Keberhasilan Kabupaten Indramayu dimata masyarakat Jawa Barat terus disorot berbagai kalangan. Terutama kemajuan bidang pendidikan, dan kesehatan masyarakat menjadikan masyarakat Jawa Barat mengharapkan seperti di Kabupaten Indramayu. Melihat kemajuan di Indramayu ini tentu melihat sosok tokoh Jawa Barat yang kini menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar, Dr.h. Irianto MS Syafiuddin.
Kemajuan pembangunan di Indramayu ini diharapkan dapat membangun Jawa Barat saat ini. Tentu saja dengan mengharap Dr.H. Irianto, MS syafiuddin dapat memimpin Propinsi Jawa Barat saat ini.
Propinsi Jawa Barat menurut beberapa kalangan sangat srategis sebagai penyangga Ibukota. diperlukan sosok pemimpin seperti Bung Yance (panggilan akran Dr. H. Irianto, MS syafiuddin).
Mereka mengharapkan Bungnyance dapat membawa prop[insi Jawa Barat tidak tertinggal dengan propinsi lainnya di Indonesia di segala bidang.
Kiprah Bung Yance dan kepopulerannya di Jawa Barat sangat penting untuk menduduki Kepala Daerah.
Sajian nasional informasi ilmu pengetahuan dan teknologi ,informasi umum, informasi pendidikan dan budaya.
Laman
- REDAKSI
- Berita Hari Ini
- Daftar Propinsi di Indonesia
- Daftar Negara-negara di Dunia
- Sastrawan Indonesia
- Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia
- Kumpulan Syair Lagu Keroncong
- Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia
- Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian
- Daftar Penerima Nobel
- Daftar Gunung di Indonsia
- Daftar Juara All England
- Daftar Juara Thomas Cup
- Daftar Presiden Amerika Serikat
- Daftar Lagu Nasional
- Daftar Sastrawan
- Penyair Tadarus Puisi
Selasa, 09 Agustus 2011
Minggu, 07 Agustus 2011
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi : Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
Pertama kali diperdengarkan tahun 1926 Rapat Pemuda Hindia Belanda (pribumi) Pertama di Jakarta. Pemuda Wage Rudolf Supratman ( Rudolf adalah pemberian nama dari guru Belanda kepada Wage) maju ke mimbar dan memperkenalkan lagu ciptaannya "Indonesia Raya".
Soegondo Djoyo poespito , pimpinan kongres berdecak kagum. Sebuah lagu yang tak pernah didengar sebelumnya.Peserta rapat berdiri hikmat. Soegondo Djoyopoestito meminta naskah syairnya.
Pada kongres pemuda II 1929 lahirnya Sumpah Pemuda lagu Indonesia Raya diperdengarkan kembali. Tepuk tangan dan penghargaan diberikan pada Wage Rudolf Soepratman. mulai saat itulah pemuda Indonnesia kembali ke bangku-bangku sekolah dan menghafal lagu tersebut.
Mendengar syairnya itu, Belanda melarang siswa melantunkan lagu tersebut. Hingga banya dikalangan pemuda yang hanya bersiul karena takut ditangkap Belanda.
Kepopuleran lagu tersebut meluas hingga tahun 1942 ketika Peta berdsiri dan disusul TKR . Para prajurit Indonesia makin berani saja melantunkan lagu tersebut. Dimualailah lagu ini dinyanyikan saat upacara bendera dan rapat-rapat besar.
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi : Mengenal flora Indonesia yang dikenal di dunia
Salah satu flora Indonesia di mata dunia yang paling terkenal adalah Bunga Raflesia (Bunga Bangkai) di Sumatra. Pelestariannya telah dilakukan oleh pemerintah. Bunga Bangkai memiliki keunikan tersendiri dan tidak terdapat kemiripan di negara lain.
Flora Indonesia langka dan terkenal adalah juga beringin, sono keling, dan beberapa tanaman obat yang hanya dapat hidup di Indonesia.
Flora Indonesia yang ribuan macam jenisnya itu merupakan kekayaan bangsa yang tiada tara. Generasi muda patut menjaga dan memeliharanya.
Penegangan hutan liar, serta penyeludupan flora Indonesia harus mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Jika dibiarkan maka Indonesia yang subur ini akan kehilangan banyak kekayaan nasional
Salah satu flora Indonesia di mata dunia yang paling terkenal adalah Bunga Raflesia (Bunga Bangkai) di Sumatra. Pelestariannya telah dilakukan oleh pemerintah. Bunga Bangkai memiliki keunikan tersendiri dan tidak terdapat kemiripan di negara lain.
Flora Indonesia langka dan terkenal adalah juga beringin, sono keling, dan beberapa tanaman obat yang hanya dapat hidup di Indonesia.
Flora Indonesia yang ribuan macam jenisnya itu merupakan kekayaan bangsa yang tiada tara. Generasi muda patut menjaga dan memeliharanya.
Penegangan hutan liar, serta penyeludupan flora Indonesia harus mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Jika dibiarkan maka Indonesia yang subur ini akan kehilangan banyak kekayaan nasional
Sabtu, 06 Agustus 2011
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi : Adat Istiadat bangsa luhur
Tiada yang paling unik di dunia kecuali adat lompat batu di kepulauan Mentawai sumatra utara.
Atau Panjat Pinang ketika hari Ulang tahun Kemerdekaan tiap 17 Agustus.Begitu luhur adat istiadat yang patut dilestarikan.
