jasa-jasanya diukur dengan kapasitas secara nasional, memberikan, memberikan contoh teladan, menyumbangkan gagasan, pengabdian luar biasa, dan sebagainya.
Nama-nama penghargaan lain seperti, Adinegoro, Mahayana, Adhipura, Bintang Mahaputra, Guru Teladan, dan sebagainya.

Sabtu, 30 Juli 2011

Pendidikan Karakter Bangsa bersama Agus Warsono, SPd.MSi.

Kompetensi Prestasi Olah Raga Nasional
Salah satu kompetensi pembelajaran Pendidikan Karakter Bangsa adalah materi berupa prestasi olah raga nasional. Di bahasan ini prestasi olah raga merupakan bagian rasa penanaman kebanggan bangsa yang harus ditanamkan pada siswa.
Pembelajaran materi ini dengan mengupas sejarah prestasi olah raga, seperti prestasi bulu tangkis, sepak bola, tenis, balap sepeda, tinju, laricepat, dan sebagainya. Kenangan rasa lkebanggan di masa lalu dengan membuka sejarah prestasi olah raga diharapkan tumbuh rasa cinta terhadap negara ini.
Dulu sprinter Purnomo dikatakan manusia tercepat di Asia, lalu ada Tomas Americo di tinju, kemudian ada Sinyo supit, Yayuk Basuki, Rudy Hartono, Icuk Sugiarto, dan sebagainya.
Indonesia mencatat sejarah prestasi sepekbola tertinggi yakni sebagai juara klasifikasi Piala Dunia Asia Tenggara yang hanya satu langkah lagi dapat masuk Piala Dunia. Ketika itu Timnas sepakbola kita diasuh oleh pelatih pribumi yakni Sinyo Aliandu.
Kemudian Tomas Amirico meraih juara dunia kelas welter IBF juga dilatih oleh pelatih pribumi. Juga Yayuk Basuki hingga dapat emas Asian Games juga dilatih oleh pelatih asal pribumi.
Kejayaan Indonesia di bidang prestasi olah raga dapat dijadikan pemacu prestasi melalui pendidikan karakter bangsa.
Kegiatan pembelajkaran dapat membuka pengetahuan umum, buku pintar, gambar cabang olah raga, gambar atlit dsb. Materi inidapat diintegrasikan pada mnata pelajaran Pendidikan Jasmani (teori) , IPS, IPA, Matematika, maupuin Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Jumat, 22 Juli 2011

KURIKULUM SEKOLAH HARUS DIBUAT DI AWAL TAHUN PELAJARAN

INDRAMAYU, 16 jULI 2011
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sekoplah dasar diharapkan telah siap di tahun pelajaran baru (2011/2012) ini. Demikian anjuran Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Drs. U'ud Suudy. Hal ini dikarenakan kurikulum merupakan dasar kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.
KTSP selanjutnya disebut Kurikulum Sekolah yang bersangkutan, setelah disyahkan oleh Kepala Sekolah, dengan mengetahui Komite, Pengawas, dan Kepala Dinas Pendidikan ( Kasi Kurikulum).
Untuk pelaksanaan mengembangan kurikulum telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan yang doilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab. Indramayu kepada para Kepala Sekolah Dasar sebelumnya. Penyusunannya , Kepala Sekolah dapat dengan membentuk tim pengembang di setiap sekolah.
Apabila para kepala sekolah merasa kekurangan sumber berkaitan dengan Kalender Pendidikan dan Kegiatan pendidikan sekolah dasar, maka dapat menghubungi dinas pendidikan kabupaten Indramayu. Begitu juga kegiatan penyusunan dapat memanfaatkan gugus sekolah.
Kurikulum juga menjadi dasar pengeluaran dana yang dikeluarkan oleh sekolah dalah hal pembelajaran, apakah terdapat dalam kurikulum sekolah atau tidak. Karena itu kurikulum menjadi sangat penting bagi sebuah sekolah.
Sekolah-sekolah dasar di kabupaten Indramayu telah mendapat informasi tersebut dari Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kab. Indramayu. Drs. U'ud Su'udy , sebagai kasi kurikulum sangat perhatian terhadap lembaga-lembaga sekoolah terutama dalam hal pembelajaran. Berkat perhatian yang serius ini, telah dicapat keberhasilan suksesnya Ujian Nasional Sekolah Dasar di Indramayu.

