Kamis, 28 Mei 2020

76/Agustav Triono DI PENGHUJUNG RAMADHAN


76/Agustav Triono
DI PENGHUJUNG RAMADHAN

 Agustav Triono

 Di penghujung Ramadhan
 Tak ingin segera lepaskan
 Segala reroncean bunga bermekaran
 Yang dikirim tuk kita hayati
 Setiap warna-warni serta wangi
 Namun kadang silap oleh hempasan
 Rayu semu keindahan luar semata
 Memabukkan hanya lapis luar
 Padahal yang paling getar
 Makna di dalamnya

 Di penghujung Ramadhan
 Doa-doa terasa berat
 Tersebab masih banyak asa
 Permohonan belum tersampaikan
 Dahaga tertahan di padang gurun
 Merindu oase namun pandang bulan
 Segera berganti bergulir Syawal
 Dan bulan-bulan berikutnya
 Semoga kita tak jadi bulan-bulanan
 Nafsu sendiri

 Di penghujung Ramadhan
 Menjelang lebaran raih kemenangan
 Setelah tiga puluh hari arungi medan
 Pertempuran melawan goda, rayu, dan nafsu
 Doa-doa tergumam sepanjang malam
 Akankah bertahan merawat iman
 Menyiram kesalehan agar tumbuh kembang
 Menjelma pepohonan rindang
 Naungi hidup kini dan nanti

 Mei 2020

 Biodata:
 Agustav Triono. Lahir di Banyumas, 26 Agustus 1980. Alamat Perum. Puri Boja Bojanegara,Padamara, Purbalingga. Bergiat di Komunitas KATASAPA Purbalingga, LESBUMI Purbalingga, Dewan Kesenian Kab.Purbalingga, Majalah Ancas dll. Karya sastranya termuat di beberapa media massa dan di buku antologi antara lain Balada Seorang Lengger, Jejak Sajak, Puisi Menolak Korupsi 2a, Lumbung Puisi, Tifa Nusantara, Teras Puisi, Kembang Glepang, Sesapa Mesra Selinting Cinta,PPN XI, Jazirah 2 dll. Antologi puisi tunggalnya Seperti Mata Malam (2008). Alamat email: agustavtriono@gmail.com

75.Asep Muhlis Penasehat Tak Bersertifikat


75.Asep Muhlis

Penasehat Tak Bersertifikat

Ramadhan kali ini
tak ada suara petasan
anak-anak  tak lagi main meriam dari karbit di waktu sore
keriuhan beralih ke dalam gawai
anak-anak mengejakan tugas sekolah
membaca Al qur’an dan hapalan do’a-do’a
lalu mengirimkan laporan harian kepada guru
virus corona telah menjadi  penasehat paling berhasil

Jalanan  lengang
pohonan dan tiang listrik menunjuk
toko dan warung telah lama murung
dalam bungkaman sunyi dan gigil

Di dalam mesjid
orang-orang masih terlihat ber tadarus, berdzikir, bershalawat
di atas lantai  bersih, tanpa karpet tebal, tanpa sajadah lembut
tanpa pengeras suara
virus corona layaknya pembersih ibadah dari sipat riya

Biarlah, Ramadhan kali ini
tak perlu merindukan kerlip lampu hias
di jalan , di mesjid atau di rumah
karena do’a mendo’akan di ruang hati masing-masing
lebih gemerlap dari lampu termewah

Pada Ramadhan yang langka ini
jeritan do’a dari ribuan orang  yang kehilangan pekerjaan
tangisan ratusan lelaki yang merasa gagal mencukupi makan  anak-istri
keringat petugas kemanusiaan menumpahkan keiklasannya
menggumpal menjadi bongkahan kristal di langit

dan akan turun  menjadi  kemakmuran penghuni bumi
di waktu yang ditentukan Tuhan

Serang, 23 Mei 2020

































Asep Muhlis

JAHIDIN DAN SORE HARI

Jika  menjelang waktu asyar tiba
teringat masa kecil
menimba air untuk bak wudhu
ember karet yang meluncur ke gelap sumur
bagai bongkah hati yang tak ragu
menyelami kerumitan dalam keterbatasan.
Tak pernah dihitung berapa kali timbaan
aku begitu bersemangat , sarung dililitkan di atas bak
peci hitam di kepala

dalam rongga mulut terhimpun do’a
semoga air baik yang dipakai orang-orang berwudhu
pahala sholat, pahala bacaan Al Qur’an, atau
ibadah lain dari berudhu, mengalir kepadaku
dan kepada ibu-bapakku
hanya itu yang ada di kepala Jahidin kecil

Selepas shalat asyar
Jahidin menuju stasiun kerta api
melintasi jalan desa, melintasi sawah,
melintasi jembatan, melintasi jalan raya

