Sabtu, 30 Juli 2011

Pendidikan Karakter Bangsa bersama Agus Warsono, SPd.MSi.

Kompetensi Prestasi Olah Raga Nasional
Salah satu kompetensi pembelajaran Pendidikan Karakter Bangsa adalah materi berupa prestasi olah raga nasional. Di bahasan ini prestasi olah raga merupakan bagian rasa penanaman kebanggan bangsa yang harus ditanamkan pada siswa.
Pembelajaran materi ini dengan mengupas sejarah prestasi olah raga, seperti prestasi bulu tangkis, sepak bola, tenis, balap sepeda, tinju, laricepat, dan sebagainya. Kenangan rasa lkebanggan di masa lalu dengan membuka sejarah prestasi olah raga diharapkan tumbuh rasa cinta terhadap negara ini.
Dulu sprinter Purnomo dikatakan manusia tercepat di Asia, lalu ada Tomas Americo di tinju, kemudian ada Sinyo supit, Yayuk Basuki, Rudy Hartono, Icuk Sugiarto, dan sebagainya.
Indonesia mencatat sejarah prestasi sepekbola tertinggi yakni sebagai juara klasifikasi Piala Dunia Asia Tenggara yang hanya satu langkah lagi dapat masuk Piala Dunia. Ketika itu Timnas sepakbola kita diasuh oleh pelatih pribumi yakni Sinyo Aliandu.
Kemudian Tomas Amirico meraih juara dunia kelas welter IBF juga dilatih oleh pelatih pribumi. Juga Yayuk Basuki hingga dapat emas Asian Games juga dilatih oleh pelatih asal pribumi.
Kejayaan Indonesia di bidang prestasi olah raga dapat dijadikan pemacu prestasi melalui pendidikan karakter bangsa.
Kegiatan pembelajkaran dapat membuka pengetahuan umum, buku pintar, gambar cabang olah raga, gambar atlit dsb. Materi inidapat diintegrasikan pada mnata pelajaran Pendidikan Jasmani (teori) , IPS, IPA, Matematika, maupuin Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.