Selasa, 28 Juni 2011

KEBIJAKAN BBM NAIK: YANG MISKIN TETAP MISKIN

NEGARA APA INI? ORANG MISKIN GA BOLEH BERUBAH MEMPERBAIKI NASIBNYA?

1.
Demikian komentar seorang pedagang keliling yang tiap hari berkeliling menawarkan tempe produksi tradisionalnya. Bermula atas keinginan cita-citanya untuk merubah nasibnya agar rambahan jangkauan pemasaran lebih luas sampai ke luar kecamatan. Tak mungkin harus mengayuh sepeda. Karena itu ia mengumpulkan uang sehari sepuluh ribu rupiah dari hasil penjualan tempe setiap harinya. Ia pun tak juluk-muluk untuk membeli chas sepeda motor baru tetapi yang ia beli seken yang 50%. Namun belum lagi dagangan berkembang, harga BBM naik mencekik perut penjual tempe keliling itu. Katanya, Apakah kita tak boleh berubah? harus tetap miskin?

2.
Suatu hari seorang buruh nelayan ingin merubah nasib karena tuntutan keluarga. Ia ingin punya perahu untuk menangkap ikan di tepian laut. Ia membeli perahu kecil dari hasil menjaul tanah perarangan rumah. Agar ia tak lagi sebagai buruh nelayan yang diatur oleh majikan.Meski kecil tapi perahu sendiri katanya. Ikan yang didapat pun sebatas ikan kecil dan penghasilanpun kecil. Namun setelah BBM naik ia bingung. Perahu kecilnya tak lagi melaut, karena hasil ikannya tak cukup beli solar. Katanya benar kata majikannya, Orang miskin tetap miskin!

3.
Seorang tukang tambal ban mengeluh, penghasilannya yang pas-pasan harus dikurangi oleh harga BBM naik.Jadilah tambal bannya tutup. Pasalnya mesin disel untuk penyimpan tabung angin tak lagi bisa hidup karena mahalnya bensin. Kalau pake pompa tangan banyak konsumen yang enggan datang ke tempatnya karena kurang cepat pelayanan. Masa aku harus jadi gelandangan katanya, sambil memegang pompa tangan . Ia pun hanya menerima seribu rupiah untuk isi angin ban sepeda motor.

Sekelumit contoh diatas, tak usah di hiraukan oleh para pengambil kebijakan naiknya BBM yang tamak. Bukankah tak ada orang disebut kaya kalau tak ada porang miskin, jadi biarlah mereka miskin terus katanya...

Rabu, 22 Juni 2011

INDRAMAYU BUTUH SMP NEGERI YANG BETUL-BETUL GRATIS, ANGKA MELANJUTKA TINGGI TAPI SETELAH ITU SISWA TAK MASUK SEKOLAH KARENA HARUS BELI BUKU

