Senin, 17 Juni 2013

SILABUS Kurikulum2013 Kelas I Tema 2 : Kegemaranku

SILABUS
Kelas I
Tema 2 : Kegemaranku
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2013
Pada Tema ini pembelajaran dilaksanakan 4 minggu

Kegiatan Minggu Pertama

1.      Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya

2.      Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru

3.      Peserta didik secara bersama-sama menyebut yel-yel semangat dengan lafal yang jelas kata-kata seperti rajin membaca dijawab secara bersama-sama bermanfaat sekali….! Rajin berolahraga jawab peserta didik secara bersama-sama sangat menyehatkan….! Dan seterusnya

4.      Peserta didik menceritakan tentang kegemarannya masing-masing kepada teman sebangkunya, kemudian menceritakannya kepada teman-teman di kelasnya

5.      Berdasarkan cerita peserta didik, kemudian peserta didik mendengarkan pengembangan dari guru mengenai alasan peserta didik menyukai hal tersebut, seberapa sering ia melakukannya, apa manfaat dari kegemarannya itu.

6.      Mendengarkan cerita yang berhubungan  dengan kegemaran, kemudian peserta didik mengenali perilaku  terpuji dari cerita tersebut
1.      Dari pengamatan gambar di atas peserta didik mewarnai gambar yang berhubungan dengan kegemaran tokoh dalam cerita tersebut, kemudian gambar tersebut ditempel di mading kelas (sebaiknya bukan hanya gambar yang bagus-bagus ssaja)

2.      Di dalam kelompok peserta didik menyebutkan tentang  perilaku disiplin di rumah dan sekolah, serta saling bercerita tentang kegemaran yang dilakukan sehari-hari  dengan bahasa yang santun

3.      Melalui pengamatan gambar peserta didik menceritakan perilaku-perilaku yang harus dilakukan di sekolah untuk menunjukkan sikap disiplin

4.      Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran yang dijual di kantin atau sekitar sekolah.

5.      Peserta didik menceritakan tentang makanan kegemaran yang dibawa dari rumah untuk bekal di sekolah

6.      Menunjukkan sikap disiplin pada waktu belajar, istirahat, dan bermain di sekolah dan di rumah, dengan mengucapkan sapaan, terima kasih, dan mengucapkan maaf.
7.      Mengamati lingkungan sekolah (kantin sekolah) untuk mengetahui jajanan yang sehat dan memilih jajanan yang sehat.

8.      Menceritakan perilaku jujur yang sebaiknya ditunjukkan ketika terlambat tiba di sekolah, ketika tidak membuat PR, atau ketinggalan buku di rumah,1.      Peserta didik mendengarkan puisi yang berhubungan dengan kegemaran, kemudian peserta didik mengenali perilaku terpuji dari puisi tersebut
2.      Mengenali salah satu  perilaku bertanggungjawab yaitu memelihara tanaman, kemudian mengenali dampak dari perilaku tersebut bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan.

3.      Menunjukkan tanggung jawab dengan melakukan kegiatan  merawat dan memelihara tanaman yang ada di dekat kelasnya dan di lingkungan sekolahnya
Penilaian
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk kerja
4.      portofolio

Minggu Kedua

  1. Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya

  1. Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru

  1. Peserta didik secara bersama-sama menyebut yel-yel semangat dengan lafal yang jelas kata-kata seperti rajin belajar  dijawab secara bersama-sama pasti pintar….! Rajin bernyanyi jawab peserta didik secara bersama-sama sangat menyenangkan ….! Dan seterusnya

Peserta didik mendengarkan  cerita tentang  tokoh dengan satu kegemarannya, kemudian peserta didik menceritakan dengan bahasanya sendiri mengenai tokoh, dan hal-hal yang berkaitan dengan kegemaran




  1. tokoh tersebut berdasarkan  cerita

  1. Di dalam kelompok peserta didik memilih gerakan yang paling disukainya dari gerakan-gerakan  dasar jalan,  berlari, dan melompat.  

  1. Peserta didik diminta untuk memikirkan gerakan binatang yang memiliki kemiripan dengan gerakan jalan, berlari dan melompat, kemudian mempraktikkannya.

  1. Di dalam kelompok peserta didik saling bercerita tentang  manfaat  peduli terhadap sesama,  dan bertanya jawab tentang manfaat berteman dengan semua orang.

  1. Peserta didik secara bergiliran mengamati benda-benda yang ada di sekitar dan menentukan bahan alam untuk lipat gunting, dan tempel yang disukainya (bahan alam misalnya berbagai jenis dedaunan, kelopak bunga, pelepah pisang, ranting-ranting dan sebagainya)

  1. Peserta didik memilih karya apa yang akan di buat berdasarkan pilihan-pilihan yang diberikan guru.

  1. Peserta didik membuat karya dari bahan alam dengan teknik gunting dan tempel

  1.  Peserta didik menceritakan secara bergantian mengenai perilaku membantu ibu di rumah.

  1. Peserta didik menceritakan tentang kegiatan kegemarannya dalam perilaku membantu ibu di rumah

  1. Di dalam kelompok peserta didik menceritakan tentang perilaku percaya diri ketika membantu ibu di rumah dan mempraktekkannya.


  1. Melalui bermain peran peserta didik mempraktekkan aktivitas positif untuk belajar  secara disiplin, misalnya dengan mengumpulkan tugas tepat waktu.

