Senin, 13 Juni 2011

UNTUK MAJUKAN SENI INDRAMAYU , GUNAKAN SENI TRADISIONAL DAERAH INDRAMAYU UNTUK HIBURAN HAJATAN

TARLING, SANDIWARA, SINTREN, WAYANG, KURANG BANYAK DIPAKAI ORANG HAJATAN KETIMBANG ORGAN TUNGGAL


Seni tradisional yangb banyak bertebaran hampir di setiap kecamatan di kab. Indramayu, sepi panggilan dikarenakan mahalnya ongkos tampil kesenian ini. Pasalnya kesenian tradisional memerlukan personil yang begitui banyak. Sebut saja misalnya sandiwara, kesenian ini dapat memakan personil tiga puluh sampai empat puluh orang. Begitu juga wayang, tarling, dan sintren sekitar dua puluh orang, jelas ini memakan biaya besar.
Namun seni adalah kepuasan. Untuk kalangan pemangku hajat dari orang kaya kemungkinan mampu, sedang bagi masarakat menengah ke bawah lebih memilih organ tunggal ketimbang seni tradisional. Karena itu seni tradisional jarang tampil di pentas hiburan orang hajatan saat ini.
Organ tunggal yang hanya membutuhkan seorang player, mc dan 3 orang biduan sudah cukup menghibur orang punya hajat. Dan ongkosnya pun cukup murah antara 1-3 jt saja. Sedang kesenian tradisional memakan ongkos dampai lebijh dari itu.
Kesenian Indramayu yang kaya dengan seni tradiosional, merupakan aset Indramayu yang begitu tinggi nilainya. Hal ini dikarenakan penghargaan orang daerah lain pada seni di Indramayu. Mereka, grup-grup seni tradisional saat ini kebanyakan 'ditanggap' dipanggi di daerah lain.
Seni tradisional Indramayu tetap mendapat perhatian dari pemerintah Kab. Indramayu.
Promosi dan pertunjukan pada event-event tertentu, seni tradisional tetap mendapat porsinya untuk tampil.