Kebanggan ini menjadi rasa karakter yang kuat apabila menjumpai di negri lain memiliki adat keunikan yang berbeda. Ternyata adat tidak semua bertentangan dengan modernisasi, namun bahkan menjadi daya tarik tersendiri. Adat yang unik dapat dijadikan objek wisata yang menarik.
Tiada yang paling unik di dunia kecuali adat lompat batu di kepulauan Mentawai sumatra utara.
Atau Panjat Pinang ketika hari Ulang tahun Kemerdekaan tiap 17 Agustus.Begitu luhur adat istiadat yang patut dilestarikan.
Kebanggan ini menjadi rasa karakter yang kuat apabila menjumpai di negri lain memiliki adat keunikan yang berbeda. Ternyata adat tidak semua bertentangan dengan modernisasi, namun bahkan menjadi daya tarik tersendiri. Adat yang unik dapat dijadikan objek wisata yang menarik.
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi Pelestarian satwa nasional
Kompetensi ini dimaksud untuk mengetengahkan fauna khas Indonesia yang memiliki ciri keunikan tersendiri dan tiada duanya di negara lain.
Beberapa fauna nasional tersebut adalah badak, komodo, harimau sumatra, satwa ini banyak mempopulerkan nama Indonesia du dunia. Sebagai warga negara Indonesia kita bangga memiliki begitu banyak satwa langka yang kita miliki.
Pelestarian satwa langka tersebut dapat dilakukan dengan cagar alam. Prihartin atas semakin kikisnya hutan, dan pencurian hewan langka menjadika kita terancam kehilangan ciri fauna Indonesia itu
Kompetensi ini dimaksud untuk mengetengahkan fauna khas Indonesia yang memiliki ciri keunikan tersendiri dan tiada duanya di negara lain.
Beberapa fauna nasional tersebut adalah badak, komodo, harimau sumatra, satwa ini banyak mempopulerkan nama Indonesia du dunia. Sebagai warga negara Indonesia kita bangga memiliki begitu banyak satwa langka yang kita miliki.
Pelestarian satwa langka tersebut dapat dilakukan dengan cagar alam. Prihartin atas semakin kikisnya hutan, dan pencurian hewan langka menjadika kita terancam kehilangan ciri fauna Indonesia itu
Jumat, 05 Agustus 2011
Pendidikan Karakter Bangsa bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi : Hasil Pembangunan Fisik
Hasil-hasil pembangunan fisik nyang oleh bangsa dibangun untuk kepentinganm bersama (rakyat Indonesia) patut dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Hasil pembangunan tersebut adalah bentuk karya bangsa serta menggunakan uang negara (rakyat), karenanya setiap ujud hasdil pembangunan tentu patut terpelihara segi kemaslahatannya.
Beberapa contoh hasil pembangunan tersebut dapat dilihat seperti pembangunan jalan, rumah sakit uimum, puskesmas, listrik dan sebagainya.
Beberapa hasil pembangunan juga terdapat yang memiliki nilai monumental (ter...) baik biaya, kemegahan , arsitektur, dan (ter...) lainnya. Sebut saja misalnya jalan tol, Istiqal, jalur ganda Kereta Api, jembatan Suramadu, bandara, dan lainnya.
Pembangunan semegah apa pun akan tidak ada nilainya jika tidak dipelihara, tidak dimanfaatkan, dimanfaatkan tapi hanya kalangan tertentu, hanya pembangunan 'mercu suar'.
Hasil pembangunan juga menjadi memiliki manfaat lama jika dibangun dengan tidak dikorupsi dananya.
Hasil-hasil pembangunan fisik nyang oleh bangsa dibangun untuk kepentinganm bersama (rakyat Indonesia) patut dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Hasil pembangunan tersebut adalah bentuk karya bangsa serta menggunakan uang negara (rakyat), karenanya setiap ujud hasdil pembangunan tentu patut terpelihara segi kemaslahatannya.
Beberapa contoh hasil pembangunan tersebut dapat dilihat seperti pembangunan jalan, rumah sakit uimum, puskesmas, listrik dan sebagainya.
Beberapa hasil pembangunan juga terdapat yang memiliki nilai monumental (ter...) baik biaya, kemegahan , arsitektur, dan (ter...) lainnya. Sebut saja misalnya jalan tol, Istiqal, jalur ganda Kereta Api, jembatan Suramadu, bandara, dan lainnya.
Pembangunan semegah apa pun akan tidak ada nilainya jika tidak dipelihara, tidak dimanfaatkan, dimanfaatkan tapi hanya kalangan tertentu, hanya pembangunan 'mercu suar'.
Hasil pembangunan juga menjadi memiliki manfaat lama jika dibangun dengan tidak dikorupsi dananya.
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kata-kata kunci pendidikan karakter
A. Umum:
teladan
budipekerti
kebangsaan
nasionalisme
cinta Tanah air
bangga
luhur
wawasan nusantara
pancasilais
nusantara
bahasa nasional bahasa Indonesia
pelestarian
bela negara
bangsa Indonesia
pengabdian
jujur
demokratis
sosial
persamaan nasib
sejarah bangsa
perjuangan bangsa
tumpah darah
lagu kebangsaan
bendera negara
lambang negara
dasar negara
Pancasila
UUD 1945
khatulistiwa
dharmabakti
A. Umum:
teladan
budipekerti
kebangsaan
nasionalisme
cinta Tanah air
bangga
luhur
wawasan nusantara
pancasilais
nusantara
bahasa nasional bahasa Indonesia
pelestarian
bela negara
bangsa Indonesia
pengabdian
jujur
demokratis
sosial
persamaan nasib
sejarah bangsa
perjuangan bangsa
tumpah darah
lagu kebangsaan
bendera negara
lambang negara
dasar negara
Pancasila
UUD 1945
khatulistiwa
dharmabakti
Kamis, 04 Agustus 2011
Pendidikan Karakter Bangsa bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi : Memelihara budaya Daerah yang merupakan budaya nasional
Apa jadinya jika perahu pinisi diaku hak patennya oleh negri lain, kemudian seni batik, lalu angklung , sasando, sampai poci tegal.Sekarang saja sudak banyak seni dan kerajinan daerah Indonesia yang sudak menjadi milik negara lain. Bisa jadi kita tak mengetahui sampai permainan yoyo, gasing, mungkin sudah dipaten negara lain.