INDRAMAYU, angka melanjutkan dari SD ke SMPN sangat tinggi, bahkan hampi seratus prosen, tapi guru sekolah dasar mengharapkan di tahun pelajaran 2011/2012 yad. siswa kelas 7 baru, tidak dibebani biaya yang tinggi untuk pembelian buku atau uang gedung. Meski buku pelajaran guna pegangan sebagai pengayaan siswa merupakan tanggung jawab orang tua siswa, tapi dapat merupakan beban siswa tidak mampu.
Banyak SMPN menawarkan penerimaan siswa baru dengan menyebut tidak memungut uang gedung, DSP bulanan, uang pendaftaran, namun ketika anak-anak duduk di SMP negeri selang beberapa bulan mulailah pihak sekolah menjual buku melalui koperasi sekolah, meski tidak merupakan keharusan tatapi berdampak pada psikologis siswa tidak mampu. Jadilah tak jarang siswa tidak berangkat-berangkat sekolah dan akhirnuya terancam DO.
Kejadian yang klasik ini, perlu dikaji agar pemerintah memperhatikan pada siswa tidak mampu di awal tahun pelajaran.
Jika dimungkinkan minimal di setiap kemcamatan memiliki sekolah negeri yang betul-betul menyelenggrakan sekolah gratis. Namun ini berlawanan dengan konsep umum bahwa "pendidikan itu mahal", atau konsep umum lainnya "tak ada yang tidak pakai uang". Kedua konsep umum ini memang ada benarnya, namun penduduk Indonesia itu heterogen, tak bisa dikatakan mampu semuanya. Bukankah tak ada orang disebut kaya jika tak ada orang miskin, tak ada orang disebut mampu jika tak ada orang tidak mampu. Indi berarti ada diantara saudara kita yang sangat membutuhkan.
Jika demikian tidaklah harus dipukul rata semua siswa baru SMP. Apalagi sampai melakukan tindakaan tegas bahwa kalau mau sekolah di sini harus menanggung resikonya.
Dialektika ini diharapkan dapat direspon oleh pemerintah agar memberi perhatian kepada siswa dari keluarga tidak mampu.
Kegairahan masyarakat yang tinggi disebabkan oleh semangat pemerintah kabupaten indramayu untuk memajukan pendidikan masyarakat tentu harus di upayakan berbagai hambatan seperti siswa baru dari keluarga tidak mampu. Mudah-mudahan tahun pelajaran 2011/2012 ini saudara-saudara kita yang tidak mampu dapat duduk tenang belajar di sekolah. Tentu ada kearifan diantara praktisi pendidikan.

Selasa, 21 Juni 2011

SERTIFIKASI BERSAMA AGUS WARSONO: TUNJANGAN DIHITUNG SAMPAI PENSIUN ATAU MENINGGAL DUNIA

TUNJANGAN PROFESIONAL GURU (TUNJANGAN GURU YANG TELAH LULUS SERTIFIKASI) diberikan sampai dengan sesorang guru penerima tunjangan profesi sampai dengan pensiun atau meninggal. Demikian aturan yang ditetapkan oleh Direktur Jendral Tenaga pendidik Departemen pendidikan Nasional.
Jika seorang guru penerima tunjangan profesi guru pensiun, pada akhir PNS itulah tunjangan dihentikan. Begitu pula jika seseorang penerima tunjangan profesi guru meninggal dunia, maka pada saat itulah tunjangan dihentikan. DEmikian tunjangan profesi melekat kepada pemilik sertifikat guru profesional.
Hasl lain mengenai penghentian pemberian tunjangan adalah, guru beralih menjadi tenaga struktural, meninggalkan tugas sehingga mendapat sangsi hukuman oleh pejabat berwenang juga berdampak pada pemberian tunjangan profesi.
Lebih dari itu adalah kurangnya jam mengajar guru dalam seminggu dengan ketetapan batas minimal jam yang ditentukan sebagai penerima hak tunjangan profesi.
Seorang guru oleh kepala sekolah diberikan tugas jam mengajar kurang dari jumlah jam minimal mengajar yang ditetapkan sebagai penerima tunjangan profesi, disebabkan karena guru tersebut "sakit" atau diartikan bahwa kepala sekolah tidak memberikan tugas sesuai dengan jumlah jam mengajar bagi penerima tunjangan profesi, dapat diartikan bahwa kepala sekolah menilai guru tersebut kurang "mampu" mengajar dalam jumlah minimal jam mengajar penerima tunjangan profesi.Maka tunjangan profesi dapat dihentikan atau dihentikan sementara.

