Selasa, 25 Juni 2019

Dalam Tadarus Puisimu Kutemukan Hati


Dalam Tadarus Puisimu Kutemukan Hati

   Keindahan bulan Suci Ramadhan begitu memiliki perbedaan dengan hari-hari di bulan lain. Terutama di masyarakat Indonesia. Bukan karena alam pada bulan itu berubah, namun suasanalah yang membuat indahnya Ramadhan.
   Keindahan itu direkam oleh para penyair Indonesia demikian beraneka keindahan. Bahkan di satu tempat terdapat berbagai keindahan yang tiada ditemukan di bulan selain Ramadhan. Sebuah bukti nyata betapa Allah memberi kenikmatan di bulan ini.
   Keindahan semakin bertambah indah manakala hati tersentuh, ada bagian di sisi lain Ramadhan . Ketika ada saudara - saudara kita ikut menikmati keindahan itu dikala sakit, dikala ditimpa kemiskinan, kemalangan dan ditimpa kehilangan orang tua atau suami mereka. Sebuah bingkisan rekaman sahabat penyair dalam catatan berupa Tadarus Puisi Ramadan 1440 yang istimewa ini.
   Bingkisan itu tiada lain ungkapan-ungkapan  kegembiraan kemenangan keiklasan dan juga keindahan lainnya terutama dalam berbagi kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan. Meski gambaran itu lewat puisi, tetapi dalam potret itu gambaran nyata bahwa betapa Islam itu memiliki rasa saling berbagi terhadap sesamanya.
Tadarus puisi di bulan Ramadhan 1440 H ini memang mengesankan dimana penyair Indonesia turut memberi sumbangsihnya berupa puisi dalam buku ini. Selamat menikmati.
(Rg Bagus Warsono, sastrawan tinggal di Indramayu.)