Di sini wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bangsa ini diuji. Beruntung batik udah diakui oleh UNISEF berasal dari Indonesia. Karena itulah kelestarian dan pemeliharaan aset bangsa ini harus dijaga bersama.
Sebetulnya beberapa aset bangsa tersebut adalah aset yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Karena itulah kearifan perlu dimiliki oleh para penentu kebijakan sehingga generasi muda memahami dan turut memelihara .
Apa jadinya jika perahu pinisi diaku hak patennya oleh negri lain, kemudian seni batik, lalu angklung , sasando, sampai poci tegal.Sekarang saja sudak banyak seni dan kerajinan daerah Indonesia yang sudak menjadi milik negara lain. Bisa jadi kita tak mengetahui sampai permainan yoyo, gasing, mungkin sudah dipaten negara lain.
Di sini wawasan kebangsaan dan cinta tanah air bangsa ini diuji. Beruntung batik udah diakui oleh UNISEF berasal dari Indonesia. Karena itulah kelestarian dan pemeliharaan aset bangsa ini harus dijaga bersama.
Sebetulnya beberapa aset bangsa tersebut adalah aset yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Karena itulah kearifan perlu dimiliki oleh para penentu kebijakan sehingga generasi muda memahami dan turut memelihara .
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kunci Pendidikan Karakter :
Kunci Utama Pendidikan Karakter adalah keteladanan. Sehebat - hebatnya teori yang menopangnya tanpa adanya keteladanan dari para pemangku kepentingan, pendidikan karakter hanya akan menemui kegagalan.
Kunci Utama Pendidikan Karakter adalah keteladanan. Sehebat - hebatnya teori yang menopangnya tanpa adanya keteladanan dari para pemangku kepentingan, pendidikan karakter hanya akan menemui kegagalan.
Rabu, 03 Agustus 2011
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Urgensi Pendidikan Karakter:
Menurut Prof Suyanto, PhD.Plt Dirjen Dikdas:
Karakter adalah cara berfikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama , baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggung-jawabkan akibat dan keputusan yang ia buat.
Menurut Prof Suyanto, PhD.Plt Dirjen Dikdas:
Karakter adalah cara berfikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama , baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggung-jawabkan akibat dan keputusan yang ia buat.
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi : Mengenal Proklamator
Sepanjang Indonesia merdelka hingga saat initak lepas dari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Dua tokoh Nusantara saat itu Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta merupakan proklamator negara Indonesia tercinta ini.
Ir Soekarno dikenal dengan sebutan Bung Karno, dan Drs. Muhammad Hatta dikenal dengan sebutan Bung Hatta. "Bung" adalah panggilan sdapaan akrap kala perjuangan kemerdekaan . Sapaan ini menjadi akrab dikalangan pemuda. Begitu pula tokoh nasional ini menjadi akrab bersama rakyat . Karenanya ia pun disapa dengan sapaan "Bung !.
Duia tokoh ini berbeda pendidikan, Bung Karno menamatkan Sekolah Teknik Bandung (ITB) sedang Bung Hatta mengenyam pendidikan di Nederland (Belanda). Pendidikan Barat hampir sama dengan pendidikan di negeri Jajahan Belanda waktu itu. Dua tokoh ini sama-sama cerdas. Bung Hatta orang Padang, sedang Soekarno orang Surabaya (Orang tuanya di Blitar). Kedua tokoh ini memiliki perbedaan keunggulan. Bung Karno pandai berpidato dan padai memikat orang karena pidatonya. Sedang Bung hatta seorang yang tipe administratif. Ia sangat teliti, pekerja keras dan slalu memngerti apa-apa yang dikehendaki Bung Karno.
Teks proklamasi pun ditelitri dulu oleh Bung Hatta, karenanya pada teks asli ada coretan alat Bung Karno.
Bung Karno, dan Bung Hata disebut juga Dwi Tunggal era Kemerdekaan.
Sepanjang Indonesia merdelka hingga saat initak lepas dari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Dua tokoh Nusantara saat itu Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta merupakan proklamator negara Indonesia tercinta ini.
Ir Soekarno dikenal dengan sebutan Bung Karno, dan Drs. Muhammad Hatta dikenal dengan sebutan Bung Hatta. "Bung" adalah panggilan sdapaan akrap kala perjuangan kemerdekaan . Sapaan ini menjadi akrab dikalangan pemuda. Begitu pula tokoh nasional ini menjadi akrab bersama rakyat . Karenanya ia pun disapa dengan sapaan "Bung !.
Duia tokoh ini berbeda pendidikan, Bung Karno menamatkan Sekolah Teknik Bandung (ITB) sedang Bung Hatta mengenyam pendidikan di Nederland (Belanda). Pendidikan Barat hampir sama dengan pendidikan di negeri Jajahan Belanda waktu itu. Dua tokoh ini sama-sama cerdas. Bung Hatta orang Padang, sedang Soekarno orang Surabaya (Orang tuanya di Blitar). Kedua tokoh ini memiliki perbedaan keunggulan. Bung Karno pandai berpidato dan padai memikat orang karena pidatonya. Sedang Bung hatta seorang yang tipe administratif. Ia sangat teliti, pekerja keras dan slalu memngerti apa-apa yang dikehendaki Bung Karno.