Di stasiun kecil itu
puluhan anak bermain, hingga menjelang berbuka puasa
jahidin lebih menyukai main serodotan
ketimbang main damdaman atau main karet gelang
karena serodotan di atas tembok yang licin
adalah barang mewah saat itu

Sore hari di stasiun kecil
bersiuran pedagang asongan
dengan nampan kayu di kepala
rebus biji nangka, rebus kacang tanah,
rebus pisang mengkel, dan rebus umbi-umbian
dibungkus daun pisang seukuran kepal
subur hasil bumi penebar rejeki bagi orang desa
benteng ketahanan tubuh bagi anak-anak

Ada juga yang menjajakan mangga, nangka,
manggis, sirsak dan rambutan
keharuman yang terbit dari hasil bumi
mengambarkan cita rasa alami
kemolekan warna dari hasil bumi
adalah pesona yang tak menipu

Sesekali Jahidin melihat jam gantung di ruangan masinis
bandul jam itu berayun ke kanan ke kiri
seperti cita-citanya yang tetap berdetak
di redam dalam dada.

Dengan menggenggam sepincuk nangka kupas
ia pulang, menusuri jalan raya, melintasi jembatan
menembus perkampungan kecil, menapaki  pematang
ibunya cemas, bedug magrib usai, anaknya belum tiba
dan Jahidin melaporkan bahwa ia telah berbuka puasa di tengah sawah

dengan sepincuk nangka yang harum dan ramum
diciuminya Jahidin kecil bertubi-tubi
air mata ibunya jatuh
bak mesjid yang selalu penuh menjelang shalat asyar
adalah hasil anaknya yang tekun dan sabar

Serang, 23 Mei 2020






walau selalu begitu, stasiun tempat yang tak pernah membosankan

Ternyata rindu pada masa kanak gemerincing
Bagai  musik penggugah


74.BChalim Puspita Bissmillahirrohmanirrohim

74.BChalim Puspita

Bissmillahirrohmanirrohim


Ahlan Wa sahlan  terucap sapa Rosululloh
Menghampiri bulan suci yang dinanti
Engkau hadir menghampiri sanubari
Insan nan berlumuran dosa
Berharap dekapan ampunaMu

Alloh Akbar Alloh Akbar
Alloh Akbar Alloh Akbar
Romadhon panggilan amanahMu
Agungkan suara indah takbir tahmid
Bangkitkan jiwa imanku disetiap waktu
Engkau bimbing hati ini penuh rahmah

Ku susuri jalan menuju rumahMu
Bimbing aku tuk hadir menghadapMu
Bersimpuh diri pasrahkan  jiwa
Terimalah sujud ku ya Alloh

Nikmati sholat berjaamah walau berjarak
Begitu berat ujianMu hadirkan…Ya Alloh
Namun hambamu yaqin dibalik semua ini
Kasih sayangMu hadirkan kepada  insan yang bertaqwa










BChalim Puspita

Tadarus Tarawih

Hari demi hari waktu berlalu menyapaMu
Kutahan diri dari rasa perih hati
Berharap tetesan air penyejuk jiwa ini
Dari kotornya kemunafikan diri

Jelanglah sore petang  hari yang sunyi
Terpaan angin malam nan spoi dingin
Menghalau rasa kantuk tuk menemuiMu
Bersujud Tarawih kehadiratMu

Usai sudah ku bersimpuh kepadaMu
Kuraih Kitab suci yang Engkau wahyukan
Kubaca WahyuMu yang indah
Tuntunan, peringatan larangan, dan jaminan hidup

Tadarus seorang diri ditengah resahnya  jiwa ini
Lembar demi lembar terbaca sudah
Tak terasa waktu segera meninggalkan kita
Penuh harapan kepada Mu, Ya Alloh…..
Rindu  ampunan, keberkahan dan kemenangan








73.Azka Shadam Tentang Kota Ini


73.Azka Shadam

Tentang Kota Ini

Tentang kota ini
yang menyimpan kebahagiaan
di etalase bangunannya
ada banyak kenangan indah berserakan
yang tidak bisa diungkap oleh kata perpisahan

Tentang kota ini
yang melahirkan hubungan kejiwaan
di antara lukisan pemandangan alamnya
ada banyak percakapan cinta
yang tidak bisa ditafsirkan oleh lembayung senja

Tentang kota ini
yang sebentar lagi menanggalkan rindunya
dalam degup nadi hidupku
dan di manapun aku pergi
kota ini tidak pernah meninggalkanku sendiri


Pati, 23 Mei 2020














 Azka Shadam

Waktu Indonesia Bercerita

Jarum jam menandakan kehadiran
mereka berbondong menapak kesunyian
imaji merebah di paha kasih sayang
menunggu diputarnya cerita lama ibu
tentang keindahan  negeri ini