Rabu, 15 Juni 2011

SEKOLAH MENDAPAT BOS HARUS MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN GRATIS

gambar google
Masyarakat Bingung Kenapa Masih Ada Uang Gedung

Mingguan Potlot, 15 Juni 2011

Sekolah-sekolah mendapat Bantuan Oprasional Sekolah (BOS)diharapkan untuk menyelenggrakan sekolah gratis dengan pangecualian pada sekolah Berstandar Internasional, Nasional, dan Unggulan saja yang dapat menarik sumbangan orang tua tetapi hanya kekurangannya saja dari BOS yang diterima.
Sementara ini baru jenjang SD/MI dan SMP MTs saja yang menerima Bos. Untuk tingkat SMA/SMK belum menerima dana BOS sehingga masih memungut sumbangan dari orang tua siswa.
Di tingkat SD dirasakan oleh masyarakat telah betul-betul gratis, tetapi di tingkat SMP masih terdapat sekolah yang memungut sumbangan dari orang tua siswa. Dalam tahun pelajaran 2011/2012 nanti masyarakat mengharap agar SMP pun benar-benar gratis, karena SMP menerima dana BOS.
Kecuali sekolah-sekolah yang disebutkan di atas, SMP yang tidak memiliki predikat Standar Internasional, maupun Nasional atau Unggulan , atau disebut SMP biasa diharapkan tidak meminta sumbangan dari orang tua siswa dalam penerimaan Siswa Baru tahun ini.
DI SMP/MTS mendapat BOS lebih besar dari SD/MI dalam perhitungan per siswa. Namun banyak pihak SMP tanpa predikat itu merasa ada ketimpangan apabila seklahnya berada di kota. Kecemburuan pun terjadi kenapa sama-sama SMP di kota, SMP biasda tidak dapat menerima sumbangan orang tua siswa, apalagi uang gedung. Dasar inilah yang mengakibatkan banyak sekolah SMP biasa tetap menerima sumbangan dari orang tua siswa. Jadilah hampir sekolah SMP di kota terpaksa harus meminta sumbangan dari orang tua siswanya. Akhirmnya anak lulus SD ada terpaksa tidak bersekolah karena takut mahal biaya sekolah sekoah di SMP.

Selasa, 14 Juni 2011

KUIS MAIN KATA GLOBAL TV, AJAK BUKA KBBI

oleh : Agus Warsono

KUIS Main Kata yang ditayangkan Global tv, adalah sebuah tayangan hiburan sekaligus pendidikan. Terutama pendidikan pemahaman terhadap Bahasa Indonesia yang Benar. Baik cara pengucapan maupun penulisan, di kuis Main Kata Global tv memberikan penyuluhan tentang penggunaan bahasa indonesia yang benar.
Seringkali, Penggunaan Bahasa Indonesia bahkan oleh banyak administrasi kantor baik pemerintah maupon swasta banyak sekali kesalahan karena kekurang pahaman menggunakan kata bahasa Indonesia yang benar. Seperi kada dasar dengan penggunaan hurup yang doblel, bunyi sengau 'au' , hurup 'x; yang keliru hurup 'k' dalam kata dasar, hurup i dan y serta penggunaan tata bahasa lainnya orang sering keliru menggunakannya.
Kesalahan hurup kadang menjadi maklum seseorang, namun bukan tidak mungkin kesalahan penulisan huruf dapat berakibat salah pengertian. Bahkan dapat terjadi salah tafsir dalam banyak sengketa huku.
Kuis Main Kata mengajak orang untuk lebih mengenal bahasanya sendiri. Di SDN Pasekan II kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu, , seringkali guru membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk meyakinkan tentang aturan tata bahasa itu.
Kuis Main Kata, secara tidak langsung mengajak guru untuk membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia . Sehingga ini merupakan, peningkatan mutu guru yang slama ini kurang'jarang membuka KBBI.
Kuis Main kata Glonal Tv, memberikan evek langsung terhadap para guru sekolah dasar di Indramayu . Paga gilirannya nanti guru akan paham p[enggunaan Bahasa Indonesia yang benar.