Teks proklamasi pun ditelitri dulu oleh Bung Hatta, karenanya pada teks asli ada coretan alat Bung Karno.
Bung Karno, dan Bung Hata disebut juga Dwi Tunggal era Kemerdekaan.
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Zona Ekonomi Eklusif, Zona Internasional, Perbatasan (darat/laut)dengan negara lain.
Kompetensi ini patut diberikan pada siswa agar siswa mengenal luas wilayah negaranya. Konsep pemahaman batas wilayah bagi siswa sangat penting agar siswa dapat menatap negaranya dengan mamahami luas wilayah serta perbatasannya dengan negara lain.
Semakin tinggi tingkat kelas siswa maka semakin tinggi konsep materi kompetansi ini. Indikator lain dapat berupa visa, paspor, Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar , dan lain-lain. Guru dapat menentukan indikator sesuai dengan tingkat atau jenjang siswa.
Karakter Bangsa demikian merupakan cara pandang manusia Indonesia terhadap negaranya. Kelak dengan memahami wilayah Indonesia siswa tertanam jiwa kebangsaan dan cinta tanah air.
Kompetensi ini patut diberikan pada siswa agar siswa mengenal luas wilayah negaranya. Konsep pemahaman batas wilayah bagi siswa sangat penting agar siswa dapat menatap negaranya dengan mamahami luas wilayah serta perbatasannya dengan negara lain.
Semakin tinggi tingkat kelas siswa maka semakin tinggi konsep materi kompetansi ini. Indikator lain dapat berupa visa, paspor, Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar , dan lain-lain. Guru dapat menentukan indikator sesuai dengan tingkat atau jenjang siswa.
Karakter Bangsa demikian merupakan cara pandang manusia Indonesia terhadap negaranya. Kelak dengan memahami wilayah Indonesia siswa tertanam jiwa kebangsaan dan cinta tanah air.
Selasa, 02 Agustus 2011
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi :Mengenal Universitas Unggul di Indonesia
Nama universitas dio Indonesia yang menjadi tujuan belajar masyarakat dunia menjadi kebanggan kita. Oleh karena itu mutui universitasnya harus betul-betul terjamin. Di negara lain , universitas semacam ini menjadi daya tarik dan salah satu penanaman karakter bangsa. Untuk apa mahasiswa Indonesi berjar di luar negeri, America misalnya, di sebuah universitas yang mempelajari ekonomi yang bergengsi. Atau di Jerman di sekolah teknik di negara itu, atau di Cina, bahkan di Mesir dan India. Nama universitas di negara-negara itu sungguh termasyur mengiringi kemasyuran negaranya.
Kita punya Institut Teknologi Bandung, punya Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi surabaya, Atau Universitas Gajah Mada lembaga perguiruan tinggi ini memiliki ke khas-an yang tiada dimiliki oleh lembaga lain. Universitas-0universitas ini menjadi arah minat masyarakat dunia. Karena itu kita sebagai bangsa yang merasa memiliki universitas tersebut merasa bangga. Pemerintah harus menjaga mutu lembaga-lembaga ini dan meberikan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia yang mampu secara keilmuan untuk bersekolah di situ. Jika Indonesia membuka beasiswa kepada orang luar negeri untuk bersekolah di Indonesia kenapa putr-putri pribumi sulit bersekolah di universitas tersebut hanya karena hal biaya. Nah, dengan mengenal universitas-universitas kebanggan ini akan tumbuh kebanggan siswa terhadap negaranya.
Nama universitas dio Indonesia yang menjadi tujuan belajar masyarakat dunia menjadi kebanggan kita. Oleh karena itu mutui universitasnya harus betul-betul terjamin. Di negara lain , universitas semacam ini menjadi daya tarik dan salah satu penanaman karakter bangsa. Untuk apa mahasiswa Indonesi berjar di luar negeri, America misalnya, di sebuah universitas yang mempelajari ekonomi yang bergengsi. Atau di Jerman di sekolah teknik di negara itu, atau di Cina, bahkan di Mesir dan India. Nama universitas di negara-negara itu sungguh termasyur mengiringi kemasyuran negaranya.
Kita punya Institut Teknologi Bandung, punya Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi surabaya, Atau Universitas Gajah Mada lembaga perguiruan tinggi ini memiliki ke khas-an yang tiada dimiliki oleh lembaga lain. Universitas-0universitas ini menjadi arah minat masyarakat dunia. Karena itu kita sebagai bangsa yang merasa memiliki universitas tersebut merasa bangga. Pemerintah harus menjaga mutu lembaga-lembaga ini dan meberikan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia yang mampu secara keilmuan untuk bersekolah di situ. Jika Indonesia membuka beasiswa kepada orang luar negeri untuk bersekolah di Indonesia kenapa putr-putri pribumi sulit bersekolah di universitas tersebut hanya karena hal biaya. Nah, dengan mengenal universitas-universitas kebanggan ini akan tumbuh kebanggan siswa terhadap negaranya.
Senin, 01 Agustus 2011
NARASUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
N a m a : AGUS WARSONO, SPd.MSi.
