SILABUS
Kelas I
Tema 2 : Kegemaranku
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2013
Pada Tema ini pembelajaran dilaksanakan 4 minggu
Kegiatan Minggu Pertama
1.
Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai
dengan agama yang dianutnya
2.
Mendengarkan doa yang
ucapkan oleh guru
3.
Peserta didik secara bersama-sama menyebut yel-yel
semangat dengan lafal yang jelas kata-kata seperti rajin membaca dijawab secara
bersama-sama bermanfaat sekali….! Rajin berolahraga jawab peserta didik secara
bersama-sama sangat menyehatkan….! Dan seterusnya
4.
Peserta didik menceritakan tentang kegemarannya
masing-masing kepada teman sebangkunya, kemudian menceritakannya kepada
teman-teman di kelasnya
5.
Berdasarkan cerita peserta didik, kemudian peserta
didik mendengarkan pengembangan dari guru mengenai alasan peserta didik
menyukai hal tersebut, seberapa sering ia melakukannya, apa manfaat dari
kegemarannya itu.
6.
Mendengarkan cerita yang berhubungan dengan kegemaran, kemudian peserta didik
mengenali perilaku terpuji dari cerita
tersebut
1.
Dari
pengamatan gambar di atas peserta didik mewarnai gambar yang berhubungan dengan
kegemaran tokoh dalam cerita tersebut, kemudian gambar tersebut ditempel di mading
kelas (sebaiknya bukan hanya gambar yang bagus-bagus ssaja)
2.
Di dalam kelompok peserta didik menyebutkan tentang perilaku disiplin di rumah dan sekolah, serta
saling bercerita tentang kegemaran yang dilakukan sehari-hari dengan bahasa yang santun
3.
Melalui pengamatan gambar peserta didik menceritakan
perilaku-perilaku yang harus dilakukan di sekolah untuk menunjukkan sikap
disiplin
4.
Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran
yang dijual di kantin atau sekitar sekolah.
5.
Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran
yang dibawa dari rumah untuk bekal di sekolah
6.
Menunjukkan sikap disiplin pada waktu belajar,
istirahat, dan bermain di sekolah dan di rumah, dengan mengucapkan sapaan,
terima kasih, dan mengucapkan maaf.
7.
Mengamati lingkungan sekolah (kantin sekolah) untuk
mengetahui jajanan yang sehat dan memilih jajanan yang sehat.
8.
Menceritakan perilaku jujur yang sebaiknya
ditunjukkan ketika terlambat tiba di sekolah, ketika tidak membuat PR, atau ketinggalan
buku di rumah,1.
Peserta didik mendengarkan puisi yang berhubungan
dengan kegemaran, kemudian peserta didik mengenali perilaku terpuji dari puisi
tersebut
2.
Mengenali salah satu
perilaku bertanggungjawab yaitu memelihara tanaman, kemudian mengenali dampak
dari perilaku tersebut bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
3.
Menunjukkan tanggung jawab dengan melakukan kegiatan merawat dan memelihara tanaman yang ada di
dekat kelasnya dan di lingkungan sekolahnya
Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
3. Unjuk
kerja
4. portofolio
Minggu Kedua
- Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
- Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
- Peserta didik
secara bersama-sama menyebut yel-yel semangat dengan lafal yang jelas
kata-kata seperti rajin belajar
dijawab secara bersama-sama pasti pintar….! Rajin bernyanyi jawab
peserta didik secara bersama-sama sangat menyenangkan ….! Dan seterusnya
- tokoh tersebut
berdasarkan cerita
- Di dalam kelompok
peserta didik memilih gerakan yang paling disukainya dari gerakan-gerakan dasar jalan, berlari, dan melompat.
- Peserta didik
diminta untuk memikirkan gerakan binatang yang memiliki kemiripan dengan
gerakan jalan, berlari dan melompat, kemudian mempraktikkannya.
- Di dalam kelompok
peserta didik saling bercerita tentang manfaat
peduli terhadap sesama, dan
bertanya jawab tentang manfaat berteman dengan semua orang.
- Peserta didik
secara bergiliran mengamati benda-benda yang ada di sekitar dan menentukan
bahan alam untuk lipat gunting, dan tempel yang disukainya (bahan alam
misalnya berbagai jenis dedaunan, kelopak bunga, pelepah pisang,
ranting-ranting dan sebagainya)
- Peserta didik
memilih karya apa yang akan di buat berdasarkan pilihan-pilihan yang
diberikan guru.
- Peserta didik
membuat karya dari bahan alam dengan teknik gunting dan tempel
- Peserta didik menceritakan secara
bergantian mengenai perilaku membantu ibu di rumah.
- Peserta didik
menceritakan tentang kegiatan kegemarannya dalam perilaku membantu ibu di
rumah
- Di dalam kelompok peserta
didik menceritakan tentang perilaku percaya diri ketika membantu ibu di
rumah dan mempraktekkannya.
- Melalui bermain
peran peserta didik mempraktekkan aktivitas positif untuk belajar secara disiplin, misalnya dengan
mengumpulkan tugas tepat waktu.
Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
3. Unjuk
kerja
4. portofolio
Minggu Ketiga
- Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
- Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
- Peserta didik
bernyanyi bersama lagu “Garuda Pancasila”
- Peserta didik
mengamati gambar Garuda Pancasila dan mendiskusikan bersama guru mengenai
bagian-bagian dari gambar tersebut.
- Peserta didik di
dalam kelompok menyusun gambar bagian-bagian lambang Garuda Pancasila ,
kemudian secara bergiliran wakil dari kelompok menunjuk bulu sayap, bulu
ekor, dan bulu leher pada burung garuda
- Peserta didik
dalam kelompok secara bergiliran
menjelaskan bagian-bagian tubuh
pada lambang Garuda pancasila, serta peserta didik menjelaskan arti gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas
- Peserta didik
secara bergiliran melafalkan
kalimat yang tertulis pada pita burung garuda
- Secara individu
peserta didik menjiplak huruf tulisan yang ada dalam pita burung garuda
serta membaca kalimat Bhinneka
Tunggal Ika dengan tata cara membaca yang baik dan benar
- Mendengarkan
cerita dari guru mengenai arti kata Bhinneka Tunggal Ika
- Menunjukkan
empat pasang orang dengan pakaian
daerah di Indonesia
- Melalui permainan
memasangkan gambar pakaian laki dan perempuan serta gambar pakaian daerah
berdasarkan tabel yang telah disediakan
- Bertanya jawab
dengan teman sekitarnya mengenai suku darimana mereka berasal
- Menceritakan
tentang suku teman disebelahnya
- Menjelaskan
beberapa suku teman-teman yang ada
dalam kelasnya
- Peserta didik
dipimpin guru mempraktekkan pola irama rata, kemudian membedakan pola irama rata
- Peserta didik secara
bersama-sama mempraktekkan pola irama rata dengan lagu
- Peserta didik
mengamati gambar alat musik ritmis yang
berasal dari Indonesia berjumlah tiga buah kemudian menyebutkannya
- Menyebutkan alat
musik ritmis sesuai dengan gambar
yang ditunjukkan guru
- Peserta didik
mempraktekkan cara membaca dengan posisi duduk yang benar, memegang teks
bacaan yang tepat, membalikkan halaman buku dengan benar
- Secara individu
peserta didik membilang sampai 20 dan menunjuk bilangan secara urut,
- Para siswa
memegang kartu angka bertuliskan angka 1 – 20. Secara berkelompok peserta didik bermain
mencari pasangan sesuai dengan perintah guru
- Peserta didik
bermain pasangan bilangan sampai 20
(misalnya meminta sepasang siswa masing-masing menyebut angka yang kalau
dijumlah jumlahnya 9, atau 18; Anak diminta berpasang-pasangan dengan memegang
kartu angka yang bertuliskan 1-10, setelah itu mereka diminta menjumlahkan
angka-angka tersebut)
Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
3. Unjuk
kerja
4. portofolio
Minggu Keempat
- Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
- Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
- Peserta didik menceritakan
lagu anak-anak kegemarannya dan membahas mengenai satu atau dua lagu yang
disebutkan oleh peserta didik
- Peserta didik secara
bersama-sama membaca syair lagu yang berhubungan dengan lagu kegemaran
- Peserta didik memilih
lagu kegemarannya dan menyanyikan lagu tersebut.
- Peserta didik
menyanyikan lagi dengan diiringi pola
irama ritmis
- Peserta didik
secara individu mempraktekkan teknik menulis dari mulai posisi duduk,
memegang alat tulis, memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
- Peserta didik
menjiplak huruf-huruf dan kata-kata sederhana dari lembar kerja, berkaitan
dengan bacaan kegemaran sebelumnya
- Peserta didik
melakukan gerakan manipulasi untuk menunjukkan kerja sama, seperti ketika
guru berbicara garis lurus peserta didik melompat dan seterusnya
- Peserta didik
memilih karya menempel kertas dari 3 pilihan yang diberikan oleh guru, dan
menceritakan alasan pemilihannya.
- Peserta didik
melihat berbagai warna dan menceritakannya
untuk menentukan hasil karya, kemudian peserta didik menentukan
karya melipat menggunting dan
menempel
- Peserta didik
membuat hasil karya melipat, memotong dan menempel dari bahan kertas
berwarna
- Peserta didik
memberi bingkai dari hasil karyanya
- Peserta didik
bermain pengurangan, dengan cara:
Guru menyebutkan angka tertentu yang merupakan hasil pengurangan, kemudian
anak diminta menyebutkan angka-angka
yang dapat menjadi kemungkinan. Misalnya, guru menyebutkan 3,
kemudian anak menyebut 7 dan 4,
atau 9 dan 6, atau 12 dan 9.
- Peserta didik diberikan
kartu bertuliskan angka 1-20 kemudian mereka berpasang-pasangan dan
mengurangi bilangan yang lebih besar dengan yang lebih kecil. Melalui
lembar kerja peserta didik menuliskan hasilnya.
Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
3. Unjuk
kerja
4. portofolio
1. Siswa menunjuk gambar dan melakukan tanya jawab tentang
tempat ibadah yang
ada di sekitarnya dengan
artikulasi yang tepat.