Penilaian
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk kerja
4.      portofolio


Minggu Ketiga
  1. Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya

  1. Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
  2. Peserta didik bernyanyi bersama lagu “Garuda Pancasila”
  3. Peserta didik mengamati gambar Garuda Pancasila dan mendiskusikan bersama guru mengenai bagian-bagian dari gambar tersebut.

  1. Peserta didik di dalam kelompok menyusun gambar bagian-bagian lambang Garuda Pancasila , kemudian secara bergiliran wakil dari kelompok menunjuk bulu sayap, bulu ekor, dan bulu leher pada burung garuda

  1. Peserta didik dalam kelompok  secara bergiliran menjelaskan bagian-bagian  tubuh pada lambang Garuda pancasila, serta peserta didik menjelaskan arti gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas


  1. Peserta didik secara bergiliran  melafalkan kalimat yang tertulis pada pita burung garuda

  1. Secara individu peserta didik menjiplak huruf tulisan yang ada dalam pita burung garuda serta membaca  kalimat Bhinneka Tunggal Ika dengan tata cara membaca yang baik dan benar

  1. Mendengarkan cerita dari guru mengenai arti kata Bhinneka Tunggal Ika

  1. Menunjukkan empat  pasang orang dengan pakaian daerah di Indonesia


  1. Melalui permainan memasangkan gambar pakaian laki dan perempuan serta gambar pakaian daerah berdasarkan tabel yang telah disediakan  
  2. Bertanya jawab dengan teman sekitarnya mengenai suku darimana mereka  berasal
  3. Menceritakan tentang  suku teman disebelahnya
  4. Menjelaskan beberapa suku  teman-teman yang ada dalam kelasnya
  5. Peserta didik dipimpin guru mempraktekkan pola irama rata, kemudian  membedakan pola irama rata
  6. Peserta didik secara bersama-sama mempraktekkan pola irama rata dengan lagu
  7. Peserta didik mengamati gambar alat musik  ritmis yang berasal dari Indonesia berjumlah tiga buah kemudian menyebutkannya
  8. Menyebutkan alat musik  ritmis sesuai dengan gambar yang ditunjukkan guru

  1. Peserta didik mempraktekkan cara membaca dengan posisi duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikkan halaman buku dengan benar

  1. Secara individu peserta didik membilang sampai 20 dan menunjuk  bilangan secara urut,
  2. Para siswa memegang kartu angka bertuliskan angka 1 – 20.  Secara berkelompok peserta didik bermain mencari pasangan sesuai dengan perintah guru

  1. Peserta didik bermain  pasangan bilangan sampai 20 (misalnya meminta sepasang siswa masing-masing menyebut angka yang kalau dijumlah jumlahnya 9, atau 18; Anak diminta berpasang-pasangan dengan memegang kartu angka yang bertuliskan 1-10, setelah itu mereka diminta menjumlahkan angka-angka tersebut)
Penilaian
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk kerja
4.      portofolio

Minggu Keempat
  1. Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya

  1. Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
  2. Peserta didik menceritakan lagu anak-anak kegemarannya dan membahas mengenai satu atau dua lagu yang disebutkan oleh peserta didik
  3. Peserta didik secara bersama-sama membaca syair lagu yang berhubungan dengan lagu kegemaran
  4. Peserta didik memilih lagu kegemarannya dan menyanyikan lagu tersebut.
  5. Peserta didik menyanyikan lagi dengan diiringi pola  irama ritmis
  6. Peserta didik secara individu mempraktekkan teknik menulis dari mulai posisi duduk, memegang alat tulis, memilih tempat menulis dengan cahaya yang terang
  7. Peserta didik menjiplak huruf-huruf dan kata-kata sederhana dari lembar kerja, berkaitan dengan bacaan kegemaran sebelumnya
  8. Peserta didik melakukan gerakan manipulasi untuk menunjukkan kerja sama, seperti ketika guru berbicara garis lurus peserta didik melompat dan seterusnya
  9. Peserta didik memilih karya menempel kertas dari 3 pilihan yang diberikan oleh guru, dan menceritakan alasan pemilihannya.
  10. Peserta didik melihat berbagai warna dan menceritakannya  untuk menentukan hasil karya, kemudian peserta didik menentukan karya  melipat menggunting dan menempel
  11. Peserta didik membuat hasil karya melipat, memotong dan menempel dari bahan kertas berwarna
  12. Peserta didik memberi bingkai dari hasil karyanya
  13. Peserta didik bermain  pengurangan, dengan cara: Guru menyebutkan angka tertentu yang merupakan hasil pengurangan, kemudian anak diminta menyebutkan angka-angka  yang dapat menjadi kemungkinan. Misalnya, guru menyebutkan 3, kemudian anak  menyebut 7 dan 4, atau 9 dan 6, atau 12 dan 9.
  14. Peserta didik diberikan kartu bertuliskan angka 1-20 kemudian mereka berpasang-pasangan dan mengurangi bilangan yang lebih besar dengan yang lebih kecil. Melalui lembar kerja peserta didik menuliskan hasilnya.
Penilaian
1.      Tertulis
2.      Lisan
3.      Unjuk kerja
4.      portofolio

1.      Siswa menunjuk gambar dan  melakukan  tanya jawab tentang tempat ibadah yang ada di sekitarnya dengan artikulasi yang tepat.