SILABUS
Kelas I
Tema 1 : Diri Sendiri :
Jujur, Tertib Dan Bersih
Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN
2012
DIRI
SENDIRI: jujur, tertib dan bersih
(4 minggu)
KD PPKn
· Menerima keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan
(KI-1)
· Menunjukkan perilaku baik
(jujur, disiplin, tanggung-jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan
nilai dan moral Pancasila (KI-2)
· Mengenali keberagaman
karakteristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-3)
· Mengetahui
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah (KI-3,KD-2)
· Menyajikan kebersamaan dalam
keberagaman karakteristik individu di rumah dan sekolah melalui permainan
BAHASA INDONESIA
· Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik
untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah. (KI-1,KD-2)
· Membacakan doa dengan pengucapan yang baik (KI-1,KD-3)
· Menunjukkan perilaku
yang baik dan sopan dalam mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan
identitas diri, bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2,KD-1)
· Menyapa dan menyampaikan ucapan
selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya (KI-2,KD-2)
· Berkomunikasi secara lisan
dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian
tubuh dan kebutuhan tubuh, lingkungan
dan pola hidup sehat, lingkungan
sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4,KD-1)
· Berbicara spontan tentang diri (KI-4,KD-3)
· Mengamati tentang diri, makhluk hidup dan benda di
sekitar dan menceritakan kepada orang lain (KI-4,KD-5)
· Menerapkan cara membaca
(permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara
memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya
yang terang)
(KI-4,KD-8)
· Menerapkan cara menulis
(permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan
buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)
(KI-4,KD-9)
Matematika
· Menunjukkan perilaku rapi
dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun
datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
dengan rapi (KI-2, KD-1)
· Mengenal bangun datar dan
bangun ruang menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
(KI-3, KD-2)
· Membentuk berbagai bangun
datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
(KI-4, KD-4)
·
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang
ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain (KI 3, KD 1)
PENDI\DIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
·
Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan
kegunaannya
·
Mengetahui dampak jangka pendek Mempraktikkan
aktivitas fisik
·
Mengetahui dan mampu memilih jajanan sehat
·
Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan
badan, kuku, kulit, gigi, dan rambut dan
pakaian
·
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi konsep gerak (konsep : tubuh,
ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
empraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional (
·
Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional
·
Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk
meningkatkan keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana
SENI, BUDAYA, DAN DESAIN
· Merasakan keindahan alam dan
karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1,
KD-1)
· Menunjukkan percaya diri
untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2, KD-1)
· Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar
sebagai ide untuk berkarya (KI-2, KD-2)
· Mengenal pola irama lagu
bervariasi dengan alat musik ritmis (KI-3, KD-2)
· Mengenal gambar ekspresi (KI-3,KD-1)
· Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk
birama dengan gerak (KI-4, KD-5)
· Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna,
dan bentuk berdasarkan pengamatan di lingkungan sekitar (KI-4, KD-1)