Jumat, 10 Juni 2011

Sertifikasi Guru bersama Agus Warsono: Penghasilan Bertambah , Mutu Mengajar pun Bertambah

Sepulang dari Pendidikan dan Pelatihan Guru Calon Guru profesional, tampak wajah Bu Guru cerah, secerah harapannya akan mendapatkan tunjangan guru profesional. Sebuah tunjangan fungsional bagi guru yang telah mendapatkan sertifikat guru profesional. Ia tampak bersemangat mendidik siswanya di kelas. Kegairahan ini sangat maklum karena kepastiannya kelak mendapatkan tunjangan fungsional yang besarnya satu kali gaji pokok. Bagi ukuran ekonomis sangat luar biasa jika gaji yang merupakan unsur penunjang ini sama dengan gaji pokok.
Bu Guru pun menghitung bulan dan tentunya menghitung angka. Ia lihat lagi leger gaji yang biasa diterima setiap bulannya. Namun tak sadar sertifikat yang diterima sebagai guru profesional merupakan gelar bagi dirinya. Sebuah gelar profesional pada bidangnya, yakni sebagai guru. Ia tak memahami ukuran sejauh mana guru dikatakan profesional itu.
Kata profesional itu sendiri memberikan pengertian orang yang mahir dalam bidangnya, bekerja secara profesional, artinya bekerja sesuai dengan memahami aturan yang dipakai. Dengan kata lain memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang ada. Jkika seorang guru tentunya memahami tugas yang dibebankan padanya, dan menggunakan hak yang diberikan padanya.
Selang beberapa bulan yang ditunggu akhirnya datang. Sebuah penghargaan berupa tambahan penghasilan berupa tunjangan profesi. Rasa syukur bagi guru diberikan kepada Yang Maha Kuasa, dan juga pemerintah yang menghargai pengabdiannya selama ini pada bangsa. Berkah ini membuat perubahan pada Bu Guru, ia berangkat lebih pagi, dan memberikan pengajaran yang bermutu bagi murid-muridnya. Pasalnya Bu Guru sekarang tak lagi memikirkan repotnya cicilan motor, cicilan rumah, dan SPP anak sekolah yang kadang sampai nunggak beberapa bulan.
Gambaran Bu Guru di atas adalah gambaran banyak guru di Indonesia saat ini. Penghasilan yang bertambah mutu mengajarpun bertambah baik. Pada gilirannya jika mutu mengajar baik maka baik pula mutu lulusan, Jika mutu lulusan baik maka mengurangi angka pengangguran. Jika angka pengangguran menurun maka naik perkapita negara kita. Jika perkapita nagara kita naik , maka sudah dipastikan rakyat sejahtera. Karena ada modal pembangunan, ada sumber daya manusia yang mumpuni.
Begitu besar pengaruh sertifikasi guru terhadap pembangunan bangsa. Karena itu kita semua menduykung langkah-langkah percepatan agar semua guru di Indonesia adalah guru yang memiliki sertifikat guru profesional. KIta lihat nanti ada pengaruh peningkatan kesejahteraan guru kepada kinerja guru yangki peningkatan mutu mengajar. Mudah-mudahan.