Ia selalu mengawali kata
dengan kelahiran kita
di rumah bernama “Indonesia”

Di tempat ini kita punya tanah surga
benih yang ditanam tumbuh subur
lalu kita makan menjadi segumpal daging
mata air tidak henti mengucurkan segarnya nikmat
lalu kita minum menjadi aliran darah
rumah kita adalah Indonesia
serta alam rayanya menjadi ibunda
yang setiap saat mengasuh kita
bahkan hingga mata terpejam selamanya
raga kita masih tetap dipeluk penuh cinta

Sebagai penutup waktu Indonesia bercerita
ibu selalu menyematkan pesan
 “Jagalah rumahmu sampai ia berbalik menjagamu”

Pati, 23 Mei 2020







Azka Shadam atau biasa dipanggil Shadam, merupakan pemuda kelahiran Pati, 23 Juni 2002 yang saat ini masih mengeyam pendidikan di SMA Negeri 1 Batangan. Ia beranggapan bahwa menulis merupakan media mengungkapkan isi hatinya. Beberapa karya puisi dan esainya yang masuk dalam antologi, yaitu puisi berjudul “Tanda Kehadiran” (Antologi PROGO 6) dan esai berjudul “Pergeseran Makna Tradisi Buwuhan” (Antologi Sayembara Esai Remaja BBJT 2019). Pembaca dapat menyapa Shadam melalui poselnya shadamajha@gmail.com, Instagram : shadam_123, Facebook : Azka Shadam, Line : azka.shadam, dan nomor telepon/Whatsapp : 085290401387/081393819950.











72.Indri Yuswandari Kesempatan


72.Indri Yuswandari

Kesempatan

Kesempatan datang, saat aku lupa menyematkan
Kesempatan datang, saat aku tak mendengar apa-apa
Kemudian kesempatan berlalu, meninggalkan goresan tinta emas
Dan di saat itu, kesempatan pergi entah kemana

Kesempatan, dimanakah sekarang engkau berada
Saat puasa baru saja meninggalkan pintu masjid
Setiap tahun engkau datang mengunjungiku
Namun kehadiranmu membuatku bertanya-tanya

Apakah aku dapat melekat bersamamu
Apakah aku bisa lebur ke dalam ramadhanmu
Ataukah kesempatan itu akan berlalu
Seperti waktu-waktu yang telah lalu

24.05.2020


71.Meinar Safari Yani Di Bawah Kubah Kuning Biru



71.Meinar Safari Yani     
     
Di Bawah Kubah Kuning Biru

Meinar Safari Yani           
Sembilu  itu hadir
di Ramadhan kali ini
Manakala rumahMU yang berkubah kuning biru
Melela mata ...menawan jiwa
Jelas dalam ingatan
Saat tubuh menuaku  bersimpuh di altar penghambaan
semilir angin laut di bentang selat Makasar
Mengucup lembut ujung mukena
di antara khusyuk  jamaah sholat Azhar
seakan membawa jiwa ini jauh berlayar
ke samudra damba tuk menuju dermaga kasihNYA
dan diripun tersadar  ....
betapa lumuran khilaf dan dosa  berpadu dengan berjuta ingkar
sungguh tak sebanding dengan sejumlah bekal
tuk nanti berkumpul di padang Mahsyar

Balikpapan ,12 Mei 2020















Meinar Safari Yani     

Di Bilik Kecil

Meinar Safari Yani 
Menepi dalam sunyi
Butiran tasbih coklat tua menari di jemari
Kusebut KeMahaRahimanMU
Sadari...betapa tiada batas cinta kasih putih itu
Bagi segenap makhluk
Lalu kusebut KeMahaBesaranMU
Berasa diri ini hanya butiran debu
Tak ayal ....pilu menggedor jiwaku
Terlintas sepotong ayat adz- Dzariyat
wa ma khalaqtul –jinna wal insa illa liya’budun
diri di cipta sebagai kholifah dibumi
Tapi acapkali mabuk urusan duniawi
Aaaaahhhhh .. tasbihpun terkoyak dalam genggaman ..
Menukikkan linang airmata bercampur getar sesalan
Pelan dan perlahan asmaMU tetap bergulir
Bergema di bilik kecil..... ruang sujudku
Balikpapan ,21 Mei 2020

Meinar Safari Yani ,lahir dan besar di Klaten ,profesi guru SMA swasta di Balikpapan.hobby menyanyi dan menulis puisi .karyanya pernah dimuat di MOP “Omongan Dua Bocah Desa” ,Potret I dan Potret II (harian Manuntung sekarang harian  Kaltim Pos ).Antologi Puisi Guru th 2018 ,Antologi Puisi Mleketek  th 2019,Antologi Puisi Kasih Ibu th 2019 ,Antologi Puisi Corona 2020 .Menjadi Guru Pendamping: lomba cipta dan baca puisi SD Kartika se Indonesia di Mabes Cilangkap 2006,pendamping lomba Nasyid SMA  tingkat nasional  2008,pendamping lomba cipta puisi FLS2N tgk kota dan  prop 