Kantor : SDN Pasekan II,
UPTD Pendididikan Kec. Pasekan,
Dinas Pendidikan Kab. Indramayu
jl. Brawijaya No. 2
Desa/Kec. Pasekan Indramayu
Rumah : Jl. Alamanda Merah No. 6
Perumahan Citra Dharma Ayu ( cidhayu)
Margadadi Indramayu
kontak SMS : 082127773008
(hub. seminggu sebelum acara)
Spesialis : Pengintegrasian Pendidikan Karakter Bangsa.
Kantor : SDN Pasekan II,
UPTD Pendididikan Kec. Pasekan,
Dinas Pendidikan Kab. Indramayu
jl. Brawijaya No. 2
Desa/Kec. Pasekan Indramayu
Rumah : Jl. Alamanda Merah No. 6
Perumahan Citra Dharma Ayu ( cidhayu)
Margadadi Indramayu
kontak SMS : 082127773008
(hub. seminggu sebelum acara)
Spesialis : Pengintegrasian Pendidikan Karakter Bangsa.
Pendidiikan Karakter Bangsa bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
KOMPETENSI : MASYARAKAT DUNIA MENGENAL INDONESIA
Ada beberapa hal masyarakat dunia mengenal Indonesia . Yakni biasa menyebut dengan sesuatu yang telah populer di dunia yakni. Borobudur (yang merupakan 7 keajaiban dunia) , Bali. Namun sebetulnya banyak yang menjadi kebanggan kita namun masyarakat dunia belum sampai pada tingkat populer di dunia yakni Batik, Komodo, Angklung, Sasando, dan ukir asmat, danm keris.
Sesuatu yang menjadi kebanggan kita tak boleh susuk populer ini dapat menjadi kebanggan rakyat Indonesia. Dukungan sangat perlu dari pemerintah disamping pendidikan karakter bangsa dipelajari dari mulai sekolah dasar.
Sesuatu yang sdangat ironis apabila rakyat Indonesia sendiri tidak mengetahui sesuatu yang menjadi kebanggannya.
Ada beberapa hal masyarakat dunia mengenal Indonesia . Yakni biasa menyebut dengan sesuatu yang telah populer di dunia yakni. Borobudur (yang merupakan 7 keajaiban dunia) , Bali. Namun sebetulnya banyak yang menjadi kebanggan kita namun masyarakat dunia belum sampai pada tingkat populer di dunia yakni Batik, Komodo, Angklung, Sasando, dan ukir asmat, danm keris.
Sesuatu yang menjadi kebanggan kita tak boleh susuk populer ini dapat menjadi kebanggan rakyat Indonesia. Dukungan sangat perlu dari pemerintah disamping pendidikan karakter bangsa dipelajari dari mulai sekolah dasar.
Sesuatu yang sdangat ironis apabila rakyat Indonesia sendiri tidak mengetahui sesuatu yang menjadi kebanggannya.
Minggu, 31 Juli 2011
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi : Pemberian Penghargaan Nasional
Kompetensi ini mnerupakan bagian dari pemahaman siswa akan kebanggaan kepada putra atau lembaga penerima penghargaan Nasional yang dapat dijadikan contoh agar siswa memiliki semangat dan menteladani tokoh-tokoh penerima penghargaan nasional
Upakarti adalah penghargaan baghi seseorang yang bergelut di bidang wiraswasta dengan dapat membeikan lapangan pekerjaan kepada lingkungan sekitar.
Kalpataru adalah pemberian penghargaan nasional kepada mereka yang dengan sukarela dan tampa pamrih berjuang melestarikan, menyelamatkan, mengembangkan flora dan fauna nusantara sehingga flora dan fauna nusantara terselamatkan, menguntungkan, berkembang, lestari .
Mahaputra adalah pemberian penghargaan pada seseorang atas jasa-jasanya diukur dengan kapasitas secara nasional, memberikan, memberikan contoh teladan, menyumbangkan gagasan, pengabdian luar biasa, dan sebagainya.
Nama-nama penghargaan lain seperti, Adinegoro, Mahayana, Adhipura, Bintang Mahaputra, Guru Teladan, dan sebagainya.
Kompetensi ini mnerupakan bagian dari pemahaman siswa akan kebanggaan kepada putra atau lembaga penerima penghargaan Nasional yang dapat dijadikan contoh agar siswa memiliki semangat dan menteladani tokoh-tokoh penerima penghargaan nasional
Upakarti adalah penghargaan baghi seseorang yang bergelut di bidang wiraswasta dengan dapat membeikan lapangan pekerjaan kepada lingkungan sekitar.
Kalpataru adalah pemberian penghargaan nasional kepada mereka yang dengan sukarela dan tampa pamrih berjuang melestarikan, menyelamatkan, mengembangkan flora dan fauna nusantara sehingga flora dan fauna nusantara terselamatkan, menguntungkan, berkembang, lestari .
Mahaputra adalah pemberian penghargaan pada seseorang atas jasa-jasanya diukur dengan kapasitas secara nasional, memberikan, memberikan contoh teladan, menyumbangkan gagasan, pengabdian luar biasa, dan sebagainya.
Nama-nama penghargaan lain seperti, Adinegoro, Mahayana, Adhipura, Bintang Mahaputra, Guru Teladan, dan sebagainya.
Sabtu, 30 Juli 2011
Pendidikan Karakter Bangsa bersama Agus Warsono, SPd.MSi.
Kompetensi Prestasi Olah Raga Nasional
Salah satu kompetensi pembelajaran Pendidikan Karakter Bangsa adalah materi berupa prestasi olah raga nasional. Di bahasan ini prestasi olah raga merupakan bagian rasa penanaman kebanggan bangsa yang harus ditanamkan pada siswa.