Senin, 13 Juni 2011

UNTUK MAJUKAN SENI INDRAMAYU , GUNAKAN SENI TRADISIONAL DAERAH INDRAMAYU UNTUK HIBURAN HAJATAN

TARLING, SANDIWARA, SINTREN, WAYANG, KURANG BANYAK DIPAKAI ORANG HAJATAN KETIMBANG ORGAN TUNGGAL


Seni tradisional yangb banyak bertebaran hampir di setiap kecamatan di kab. Indramayu, sepi panggilan dikarenakan mahalnya ongkos tampil kesenian ini. Pasalnya kesenian tradisional memerlukan personil yang begitui banyak. Sebut saja misalnya sandiwara, kesenian ini dapat memakan personil tiga puluh sampai empat puluh orang. Begitu juga wayang, tarling, dan sintren sekitar dua puluh orang, jelas ini memakan biaya besar.
Namun seni adalah kepuasan. Untuk kalangan pemangku hajat dari orang kaya kemungkinan mampu, sedang bagi masarakat menengah ke bawah lebih memilih organ tunggal ketimbang seni tradisional. Karena itu seni tradisional jarang tampil di pentas hiburan orang hajatan saat ini.
Organ tunggal yang hanya membutuhkan seorang player, mc dan 3 orang biduan sudah cukup menghibur orang punya hajat. Dan ongkosnya pun cukup murah antara 1-3 jt saja. Sedang kesenian tradisional memakan ongkos dampai lebijh dari itu.
Kesenian Indramayu yang kaya dengan seni tradiosional, merupakan aset Indramayu yang begitu tinggi nilainya. Hal ini dikarenakan penghargaan orang daerah lain pada seni di Indramayu. Mereka, grup-grup seni tradisional saat ini kebanyakan 'ditanggap' dipanggi di daerah lain.
Seni tradisional Indramayu tetap mendapat perhatian dari pemerintah Kab. Indramayu.
Promosi dan pertunjukan pada event-event tertentu, seni tradisional tetap mendapat porsinya untuk tampil.

OBJEK WISATA DI INDRAMAYU MENARIK UNTUK DIKUNJUNGI SISWA SD INDRAMAYU DALAM PIKNIK AKHIR TAHUN

DIPERLUKAN KEPEDULIAN GURU UNTUK AJAK SISWA KUNJUNGI OBJEK WISATA DAERAH SENDIRI


Objek wisata di indramayu yang beraneka ragam belum menjadi daerah tujuan wisata pelajar dari kota lain. Bahkan para pelajar dari Indramayu sendiri belum banyak yang mengunjungi objek wisata daerahnya sendiri . Padahal objek wisata daerah indramayu sangat beraneka ragam dan memiliki beberapa keunggulan.
Sesuai dengan lokasinya di daerah pantai maka objek wisata pantai mendominasi di Indramayu. Karena itu tentu pengunjung biasanya berasal dari daerah pegunungan. Namun Promosi wisata Indramayu belum begitu gencar sehingga daerah lain kurang mengenal objek wisata Indramayu yang begitu banyak.
Sebut saja pantai Kali Menir, Eretan, pantai Tiris, Pantai Karang Song, Pantai Langgen, Pantai Tirta Ayu, Pantai Tirta Maya, Pantai Lomjbang, Pantai Glayem, Pantai Dadap dan Pantai Benda, dari ujung barat sampai ke timur pesisir Indramayu banyak dijumpai objek wisata yang menarik.
Sedang objek wisata lainnya seperti, Situ Bolang, Bendungan Bojongsari, Wisata air Blok Madat menjadi pilihan kunjungan yang menarik.
Sedang wisata Ilmiah /wisata sejarah kita dapat mengunjungi Situs makam Pangeran Guru yang dikenal Makam Selawe di Dermayu Sindang, Situs Makam Pendiri Indramayu R Wiralodra di Sindang, Situs Ki Buyut Tambi Di Tambi Jatibarang, Situs Jaka Dolog diPabean Udik.
Objek wisata itu ditambah dengan objek wisata belanja di indramayu, sebut saja di Paoman ada kerajinan Batik tradisional, di Tambi ada pengrajin kedok, di Bondol ada pengrajin kulit ikan, di Gribig Anjatan ada pengrajin sabut kelapa dan sebagainya.
Objek wisata Indramayu dapat berkembang apabila masyarakatnya mendukung mempromosikan daerah wisatanya sendiri. Dimulai dari pengenalan siswa sekolah dasar. Objek wisata lokal disamping murah transportnya juga tak kalah dengan objek wisdata daerah lain.