Sabtu, 23 Mei 2020

Meinar Safari Yani DI BAWAH KUBAH KUNING BIRU

Meinar Safari Yani   
     
DI BAWAH KUBAH KUNING BIRU

Meinar Safari Yani           

Sembilu  itu hadir

di Ramadhan kali ini

Manakala rumahMU yang berkubah kuning biru

Melela mata ...menawan jiwa

Jelas dalam ingatan

Saat tubuh menuaku  bersimpuh di altar penghambaan

semilir angin laut di bentang selat Makasar

Mengucup lembut ujung mukena

di antara khusyuk  jamaah sholat Azhar

seakan membawa jiwa ini jauh berlayar

ke samudra damba tuk menuju dermaga kasihNYA

dan diripun tersadar  ....

betapa lumuran khilaf dan dosa  berpadu dengan berjuta ingkar

 sungguh tak sebanding dengan sejumlah bekal

tuk nanti berkumpul di padang Mahsyar

Balikpapan ,12 Mei 2020
Meinar Safari Yani   

DI BILIK KECIL


Meinar Safari Yani

Menepi dalam sunyi

Butiran tasbih coklat tua menari di jemari

Kusebut KeMahaRahimanMU

Sadari...betapa tiada batas cinta kasih putih itu

Bagi segenap makhluk

Lalu kusebut KeMahaBesaranMU

Berasa diri ini hanya butiran debu

Tak ayal ....pilu menggedor jiwaku

Terlintas sepotong ayat adz- Dzariyat

wa ma khalaqtul –jinna wal insa illa liya’budun

diri di cipta sebagai kholifah dibumi

Tapi acapkali mabuk urusan duniawi

Aaaaahhhhh .. tasbihpun terkoyak dalam genggaman ..

Menukikkan linang airmata bercampur getar sesalan

Pelan dan perlahan asmaMU tetap bergulir

Bergema di bilik kecil..... ruang sujudku

Balikpapan ,21 Mei 2020





Meinar Safari Yani ,lahir dan besar di Klaten ,profesi guru SMA swasta di Balikpapan.hobby menyanyi dan menulis puisi .karyanya pernah dimuat di MOP “Omongan Dua Bocah Desa” ,Potret I dan Potret II (harian Manuntung sekarang harian  Kaltim Pos ).Antologi Puisi Guru th 2018 ,Antologi Puisi Mleketek  th 2019,Antologi Puisi Kasih Ibu th 2019 ,Antologi Puisi Corona 2020 .Menjadi Guru Pendamping: lomba cipta dan baca puisi SD Kartika se Indonesia di Mabes Cilangkap 2006,pendamping lomba Nasyid SMA  tingkat nasional  2008,pendamping lomba cipta puisi FLS2N tgk kota dan  prop 2012 ,pendamping lomba seni kriya FLS2N  tgk prop 2014 ,pendamping lomba cipta puisi tgk kota dan prop FLS2N 2019 .


70-Wyaz Ibn Sinentang Ramadhan Memuncak Syawal

70-Wyaz Ibn Sinentang


Ramadhan Memuncak Syawal


Ramadhan hampir memuncak syawal
rinduku mengalir mencari makna terkandung
lantaran kali ini suasana sungguh tak lazim
mesjidku hening lapang tak bersajadah
berdiri kukuh di antara keramaian mall



Rinduku menyesak dada tiada berakhir
memandang pelataran sunyi
dan tiang empat penjuru termangu
tabuh bedug yang lama tak bergema
tautkan adzan waktu ke waktu shalat



Ramadhan berlalu terkenang nan lalu
wajah-wajah uzur tersenyum ramah
berisik bocah-bocah kecil menggemaskan
tumpah ruah padati megahnya rumah Allah
: ada rindu saling menanti

Bumi Ale-Ale, 22 Mei 2020








Wyaz Ibn Sinentang

Jumat Terakhir di Bulan Ramadhan

Penghujung waktu tinggal asa membludak
lapar dahaga masih bisa ditahan
lima waktu jalani sendiri
ada yang hilang batin tertekan
kebersamaan wajib tiba-tiba terabaikan
bukan salah tak juga membenarkan
: habluminallah

Bumi Ale-Ale, 22 Mei 2020







Wahyudi Abdurrahman Zaenal IBN SINENTANG lahir di kota Pontianak tanggal 24 April 1966. Mulai menulis puisi sejak tahun 1980. Karya-karyanya pernah dimuat di beberapa media lokal, Nasional/luar pulau, Negeri Jiran,  dan online.Karyanya juga terangkum dalam beberapa kumpulan puisi dan cerpen bersama. Antologi Puisi tunggalnya BERSAMA HUJAN (Kelompok Empat Kreatif, 2011), HIJRAH (Kelopak Poedjangge/SEC, 2012), NYANYIAN LILIN PUTIH (Shell-Jagad Tempurung, 2012), PERJALANAN SAJAK BULAN KOSONG (Kelopak Poedjangge/SEC, 2013), REKAH CAMELIA DI LANGIT DESEMBER (Kelopak Poedjangge/SEC, 2014), TIGA IBU (Guepedia, 2016), Kumpulan Cerpen tunggalnya PUING (Jentera Pustaka, 2014).