Pembelajaran materi ini dengan mengupas sejarah prestasi olah raga, seperti prestasi bulu tangkis, sepak bola, tenis, balap sepeda, tinju, laricepat, dan sebagainya. Kenangan rasa lkebanggan di masa lalu dengan membuka sejarah prestasi olah raga diharapkan tumbuh rasa cinta terhadap negara ini.
Dulu sprinter Purnomo dikatakan manusia tercepat di Asia, lalu ada Tomas Americo di tinju, kemudian ada Sinyo supit, Yayuk Basuki, Rudy Hartono, Icuk Sugiarto, dan sebagainya.
Indonesia mencatat sejarah prestasi sepekbola tertinggi yakni sebagai juara klasifikasi Piala Dunia Asia Tenggara yang hanya satu langkah lagi dapat masuk Piala Dunia. Ketika itu Timnas sepakbola kita diasuh oleh pelatih pribumi yakni Sinyo Aliandu.
Kemudian Tomas Amirico meraih juara dunia kelas welter IBF juga dilatih oleh pelatih pribumi. Juga Yayuk Basuki hingga dapat emas Asian Games juga dilatih oleh pelatih asal pribumi.
Kejayaan Indonesia di bidang prestasi olah raga dapat dijadikan pemacu prestasi melalui pendidikan karakter bangsa.
Kegiatan pembelajkaran dapat membuka pengetahuan umum, buku pintar, gambar cabang olah raga, gambar atlit dsb. Materi inidapat diintegrasikan pada mnata pelajaran Pendidikan Jasmani (teori) , IPS, IPA, Matematika, maupuin Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Salah satu kompetensi pembelajaran Pendidikan Karakter Bangsa adalah materi berupa prestasi olah raga nasional. Di bahasan ini prestasi olah raga merupakan bagian rasa penanaman kebanggan bangsa yang harus ditanamkan pada siswa.
Pembelajaran materi ini dengan mengupas sejarah prestasi olah raga, seperti prestasi bulu tangkis, sepak bola, tenis, balap sepeda, tinju, laricepat, dan sebagainya. Kenangan rasa lkebanggan di masa lalu dengan membuka sejarah prestasi olah raga diharapkan tumbuh rasa cinta terhadap negara ini.
Dulu sprinter Purnomo dikatakan manusia tercepat di Asia, lalu ada Tomas Americo di tinju, kemudian ada Sinyo supit, Yayuk Basuki, Rudy Hartono, Icuk Sugiarto, dan sebagainya.
Indonesia mencatat sejarah prestasi sepekbola tertinggi yakni sebagai juara klasifikasi Piala Dunia Asia Tenggara yang hanya satu langkah lagi dapat masuk Piala Dunia. Ketika itu Timnas sepakbola kita diasuh oleh pelatih pribumi yakni Sinyo Aliandu.
Kemudian Tomas Amirico meraih juara dunia kelas welter IBF juga dilatih oleh pelatih pribumi. Juga Yayuk Basuki hingga dapat emas Asian Games juga dilatih oleh pelatih asal pribumi.
Kejayaan Indonesia di bidang prestasi olah raga dapat dijadikan pemacu prestasi melalui pendidikan karakter bangsa.
Kegiatan pembelajkaran dapat membuka pengetahuan umum, buku pintar, gambar cabang olah raga, gambar atlit dsb. Materi inidapat diintegrasikan pada mnata pelajaran Pendidikan Jasmani (teori) , IPS, IPA, Matematika, maupuin Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Jumat, 22 Juli 2011
KURIKULUM SEKOLAH HARUS DIBUAT DI AWAL TAHUN PELAJARAN
INDRAMAYU, 16 jULI 2011
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sekoplah dasar diharapkan telah siap di tahun pelajaran baru (2011/2012) ini. Demikian anjuran Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Drs. U'ud Suudy. Hal ini dikarenakan kurikulum merupakan dasar kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.
KTSP selanjutnya disebut Kurikulum Sekolah yang bersangkutan, setelah disyahkan oleh Kepala Sekolah, dengan mengetahui Komite, Pengawas, dan Kepala Dinas Pendidikan ( Kasi Kurikulum).
Untuk pelaksanaan mengembangan kurikulum telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan yang doilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab. Indramayu kepada para Kepala Sekolah Dasar sebelumnya. Penyusunannya , Kepala Sekolah dapat dengan membentuk tim pengembang di setiap sekolah.
Apabila para kepala sekolah merasa kekurangan sumber berkaitan dengan Kalender Pendidikan dan Kegiatan pendidikan sekolah dasar, maka dapat menghubungi dinas pendidikan kabupaten Indramayu. Begitu juga kegiatan penyusunan dapat memanfaatkan gugus sekolah.
Kurikulum juga menjadi dasar pengeluaran dana yang dikeluarkan oleh sekolah dalah hal pembelajaran, apakah terdapat dalam kurikulum sekolah atau tidak. Karena itu kurikulum menjadi sangat penting bagi sebuah sekolah.
Sekolah-sekolah dasar di kabupaten Indramayu telah mendapat informasi tersebut dari Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kab. Indramayu. Drs. U'ud Su'udy , sebagai kasi kurikulum sangat perhatian terhadap lembaga-lembaga sekoolah terutama dalam hal pembelajaran. Berkat perhatian yang serius ini, telah dicapat keberhasilan suksesnya Ujian Nasional Sekolah Dasar di Indramayu.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sekoplah dasar diharapkan telah siap di tahun pelajaran baru (2011/2012) ini. Demikian anjuran Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Drs. U'ud Suudy. Hal ini dikarenakan kurikulum merupakan dasar kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.