Minggu, 12 Juni 2011

KUIS MAIN KATA GLOBAL TV BANTU SISWA MEMAHAMI BAHASA INDONESIA

KUIS MAIN KATA GLOBAL TV, sangat membantu wawasan siswa dan guru dalam pemahaman bahasa Indonesia. Demikian acara hiburan sekaligus pengetahuan ini banyak diminati siswa dan guru. Di SDN Pasekan II Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, tontonan ini menjadi suatu yang menyegarkan dikalangan staf guru di sekolah ini. Hal ini dikarenakan Kepala Sekolah, Agus Warsono,sangat perhatian dalam acara yang digemari guru-guru di sekolah ini.
KUIS MAIN KATA GLOBAL TV, juga menjadi ajang adu cepat dikalangan siswa dan guru di sekolah itu. Kadang ketika menonton suasana menjadi hangat, karena pemirsa berusaha menjawab pertanyaan kuis yang sebenarnya untuk peserta kuis, tapi penonton pun dapat menjawab pertanyaan dengan rebutan pula.
Menurut Agus Warsono, baru di Global tv yang memberikan tayangan pendidikan dengan menyatukan hiburan. Sebab dengan melalui hiburan inilah masyarakat dapat lebih cepat menerima pengertian bahasa Indonesia yang benar.

Jumat, 10 Juni 2011

Tabungan Siswa, pendidikan menabung atau dana talangan kecil bagi guru yang membutuhkan

Dilematika:

Sebuah klasik yang menjadi pembicaraan orang banyak menyoroti guru. Yakni pendidikan menabung bagi siswa dimulai dengan cara hidup berhemat dengan menyisihkan bekal sekolah dari orang tua untuk ditabungkan di sekolah melalui guru. Di Indramayu merupakan tradisi bagi siswa sekolah dasar. Menabung hampir merata dilakukan oleh sekolah-sekolah dasar di Indramayu. Bertujuan agar murid dapat hidup berhemat dan mengerti tentang penggunaan uang. Mulia-lah para guru , mereka tak hanya mendidik agar siswa memiliki ilmu, namun kemuliaan guru itu dapat dirusak oleh hal sepele yakni bila guru dimana memahami tabungan siswa.
Guru dengan mendidik hidup berhemat bagi siswa itu terkadang tak dapat disangkal, guru pun bernasib tak ubahnya manusia biasa yang memiliki kekurangan.