69.Barokah Nawawi Pintu Langit Ramadhan

69.Barokah Nawawi

Pintu Langit Ramadhan

Ya Allah, di ujung malam ini aku bersimpuh
Mengetuk pintu langit ampunan Mu
Dengan air mata sesal yang mengalir tanpa henti.

Kusadari betapa tebal kerak-kerak dosa
Yang telah kutoreh sepanjang perjalanan waktu
Adakah penyesalan masih bermakna bagi-Mu
Bagi diri ini yang selalu mengulang dosa dan maksiat
Meneriakkan kebohongan demi kebohongan
Yang tak pernah jelas ujung pangkalnya
Selain hanya sekedar mengipasi selera massa yang riuh.

Dan kini bumiku dilanda bencana
Yang meluluh lantakkan seluruh sendi kehidupan.
Hingga akhirnya Ramadhan tahun ini hanya di rumah saja
Merenungi dan menyesali yang tak mungkin kembali.

Dan malam ini kembali aku bersimpuh
Terus mengetuk pintu langit Ramadhan tanpa henti
Berharap anugerah akan kesempatan baru yang Kau berikan
Untuk memperbaiki kembali bumi ini
Demi anak cucu kami
Ampuni kami, Tuhanku.

Semarang, Mei 2020








Barokah, lahir di Pacitan 18 Agustus 1954.
Menulis puisi sejak remaja di berbagai media massa.
Buku antologi puisi tunggalnya, Bunga bunga semak, diterbitkan Pustaka Haikuku 2017.Buku haiku tunggal, Serampai Haiku Pancaran Hati, diterbitkan Pustaka Haikuku 2019.Ikut antologi puisi bersama dengan Lumbung Puisi, antara lain, Mblekethek, Anak Cucu Pujangga, dan Perjalanan Merdeka.Saat ini berdomisili di Semarang sebagai seorang pensiunan dari PT Telkom.



Di rumah Saja Pegantar Antologi Tadarus Puisi IV

Di rumah Saja Pegantar Antologi Tadarus Puisi IV:

Istimewanya Tadarus Puisi Ramadhan IV itu penyairnya dirumah, sehingga kesan di rumah saja terdapat dalam beberapa puisi penyair kita. Ternyata puisi [uisi itu seperti tema dalam Antologi Tadarus Puisi ini yakni Rumah Kita yang Indah/

Keindahan rumah iru dipotret dalam syair-syair penyair dalam berbagai sudut pandangnya yang kaya hayal itu.

Ternyata di rumah kita yang indah adalah tempat dimana produk kebaikan berasal.

Kenapa di rumah? jawannya adalah pada masa antologi ini dibuat Indonesia tengah memberlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dikarenakan terjadinya pandemi yaitu epidemi dalam skala besar yang mempengaruhi beberapa kelompok penduduk di lokasi yang berbeda atas berkembangnya virus yang dapat mematikan manusia.

Keadaan demikian itu tidak mengurangi kegairahan penyair dalam menulis puisi bahkan di rumah saja itu tetap produksi.

Wajah Puisi Tadarus Puisi Ramadhan IV juga dipengaruhi oleh situasi dirumah saja masyarakat yang mengakibatkan berkurangnya aktifitas kerja dan sumber pendapatan masyarakat. Dampak itu tak luput dari bidikan penyair penyair kita yang walau dirumah saja tetapi mampu meneropong dunia luar. (bersambung)

68.Salimi Ahmad Ramadhan dan Corona

68.Salimi Ahmad

Ramadhan dan Corona



sebelum ini, sudah jarang aku mampir ke rumahmu
di samping suka menggampangkan, tapak kakiku ini
lebih mudah melangkah ke kerumunan orang
mengikuti matahari yang datang, melengkapi
malam yang melenggang sepi

terkadang saja, jika kebetulan lewat, aku mampir,
misalnya sepekan sekali ketika orang-orang
berombongan datang,  meramaikan shaf-shafmu,
menunggu waktu, menjenguk teduhmu di tengah simpuh
di khutbah yang memuji dan mengagungkan namamu