KTSP selanjutnya disebut Kurikulum Sekolah yang bersangkutan, setelah disyahkan oleh Kepala Sekolah, dengan mengetahui Komite, Pengawas, dan Kepala Dinas Pendidikan ( Kasi Kurikulum).
Untuk pelaksanaan mengembangan kurikulum telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan yang doilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab. Indramayu kepada para Kepala Sekolah Dasar sebelumnya. Penyusunannya , Kepala Sekolah dapat dengan membentuk tim pengembang di setiap sekolah.
Apabila para kepala sekolah merasa kekurangan sumber berkaitan dengan Kalender Pendidikan dan Kegiatan pendidikan sekolah dasar, maka dapat menghubungi dinas pendidikan kabupaten Indramayu. Begitu juga kegiatan penyusunan dapat memanfaatkan gugus sekolah.
Kurikulum juga menjadi dasar pengeluaran dana yang dikeluarkan oleh sekolah dalah hal pembelajaran, apakah terdapat dalam kurikulum sekolah atau tidak. Karena itu kurikulum menjadi sangat penting bagi sebuah sekolah.
Sekolah-sekolah dasar di kabupaten Indramayu telah mendapat informasi tersebut dari Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kab. Indramayu. Drs. U'ud Su'udy , sebagai kasi kurikulum sangat perhatian terhadap lembaga-lembaga sekoolah terutama dalam hal pembelajaran. Berkat perhatian yang serius ini, telah dicapat keberhasilan suksesnya Ujian Nasional Sekolah Dasar di Indramayu.
Selasa, 28 Juni 2011
KEBIJAKAN BBM NAIK: YANG MISKIN TETAP MISKIN
NEGARA APA INI? ORANG MISKIN GA BOLEH BERUBAH MEMPERBAIKI NASIBNYA?
1.
Demikian komentar seorang pedagang keliling yang tiap hari berkeliling menawarkan tempe produksi tradisionalnya. Bermula atas keinginan cita-citanya untuk merubah nasibnya agar rambahan jangkauan pemasaran lebih luas sampai ke luar kecamatan. Tak mungkin harus mengayuh sepeda. Karena itu ia mengumpulkan uang sehari sepuluh ribu rupiah dari hasil penjualan tempe setiap harinya. Ia pun tak juluk-muluk untuk membeli chas sepeda motor baru tetapi yang ia beli seken yang 50%. Namun belum lagi dagangan berkembang, harga BBM naik mencekik perut penjual tempe keliling itu. Katanya, Apakah kita tak boleh berubah? harus tetap miskin?
2.
Suatu hari seorang buruh nelayan ingin merubah nasib karena tuntutan keluarga. Ia ingin punya perahu untuk menangkap ikan di tepian laut. Ia membeli perahu kecil dari hasil menjaul tanah perarangan rumah. Agar ia tak lagi sebagai buruh nelayan yang diatur oleh majikan.Meski kecil tapi perahu sendiri katanya. Ikan yang didapat pun sebatas ikan kecil dan penghasilanpun kecil. Namun setelah BBM naik ia bingung. Perahu kecilnya tak lagi melaut, karena hasil ikannya tak cukup beli solar. Katanya benar kata majikannya, Orang miskin tetap miskin!
3.
Seorang tukang tambal ban mengeluh, penghasilannya yang pas-pasan harus dikurangi oleh harga BBM naik.Jadilah tambal bannya tutup. Pasalnya mesin disel untuk penyimpan tabung angin tak lagi bisa hidup karena mahalnya bensin. Kalau pake pompa tangan banyak konsumen yang enggan datang ke tempatnya karena kurang cepat pelayanan. Masa aku harus jadi gelandangan katanya, sambil memegang pompa tangan . Ia pun hanya menerima seribu rupiah untuk isi angin ban sepeda motor.
Sekelumit contoh diatas, tak usah di hiraukan oleh para pengambil kebijakan naiknya BBM yang tamak. Bukankah tak ada orang disebut kaya kalau tak ada porang miskin, jadi biarlah mereka miskin terus katanya...
1.
Demikian komentar seorang pedagang keliling yang tiap hari berkeliling menawarkan tempe produksi tradisionalnya. Bermula atas keinginan cita-citanya untuk merubah nasibnya agar rambahan jangkauan pemasaran lebih luas sampai ke luar kecamatan. Tak mungkin harus mengayuh sepeda. Karena itu ia mengumpulkan uang sehari sepuluh ribu rupiah dari hasil penjualan tempe setiap harinya. Ia pun tak juluk-muluk untuk membeli chas sepeda motor baru tetapi yang ia beli seken yang 50%. Namun belum lagi dagangan berkembang, harga BBM naik mencekik perut penjual tempe keliling itu. Katanya, Apakah kita tak boleh berubah? harus tetap miskin?
2.
Suatu hari seorang buruh nelayan ingin merubah nasib karena tuntutan keluarga. Ia ingin punya perahu untuk menangkap ikan di tepian laut. Ia membeli perahu kecil dari hasil menjaul tanah perarangan rumah. Agar ia tak lagi sebagai buruh nelayan yang diatur oleh majikan.Meski kecil tapi perahu sendiri katanya. Ikan yang didapat pun sebatas ikan kecil dan penghasilanpun kecil. Namun setelah BBM naik ia bingung. Perahu kecilnya tak lagi melaut, karena hasil ikannya tak cukup beli solar. Katanya benar kata majikannya, Orang miskin tetap miskin!
3.