Sertifikasi Guru bersama Agus Warsono: Penghasilan Bertambah , Mutu Mengajar pun Bertambah

Sepulang dari Pendidikan dan Pelatihan Guru Calon Guru profesional, tampak wajah Bu Guru cerah, secerah harapannya akan mendapatkan tunjangan guru profesional. Sebuah tunjangan fungsional bagi guru yang telah mendapatkan sertifikat guru profesional. Ia tampak bersemangat mendidik siswanya di kelas. Kegairahan ini sangat maklum karena kepastiannya kelak mendapatkan tunjangan fungsional yang besarnya satu kali gaji pokok. Bagi ukuran ekonomis sangat luar biasa jika gaji yang merupakan unsur penunjang ini sama dengan gaji pokok.
Bu Guru pun menghitung bulan dan tentunya menghitung angka. Ia lihat lagi leger gaji yang biasa diterima setiap bulannya. Namun tak sadar sertifikat yang diterima sebagai guru profesional merupakan gelar bagi dirinya. Sebuah gelar profesional pada bidangnya, yakni sebagai guru. Ia tak memahami ukuran sejauh mana guru dikatakan profesional itu.
Kata profesional itu sendiri memberikan pengertian orang yang mahir dalam bidangnya, bekerja secara profesional, artinya bekerja sesuai dengan memahami aturan yang dipakai. Dengan kata lain memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang ada. Jkika seorang guru tentunya memahami tugas yang dibebankan padanya, dan menggunakan hak yang diberikan padanya.
Selang beberapa bulan yang ditunggu akhirnya datang. Sebuah penghargaan berupa tambahan penghasilan berupa tunjangan profesi. Rasa syukur bagi guru diberikan kepada Yang Maha Kuasa, dan juga pemerintah yang menghargai pengabdiannya selama ini pada bangsa. Berkah ini membuat perubahan pada Bu Guru, ia berangkat lebih pagi, dan memberikan pengajaran yang bermutu bagi murid-muridnya. Pasalnya Bu Guru sekarang tak lagi memikirkan repotnya cicilan motor, cicilan rumah, dan SPP anak sekolah yang kadang sampai nunggak beberapa bulan.
Gambaran Bu Guru di atas adalah gambaran banyak guru di Indonesia saat ini. Penghasilan yang bertambah mutu mengajarpun bertambah baik. Pada gilirannya jika mutu mengajar baik maka baik pula mutu lulusan, Jika mutu lulusan baik maka mengurangi angka pengangguran. Jika angka pengangguran menurun maka naik perkapita negara kita. Jika perkapita nagara kita naik , maka sudah dipastikan rakyat sejahtera. Karena ada modal pembangunan, ada sumber daya manusia yang mumpuni.
Begitu besar pengaruh sertifikasi guru terhadap pembangunan bangsa. Karena itu kita semua menduykung langkah-langkah percepatan agar semua guru di Indonesia adalah guru yang memiliki sertifikat guru profesional. KIta lihat nanti ada pengaruh peningkatan kesejahteraan guru kepada kinerja guru yangki peningkatan mutu mengajar. Mudah-mudahan.

Kamis, 26 Mei 2011

KUIS MAIN KATA GLOBAL TV DIMINATI GURU SEKOLAH DASAR DI INDRAMAYU

KUIS MAIN KATA yang ditayangkan Global TV mengunandang minat para guru Sekolah Dasar di Indramayu, Khususnya guru SDN Pasekan II. Sepulang dari tugas mengajar 12.30, guru berserta kepala SD Pasekan II Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu langsung duduk di depan pesawat TV menyaksikan acara Kuis Main Kata. Mereka berminat sekali akan permainan kuis ini yang banyak mengandung pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia yang benar. Tahap kata dasar sangat memberikan pengertian akan kata dasar Bahasa Indonesia, yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang benar. Kemudian susun kata menjadikan ede teknik mengajar bagi guru-guru di sekolah itu. Agus Warsono, SPd, Kepala SDN Pasekan II yang juga Ketua Himpunan Masyarakat Gemar Membaca (HMGM) Indramayu sangat mendukung kegitan nonton bareng acara ini. Bahkan para guru di SD itu juga menggiring anak-anak untuk melihat acara ini di sekolah atau di rumah dan juga diberikan tugas untuk mencatan apa saja yang dilihatnya di acara ini. Disamping pengetahuan juga, Acara ini mengundang minat karena sesama pemirsa tv iukut menjawab pertanyaan yang dilontarkan dalam acara kuis ini. (agus.warsono@ymail.com)