ketika virus corona datang menyebar, mendatangi
ke tiap-tiap orang, memporakporandakan tatanan,
juga negeri ini, kota ini, desa ini, seantero dunia
dilanda kepanikan bertubi-tubi, aku makin tak pasti
menjaga silaturahmi

dunia seperti hendak meredam penyebarannya
mengambil tindakan dan himbauan; jaga jarak
dengan sesama orang, dan hindari kerumunan,
diam di rumah lebih baik untuk mencegah terjadi kontak
; aku semakin merasa menjauhi rumahmu

sungguh semua kerja, aktivitas gerak jadi kian terbatas.
pagi berjemur membuat imun tubuh dengan hangat matahari
makan-minum di ruang ke ruang membikin tambah bosan
kembali dari itu ke itu lagi. seluruh ruang kujelajahi
dengan cara yang sama, dengan pikiran hampir tak berubah



lalu ramadhanmu datang, diri ini kian merasa disiksa ulang
shalat tarawih bersama ditiadakan, riuh kangen suara
anak-anak yang bercanda di belakang, kini tak terdengar
masjid sudah kosong melompong, yang terdengar tinggal azan,
karpet dan sajadah tergulung sudah, tersimpan di sudut menara.

inikah kutukan seperti yang sudah kau firmankan
seperti yang telah diurai dalam sabda rasul akhir jaman,
 “pada suatu hari nanti, masjid-masjid akan dibangun megah
tapi para jamaah meninggalkannya, tiada lagi ada yang ingin
memakmurkannya.”

sungguh takut, akukah orang yang kausebut dalam riwayat itu.
akukah orang yang termasuk telah mendustakan kalimatmu
o, begitu asing diriku. begitu semakin terasingnya aku
duka corona bertambah-tambah mengacaukan diriku.

kuakui, aku telah banyak berbuat dhalim kepada diriku
telah banyak melakukan ingkar kepada pikiranku
ya Allah, ya Rabb, betapa banyak aku diserang keraguan
dari berbagai arah, dari simulasi bencana ini

ampunilah aku atas semua kedhalimanku
ampunilah aku atas banyak perbuatan ingkarku

Jakarta, 22 Mei 2020










Salimi Ahmad
Doa Tutup Ramadhan

1
biarkan nafsu jadi bagian yang membawa langkahmu
seperti laut bagi kapalmu, jalani bentangan luas samudera
berlayar di permukaannya begitu menyenangkan senantiasa

ia boleh berombak, memain-mainkan pesonanya saat melaju
namun jangan biarkan ia masuk mengisi lambung kapalmu
nanti kau tenggelam, dan terkubur hingga ke dasar debur.

2
apa yang telah kau suguhkan pada mereka untuk puasamu
padahal setiap berbuka, kau telah banyak menerima suguhannya?

apa yang telah kau sampaikan pada mereka dengan puasamu
padahal dalam puasamu kau telah banyak menerima pesan-pesannya?

terpujilah rasa lapar dan dahaga
yang bersamanya, kau wangikan bau mulutmu untuk sesama

3
kita hanya tumpukan airmata
yang disimpan awan mengelilingi luasnya angkasa
pada waktunya, kita akan dibuatnya terperangah
ketika ia tumpah, menggenapi tugasnya
menghidupi mereka yang didera kering dan hampa

4
akankah kau biarkan diriku menjadi kota
tempat anak bermain dengan segala gemerlap cahaya
tiada bisakah diriku menjadi padang rumput belantara
tempat berlarian mereka, nikmati basah embun
juga hakekat wewangian daun, saat rebah-lelah mencium

5
beban yang berat, kita pikul untuk diantar ke pemiliknya
sedikit bagian kita terima sebagai upah angkutnya

memahami lahir dan hidup, bukanlah sia-sia
kecuali kita bermain memainkan diri sendiri
dan melupakan lainnya

Jakarta. 27 Juli 2014 – 22 Mei 2020.

Salimi Ahmad, lahir di Jakarta 22 Mei 1956. Buku puisinya ‘Di Antara Kita’ (2009), dan beberapa puisinya tersebar di beberapa 

Selamat Idul Fitri 1441 H


Apa itu penyair : 1 Tulisan yang membuat gairah pembaca untuk dibaca

Apa itu penyair :