Seorang tukang tambal ban mengeluh, penghasilannya yang pas-pasan harus dikurangi oleh harga BBM naik.Jadilah tambal bannya tutup. Pasalnya mesin disel untuk penyimpan tabung angin tak lagi bisa hidup karena mahalnya bensin. Kalau pake pompa tangan banyak konsumen yang enggan datang ke tempatnya karena kurang cepat pelayanan. Masa aku harus jadi gelandangan katanya, sambil memegang pompa tangan . Ia pun hanya menerima seribu rupiah untuk isi angin ban sepeda motor.
Sekelumit contoh diatas, tak usah di hiraukan oleh para pengambil kebijakan naiknya BBM yang tamak. Bukankah tak ada orang disebut kaya kalau tak ada porang miskin, jadi biarlah mereka miskin terus katanya...
Rabu, 22 Juni 2011
INDRAMAYU BUTUH SMP NEGERI YANG BETUL-BETUL GRATIS, ANGKA MELANJUTKA TINGGI TAPI SETELAH ITU SISWA TAK MASUK SEKOLAH KARENA HARUS BELI BUKU
INDRAMAYU, angka melanjutkan dari SD ke SMPN sangat tinggi, bahkan hampi seratus prosen, tapi guru sekolah dasar mengharapkan di tahun pelajaran 2011/2012 yad. siswa kelas 7 baru, tidak dibebani biaya yang tinggi untuk pembelian buku atau uang gedung. Meski buku pelajaran guna pegangan sebagai pengayaan siswa merupakan tanggung jawab orang tua siswa, tapi dapat merupakan beban siswa tidak mampu.
Banyak SMPN menawarkan penerimaan siswa baru dengan menyebut tidak memungut uang gedung, DSP bulanan, uang pendaftaran, namun ketika anak-anak duduk di SMP negeri selang beberapa bulan mulailah pihak sekolah menjual buku melalui koperasi sekolah, meski tidak merupakan keharusan tatapi berdampak pada psikologis siswa tidak mampu. Jadilah tak jarang siswa tidak berangkat-berangkat sekolah dan akhirnuya terancam DO.
Kejadian yang klasik ini, perlu dikaji agar pemerintah memperhatikan pada siswa tidak mampu di awal tahun pelajaran.
Jika dimungkinkan minimal di setiap kemcamatan memiliki sekolah negeri yang betul-betul menyelenggrakan sekolah gratis. Namun ini berlawanan dengan konsep umum bahwa "pendidikan itu mahal", atau konsep umum lainnya "tak ada yang tidak pakai uang". Kedua konsep umum ini memang ada benarnya, namun penduduk Indonesia itu heterogen, tak bisa dikatakan mampu semuanya. Bukankah tak ada orang disebut kaya jika tak ada orang miskin, tak ada orang disebut mampu jika tak ada orang tidak mampu. Indi berarti ada diantara saudara kita yang sangat membutuhkan.
Jika demikian tidaklah harus dipukul rata semua siswa baru SMP. Apalagi sampai melakukan tindakaan tegas bahwa kalau mau sekolah di sini harus menanggung resikonya.
Dialektika ini diharapkan dapat direspon oleh pemerintah agar memberi perhatian kepada siswa dari keluarga tidak mampu.
Kegairahan masyarakat yang tinggi disebabkan oleh semangat pemerintah kabupaten indramayu untuk memajukan pendidikan masyarakat tentu harus di upayakan berbagai hambatan seperti siswa baru dari keluarga tidak mampu. Mudah-mudahan tahun pelajaran 2011/2012 ini saudara-saudara kita yang tidak mampu dapat duduk tenang belajar di sekolah. Tentu ada kearifan diantara praktisi pendidikan.
Banyak SMPN menawarkan penerimaan siswa baru dengan menyebut tidak memungut uang gedung, DSP bulanan, uang pendaftaran, namun ketika anak-anak duduk di SMP negeri selang beberapa bulan mulailah pihak sekolah menjual buku melalui koperasi sekolah, meski tidak merupakan keharusan tatapi berdampak pada psikologis siswa tidak mampu. Jadilah tak jarang siswa tidak berangkat-berangkat sekolah dan akhirnuya terancam DO.
Kejadian yang klasik ini, perlu dikaji agar pemerintah memperhatikan pada siswa tidak mampu di awal tahun pelajaran.
Jika dimungkinkan minimal di setiap kemcamatan memiliki sekolah negeri yang betul-betul menyelenggrakan sekolah gratis. Namun ini berlawanan dengan konsep umum bahwa "pendidikan itu mahal", atau konsep umum lainnya "tak ada yang tidak pakai uang". Kedua konsep umum ini memang ada benarnya, namun penduduk Indonesia itu heterogen, tak bisa dikatakan mampu semuanya. Bukankah tak ada orang disebut kaya jika tak ada orang miskin, tak ada orang disebut mampu jika tak ada orang tidak mampu. Indi berarti ada diantara saudara kita yang sangat membutuhkan.
Jika demikian tidaklah harus dipukul rata semua siswa baru SMP. Apalagi sampai melakukan tindakaan tegas bahwa kalau mau sekolah di sini harus menanggung resikonya.
Dialektika ini diharapkan dapat direspon oleh pemerintah agar memberi perhatian kepada siswa dari keluarga tidak mampu.
Kegairahan masyarakat yang tinggi disebabkan oleh semangat pemerintah kabupaten indramayu untuk memajukan pendidikan masyarakat tentu harus di upayakan berbagai hambatan seperti siswa baru dari keluarga tidak mampu. Mudah-mudahan tahun pelajaran 2011/2012 ini saudara-saudara kita yang tidak mampu dapat duduk tenang belajar di sekolah. Tentu ada kearifan diantara praktisi pendidikan.
Langganan:
Postingan (Atom)