SILABUS
Kelas I
Tema 2 : Kegemaranku
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2013
Pada Tema ini pembelajaran dilaksanakan 4 minggu
Kegiatan Minggu Pertama
1.     
Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai
dengan agama yang dianutnya
2.     
Mendengarkan doa yang
ucapkan oleh guru
3.     
Peserta didik secara bersama-sama menyebut yel-yel
semangat dengan lafal yang jelas kata-kata seperti rajin membaca dijawab secara
bersama-sama bermanfaat sekali….! Rajin berolahraga jawab peserta didik secara
bersama-sama sangat menyehatkan….! Dan seterusnya
4.     
Peserta didik menceritakan tentang kegemarannya
masing-masing kepada teman sebangkunya, kemudian menceritakannya kepada
teman-teman di kelasnya
5.     
Berdasarkan cerita peserta didik, kemudian peserta
didik mendengarkan pengembangan dari guru mengenai alasan peserta didik
menyukai hal tersebut, seberapa sering ia melakukannya, apa manfaat dari
kegemarannya itu.
6.     
Mendengarkan cerita yang berhubungan  dengan kegemaran, kemudian peserta didik
mengenali perilaku  terpuji dari cerita
tersebut
1.     
Dari
pengamatan gambar di atas peserta didik mewarnai gambar yang berhubungan dengan
kegemaran tokoh dalam cerita tersebut, kemudian gambar tersebut ditempel di mading
kelas (sebaiknya bukan hanya gambar yang bagus-bagus ssaja)
2.     
Di dalam kelompok peserta didik menyebutkan tentang  perilaku disiplin di rumah dan sekolah, serta
saling bercerita tentang kegemaran yang dilakukan sehari-hari  dengan bahasa yang santun
3.     
Melalui pengamatan gambar peserta didik menceritakan
perilaku-perilaku yang harus dilakukan di sekolah untuk menunjukkan sikap
disiplin
4.     
Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran
yang dijual di kantin atau sekitar sekolah.
5.     
Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran
yang dibawa dari rumah untuk bekal di sekolah
6.     
Menunjukkan sikap disiplin pada waktu belajar,
istirahat, dan bermain di sekolah dan di rumah, dengan mengucapkan sapaan,
terima kasih, dan mengucapkan maaf.
7.     
Mengamati lingkungan sekolah (kantin sekolah) untuk
mengetahui jajanan yang sehat dan memilih jajanan yang sehat.
8.     
Menceritakan perilaku jujur yang sebaiknya
ditunjukkan ketika terlambat tiba di sekolah, ketika tidak membuat PR, atau ketinggalan
buku di rumah,1.     
Peserta didik mendengarkan puisi yang berhubungan
dengan kegemaran, kemudian peserta didik mengenali perilaku terpuji dari puisi
tersebut
2.     
Mengenali salah satu 
perilaku bertanggungjawab yaitu memelihara tanaman, kemudian mengenali dampak
dari perilaku tersebut bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
3.     
Menunjukkan tanggung jawab dengan melakukan kegiatan  merawat dan memelihara tanaman yang ada di
dekat kelasnya dan di lingkungan sekolahnya
Penilaian 
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk
kerja
4.      portofolio
Minggu Kedua 
- Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
     belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
 
- Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
 
- Peserta didik
     secara bersama-sama menyebut yel-yel semangat dengan lafal yang jelas
     kata-kata seperti rajin belajar 
     dijawab secara bersama-sama pasti pintar….! Rajin bernyanyi jawab
     peserta didik secara bersama-sama sangat menyenangkan ….! Dan seterusnya
 
- tokoh tersebut
     berdasarkan  cerita 
 
- Di dalam kelompok
     peserta didik memilih gerakan yang paling disukainya dari gerakan-gerakan  dasar jalan,  berlari, dan melompat.  
 
- Peserta didik
     diminta untuk memikirkan gerakan binatang yang memiliki kemiripan dengan
     gerakan jalan, berlari dan melompat, kemudian mempraktikkannya. 
 
- Di dalam kelompok
     peserta didik saling bercerita tentang  manfaat 
     peduli terhadap sesama,  dan
     bertanya jawab tentang manfaat berteman dengan semua orang.
 
- Peserta didik
     secara bergiliran mengamati benda-benda yang ada di sekitar dan menentukan
     bahan alam untuk lipat gunting, dan tempel yang disukainya (bahan alam
     misalnya berbagai jenis dedaunan, kelopak bunga, pelepah pisang,
     ranting-ranting dan sebagainya)
 
- Peserta didik
     memilih karya apa yang akan di buat berdasarkan pilihan-pilihan yang
     diberikan guru.
 
- Peserta didik
     membuat karya dari bahan alam dengan teknik gunting dan tempel
 
-  Peserta didik menceritakan secara
     bergantian mengenai perilaku membantu ibu di rumah. 
 
- Peserta didik
     menceritakan tentang kegiatan kegemarannya dalam perilaku membantu ibu di
     rumah
 
- Di dalam kelompok peserta
     didik menceritakan tentang perilaku percaya diri ketika membantu ibu di
     rumah dan mempraktekkannya. 
 
- Melalui bermain
     peran peserta didik mempraktekkan aktivitas positif untuk belajar  secara disiplin, misalnya dengan
     mengumpulkan tugas tepat waktu.
 