Tulisan yang membuat gairah pembaca untuk dibaca

Salah satu pengakuan bahwa Anda seorang penyair adalah karya Anda itu dibaca orang lain. Semakin banyak pembaca karya Anda maka semakin banyak orang tahu penulisnya, Semakin banyak lagi karya Anda dibaca orang lain maka tubuh pengakuan publik. Kemudian semakin bayak lagi oang membaca maka semakin yakin Anda seorang penyair dengan karya yang nyata. Karena itu peran pembaca karya syair yang Anda tulis sangat penting bagi seseorang yang terjun ke dunia kepenyairan. Hal membaca tentu terdapat berbagai tingkatannya hinga membaca apresiatif dengan kemudian si pembaca melakukan aktifitas setelah membaca tulisan tadi. Tulisan Anda kelak setelah dibaca akan memunculkan resensi, kritik, esai, ulasan, tinjauan, atau tulisan itu menjadi rujukan referensi yang mengkokohkan kepenyairan itu. Lambat laun publik akan menilai sebuah karya dan penulisnya apakah layak atau tidak disebut sebuah karya seni dan penulisnya disebut seorang penyair. Oleh karena itu untuk memberikan respon baik bagi pembaca sebaiknya penyair membuat tulisan yang membuat gairah pembaca untuk dibaca. Ini jelas berarti sebuat tulisan harus menarik bagi sasaran (pembaca) yang dikehendakinya.

68.Salimi Ahmad Ramadhan dan Corona

68.Salimi Ahmad

Ramadhan dan Corona

sebelum ini, sudah jarang aku mampir ke rumahmu
di samping suka menggampangkan, tapak kakiku ini
lebih mudah melangkah ke kerumunan orang
mengikuti matahari yang datang, melengkapi
malam yang melenggang sepi

terkadang saja, jika kebetulan lewat, aku mampir,
misalnya sepekan sekali ketika orang-orang
berombongan datang,  meramaikan shaf-shafmu,
menunggu waktu, menjenguk teduhmu di tengah simpuh
di khutbah yang memuji dan mengagungkan namamu



ketika virus corona datang menyebar, mendatangi
ke tiap-tiap orang, memporakporandakan tatanan,
juga negeri ini, kota ini, desa ini, seantero dunia
dilanda kepanikan bertubi-tubi, aku makin tak pasti
menjaga silaturahmi

dunia seperti hendak meredam penyebarannya
mengambil tindakan dan himbauan; jaga jarak
dengan sesama orang, dan hindari kerumunan,
diam di rumah lebih baik untuk mencegah terjadi kontak
; aku semakin merasa menjauhi rumahmu

sungguh semua kerja, aktivitas gerak jadi kian terbatas.
pagi berjemur membuat imun tubuh dengan hangat matahari
makan-minum di ruang ke ruang membikin tambah bosan
kembali dari itu ke itu lagi. seluruh ruang kujelajahi
dengan cara yang sama, dengan pikiran hampir tak berubah



lalu ramadhanmu datang, diri ini kian merasa disiksa ulang
shalat tarawih bersama ditiadakan, riuh kangen suara
anak-anak yang bercanda di belakang, kini tak terdengar
masjid sudah kosong melompong, yang terdengar tinggal azan,
karpet dan sajadah tergulung sudah, tersimpan di sudut menara.

inikah kutukan seperti yang sudah kau firmankan
seperti yang telah diurai dalam sabda rasul akhir jaman,
 “pada suatu hari nanti, masjid-masjid akan dibangun megah
tapi para jamaah meninggalkannya, tiada lagi ada yang ingin
memakmurkannya.”

sungguh takut, akukah orang yang kausebut dalam riwayat itu.
akukah orang yang termasuk telah mendustakan kalimatmu
o, begitu asing diriku. begitu semakin terasingnya aku
duka corona bertambah-tambah mengacaukan diriku.

kuakui, aku telah banyak berbuat dhalim kepada diriku
telah banyak melakukan ingkar kepada pikiranku
ya Allah, ya Rabb, betapa banyak aku diserang keraguan
dari berbagai arah, dari simulasi bencana ini

ampunilah aku atas semua kedhalimanku
ampunilah aku atas banyak perbuatan ingkarku

Jakarta, 22 Mei 2020










Salimi Ahmad
Doa Tutup Ramadhan

1
biarkan nafsu jadi bagian yang membawa langkahmu
seperti laut bagi kapalmu, jalani bentangan luas samudera
berlayar di permukaannya begitu menyenangkan senantiasa

ia boleh berombak, memain-mainkan pesonanya saat melaju
namun jangan biarkan ia masuk mengisi lambung kapalmu
nanti kau tenggelam, dan terkubur hingga ke dasar debur.

2
apa yang telah kau suguhkan pada mereka untuk puasamu
padahal setiap berbuka, kau telah banyak menerima suguhannya?

apa yang telah kau sampaikan pada mereka dengan puasamu
padahal dalam puasamu kau telah banyak menerima pesan-pesannya?

terpujilah rasa lapar dan dahaga
yang bersamanya, kau wangikan bau mulutmu untuk sesama

3
kita hanya tumpukan airmata
yang disimpan awan mengelilingi luasnya angkasa
pada waktunya, kita akan dibuatnya terperangah
ketika ia tumpah, menggenapi tugasnya
menghidupi mereka yang didera kering dan hampa

4
akankah kau biarkan diriku menjadi kota
tempat anak bermain dengan segala gemerlap cahaya
tiada bisakah diriku menjadi padang rumput belantara
tempat berlarian mereka, nikmati basah embun
juga hakekat wewangian daun, saat rebah-lelah mencium

5
beban yang berat, kita pikul untuk diantar ke pemiliknya
sedikit bagian kita terima sebagai upah angkutnya

memahami lahir dan hidup, bukanlah sia-sia
kecuali kita bermain memainkan diri sendiri
dan melupakan lainnya

Jakarta. 27 Juli 2014 – 22 Mei 2020.