Sabtu, 07 Mei 2011

INFO SERTIFIKASI GURU BERSAMA AGUS WARSONO, JAM MENGAJAR BISA MENHAMBAT PENCAIRAN TUNJANGAN

JAM MENGAJAR guru sekolah dasar sejak diberlakukannya kurikulum 2006 (KTSP) jam mengajar guru sekolah dasar wajib berjumlah 36 jam per minggu. Karena itu tata aturan pemberian tunjangan sertifikasi guru juga diberikan bagi guru yang telah llus setifikasi dan aktif mengajar memiliki jam mengajar minimal 24 jam. Namun jam mengajar tidaklah asal tulis di SK Penugasan Guru yang diSK-kan oleh Kepala Sekolah tiap semester atau tiap ahun itu. Kenapa demikian? Mari kita tengok keberadaan sebuah sekolah SD Maju (nama contoh) dengan 8 guru kelas, 2 guru mata pelajaran, dan 2 guru sukwan yang mendapat tugas mengajar muatan lokal serta rombongan belajarnya cuma 6 . Dalam kaca mata ratio kecukupan kerja ini, di SD Maju ini sudah lebih tenaga. Namun kepala Seklah membuat SK Penugasan pada guru kelasnya mencantumkan 24 jam. Ini berarti telah terjadi kekeliruan disengaja dalam kenyataan pelaksanaan guru kelas melaksanakan tugas dihitung jam mengajarnya. Umpamanya seorang guru kelas I SD Maju ini mendapat tunjangan sertifikas, makatak mungkin ia memiliki 24 jam mengajar. sebab di sekolah itu terdapat guru mata pelajaran. Guru Kelas I dan II dalam aturan memiliki maksimal jam kerja mengajar 27-29 jam. jika mata pelajaran PAI, dan Olah raga dan Mulok bahasa Inggrisdan Bahasa daerah diajarkan oleh guru mata pelajaran yang ada di sekolah itu maka jumlah maksimal itu akan dikurangi 2 jam PAIdan 3 jam Olah raga , 2 jam muloh bahasa Inggris dan 2 jam mulok bahasa Daerah sehinga guru kelas satu itu hanya memiliki sisa riil mengajar selama 20 jam. 2o jam mengajar guru kelas I ini tidak mencukupi untuk memenuhi aturan wajib mengajar bagi penerima tunjangan sertifikasi guru. Nah oleh karena itu Kepala SD harus memahami ini ,dan tidak asal menaruh jam mengajar di SK Penugasan guru sebanyak 24 padahal kenyataannya hanya 20 jam. Oleh karena itu sebaiknya oleh giuru kelas I tersebut untukmata pelajaran mulok bahasa Ingris dan Bahasa Daerah diajarkan oleh guru kelas tersebut sehingga ybs. tetap memiliki jam mengajar 24.

Senin, 02 Mei 2011

Kompetensi Guru Tercermin dari Prestasi Siswanya

Sederhana bila mengukur tingkat kompetensi guru dilhat dari Prestasi siswanya. Pernyataan ini cukup mendasar melihat kenyatan yang ada guru kini dengan semakin membaiknya kesejahteraan yang diterima seharusnya meningkat mutu pengajaranya bukan malah "melempem". Pada gilirannya peningkatan mutu pengajaran akan menghasilkan peningkatan prestasi siswa didiknya. Namun kenyataan seperti peningkatan kualifikasi npendidikan guru SD dari Diploma II menjadi S1 malah mutu pengajarannya makin rendah. Hal ionilah yang menjadi penafsiran sementara bahwa siswa yang berprestasi adalah cerminan kompetensi guru. Pendapat ini dikkuatkan dengan biala sebuah sekolah miskin prestasi. Pertanyaannya apakah sebab karena guru atau siswa.