Penilaian 
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk
kerja
4.      portofolio
Minggu Ketiga
- Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
     belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
 
- Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
 - Peserta didik
     bernyanyi bersama lagu “Garuda Pancasila”
 - Peserta didik
     mengamati gambar Garuda Pancasila dan mendiskusikan bersama guru mengenai
     bagian-bagian dari gambar tersebut.
 
- Peserta didik di
     dalam kelompok menyusun gambar bagian-bagian lambang Garuda Pancasila ,
     kemudian secara bergiliran wakil dari kelompok menunjuk bulu sayap, bulu
     ekor, dan bulu leher pada burung garuda
 
- Peserta didik
     dalam kelompok  secara bergiliran
     menjelaskan bagian-bagian  tubuh
     pada lambang Garuda pancasila, serta peserta didik menjelaskan arti gambar
     bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas 
 
- Peserta didik
     secara bergiliran  melafalkan
     kalimat yang tertulis pada pita burung garuda
 
- Secara individu
     peserta didik menjiplak huruf tulisan yang ada dalam pita burung garuda
     serta membaca  kalimat Bhinneka
     Tunggal Ika dengan tata cara membaca yang baik dan benar
 
- Mendengarkan
     cerita dari guru mengenai arti kata Bhinneka Tunggal Ika 
 
- Menunjukkan
     empat  pasang orang dengan pakaian
     daerah di Indonesia
 
- Melalui permainan
     memasangkan gambar pakaian laki dan perempuan serta gambar pakaian daerah
     berdasarkan tabel yang telah disediakan  
 - Bertanya jawab
     dengan teman sekitarnya mengenai suku darimana mereka  berasal
 - Menceritakan
     tentang  suku teman disebelahnya 
 - Menjelaskan
     beberapa suku  teman-teman yang ada
     dalam kelasnya
 - Peserta didik
     dipimpin guru mempraktekkan pola irama rata, kemudian  membedakan pola irama rata
 - Peserta didik secara
     bersama-sama mempraktekkan pola irama rata dengan lagu
 - Peserta didik
     mengamati gambar alat musik  ritmis yang
     berasal dari Indonesia berjumlah tiga buah kemudian menyebutkannya 
 - Menyebutkan alat
     musik  ritmis sesuai dengan gambar
     yang ditunjukkan guru
 
- Peserta didik
     mempraktekkan cara membaca dengan posisi duduk yang benar, memegang teks
     bacaan yang tepat, membalikkan halaman buku dengan benar
 
- Secara individu
     peserta didik membilang sampai 20 dan menunjuk  bilangan secara urut,
 - Para siswa
     memegang kartu angka bertuliskan angka 1 – 20.  Secara berkelompok peserta didik bermain
     mencari pasangan sesuai dengan perintah guru
 
- Peserta didik
     bermain  pasangan bilangan sampai 20
     (misalnya meminta sepasang siswa masing-masing menyebut angka yang kalau
     dijumlah jumlahnya 9, atau 18; Anak diminta berpasang-pasangan dengan memegang
     kartu angka yang bertuliskan 1-10, setelah itu mereka diminta menjumlahkan
     angka-angka tersebut)
 
Penilaian 
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk
kerja
4.      portofolio
Minggu Keempat
- Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah
     belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
 
- Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
 - Peserta didik menceritakan
     lagu anak-anak kegemarannya dan membahas mengenai satu atau dua lagu yang
     disebutkan oleh peserta didik
 - Peserta didik secara
     bersama-sama membaca syair lagu yang berhubungan dengan lagu kegemaran
 - Peserta didik memilih
     lagu kegemarannya dan menyanyikan lagu tersebut.
 - Peserta didik
     menyanyikan lagi dengan diiringi pola 
     irama ritmis
 - Peserta didik
     secara individu mempraktekkan teknik menulis dari mulai posisi duduk,
     memegang alat tulis, memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
 - Peserta didik
     menjiplak huruf-huruf dan kata-kata sederhana dari lembar kerja, berkaitan
     dengan bacaan kegemaran sebelumnya
 - Peserta didik
     melakukan gerakan manipulasi untuk menunjukkan kerja sama, seperti ketika
     guru berbicara garis lurus peserta didik melompat dan seterusnya
 - Peserta didik
     memilih karya menempel kertas dari 3 pilihan yang diberikan oleh guru, dan
     menceritakan alasan pemilihannya.
 - Peserta didik
     melihat berbagai warna dan menceritakannya 
     untuk menentukan hasil karya, kemudian peserta didik menentukan
     karya  melipat menggunting dan
     menempel
 - Peserta didik
     membuat hasil karya melipat, memotong dan menempel dari bahan kertas
     berwarna
 - Peserta didik
     memberi bingkai dari hasil karyanya
 - Peserta didik
     bermain  pengurangan, dengan cara:
     Guru menyebutkan angka tertentu yang merupakan hasil pengurangan, kemudian
     anak diminta menyebutkan angka-angka 
     yang dapat menjadi kemungkinan. Misalnya, guru menyebutkan 3,
     kemudian anak  menyebut 7 dan 4,
     atau 9 dan 6, atau 12 dan 9.
 - Peserta didik diberikan
     kartu bertuliskan angka 1-20 kemudian mereka berpasang-pasangan dan
     mengurangi bilangan yang lebih besar dengan yang lebih kecil. Melalui
     lembar kerja peserta didik menuliskan hasilnya.
 
Penilaian 
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk
kerja
4.      portofolio
1.      Siswa menunjuk gambar dan  melakukan  tanya jawab tentang
tempat ibadah yang
ada di sekitarnya dengan
artikulasi yang tepat.