Salimi Ahmad, lahir di Jakarta 22 Mei 1956. Buku puisinya ‘Di Antara Kita’ (2009), dan beberapa puisinya tersebar di beberapa antologi puisi lainnya yang terbit sejak tahun 2010 – 2020.



67.Dwi Wahyu Candra Dewi Berbeda

67.Dwi Wahyu Candra Dewi

Berbeda

Suka cita tatkala Ramadan hendak menyapa,
apa daya harapan sirna ketika datang korona.
Seketika dunia menjadi berbeda,
Tak lagi ada jemaah menuju rumah ibadah
Tak lagi ada ‘dok der’ keramaian penggugah semangat sahur
Tak lagi ada tadarus generasi penerus di rumah-Mu.
Kebencian demi kebencian kian marak
Saling salah hingga terisak.
Kami hampir hilang iman
Kami hampir hilang sabar
Kami hampir hilang syukur
Jangan lagi Engkau turunkan ujian tuk menyadarkan
Alhamdulillah
Nama-Mu salalu menggema dalam hati, pikiran, tindakan
Sajadah tetap digelar
Takbir tetap diucapkan
Doa tetap dilangitkan
Dan ayat Qur’an tetap dilafalkan.

Blora, 23 Mei 2020













Dwi Wahyu Candra Dewi

Mengetuk Pintu-Mu

Ya Allah ya Rahman
Ramadan kan berlalu masihkan ada waktu tuk bertemu
Ramadan kan meninggalkan masihkah ada kesempatan.
Kami yang masih kerdil akan iman akankah Kau luluskan
Tak tahu kami akan berkah-Mu
Tak tahu kami akan ujian-Mu
Tak tahu kami karena kami terkadang lalai akan kemudahan
Ya Allah ya Karim
Petunjuk-Mu lah penguat kami
Karunia-Mu lah penenang kami
Berkah-Mu lah harapan kami
Ampunan selalu kami pinta karena dosa tak tahu batasnya.
Di ujung sujudku
Di setiap tengadahku
hanya pada-Mu lah ku bersimpuh.

Blora, 23 Mei 2020


Jumat, 22 Mei 2020

Tinjauan Puisi Rofiah Ross dalam karyanya : Ramadhan di Kampung Kami, Oleh Rg Bagus Warsono

 Puisi yang ditulis Rofiah Ross sungguh indah mengambarkan suasana desa. Pilihan kata yang bagus menyebabkan puisi pendek dalam Tadarus Puisi ini semakin kaya makna.

//Ramadhan di kampung kami
dari tengah malam ke tengah malam... //

 pembukaan yang menarik yang memberikan makna bahwa puisi ini sebulan masanya : Ramadhan.
//.../gema Islami bercampur suasana klasik budaya desa
Malam thadarus mengumandang di corong masjid desa/...// 

Ia hendak menceritakan banyak tetang kampung dalam satu baris. Ribut yang menggembirakan : 
//.../Di dapur tempat masak keluarga, blandongan ala desa
Satu dapur empat keluarga
keluarga kakak beradik
Masak ala desa sambil dan suara ibu-ibu meramu masak
ribut yang menggembirakan
di bawah terang lampu dan nyala api pawon.//

Tampaknya Rofiah Ross berhasil memberi gambaran sangat luas suasana Ramadhan dikampungnya. Bidikan tetang dapur keluarga yang ribut mengembirakan dapat mengundang daya hayal pembaca . Disini rofiah memberi makna kesibukan dan nyala api pawon mereka yang memasak untuk keluarganya. Puisi yang sederhana namun kuat menyimpan makna. Berikut Puisinya :

Ramadhan di kampung kami

dari tengah malam ke tengah malam
gema Islami bercampur suasana klasik budaya desa
Malam thadarus mengumandang di corong masjid desa
dan pemuda membangunkan sahur dengan musik jalanan
sesekali mereka melantunkan tembang khasidah populair
Di dapur tempat masak keluarga, blandongan ala desa
Satu dapur empat keluarga
keluarga kakak beradik
Masak ala desa sambil dan suara ibu-ibu meramu masak
ribut yang menggembirakan
di bawah terang lampu dan nyala api pawon.













Rg Bagus Warsono, Penyair dan Kritikus sastra