Jumat, 13 Februari 2015

OLIMPIADE IPA SD TH 2015 soal paket C

SOAL ISIAN SINGKAT

1. Untuk memutus siklus hidup nyamuk demam berdarah, apa yang sebaiknya dilakukan
untuk memberantas sarang-sarang nyamuk di bak mandi?

2. Tuliskan 3 kemungkinan yang terjadi bila kawat listrik dari kutub positif baterai dengan
kawat listrik dari kutub negatif baterei yang sama bersentuhan!
 

3. Kalian tentu menyukai coklat berisi kacang mede atau almond. Jika coklat tersebut kalian
genggam erat agak lama maka coklat tersebut menjadi lembek. Jelaskan mengapa hal itu
terjadi!

4. Saat pagi hari kalian melihat embun di dedaunan atau rerumputan. Ketika matahari mulai
tampak, embun tersebut lambat laun akan menghilang. Tuliskan peristiwa perubahan
wujud yang terjadi pada embun dan penyebabnya (dua saja)!

5. Rumah yang diberi lantai keramik tentu sangat indah. Kalian mungkin pernah melihat
keramik yang lepas atau terangkat dari lantainya. Jelaskan mengapa hal ini terjadi!
BACAAN BERIKUT UNTUK SOAL NO. 6 – 8
Air sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Para astronot dan pesawat ruang angkasa
menjelajah alam semesta akan sangat tertarik jika di luar angkasa ada tanda-tanda keberadaan
air. Kita harus bersyukur kepada Yang Maha Kuasa, karena di bumi telah tersedia air yang
melimpah untuk kita. Pemakaian air secara hemat dan menjaga kelestarian alam agar air tetap
terjaga merupakan hal yang amat penting.

6. Sebutkan enam jenis pemanfaatan air oleh manusia!

7. Air dapat dialirkan dari tempat yang lebih rendah ke tempat yang lebih tinggi (ke atas)
melalui beberapa prinsip:
- air dapat naik sampai daun pada pohon yang tinggi dengan cara .... (a)
- air dapat naik sampai tingkat atas pada gedung yang tinggi. Prinsip yang digunakan
adalah .... (b)
- Air dapat naik dalam pipa kapiler yang amat kecil, karena .... (c)

8. Air yang terkena sinar matahari akan berubah menjadi ............ (a) dan naik ke atas,
karena ............ (b) dan terkumpul menjadi ............ (c) yang akan bergerak disebabkan
oleh ............ (d) sampai pada daerah yang dingin. Kemudian berubah menjadi ............ (e)
dan menjadi ............ (f) yang jatuh turun ke bumi karena dipengaruhi oleh ............ (g)

OLIMPIADE MATEMATIKA SD TH. 2015 , soal paket B

SOAL PILIHAN GANDA DENGAN LEBIH DARI SATU JAWABAN BENAR
1. Negara Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng tektonik aktif yang memunculkan
gunung api, sumber gempa dan morfologi perbukitan. Kondisi demikian menyebabkan
Indonesia rawan terhadap bencana geologi. Termasuk contoh bencana geologi adalah:
a. letusan gunung api
b. kebakaran hutan
c. gempa bumi
d. Tsunami
e. gerakan tanah

2. Pemberantasan penyakit demam berdarah di antaranya adalah dengan memberantas
sarang-sarang nyamuk di air bersih yang menggenang. Di tempat-tempat tersebut
nyamuk berada pada fase kehidupan:
a. nyamuk dewasa
b. telur
c. larva
d. kepompong
e. kepompong dan telur
MENJODOHKAN
Jodohkan jawaban yang cocok untuk kolom di sebelah kiri. Jawablah dengan
menuliskan abjadnya saja di dalam kurung yang sudah disediakan ( ).

3.
1. Kekuatan gempa bumi adalah besarnya energi akibat
gempa bumi dinyatakan dalam skala ( ... )
2. Alat pengukur getaran gempa bumi adalah ( ... )
3. Hasil catatan getaran gempa bumi disebut ( ... )
a. Decibel
b. Seismogram
c. Richter
d. Fahrenheit
e. Kelvin
f. Seismometer
g. Seismograf

4.
1. Penguapan air yang dimasak pada panci terbuka
lebih cepat terjadi di daerah pegunungan daripada di
daerah pantai. Dalam hal ini, faktor yang
mempercepat penguapan air adalah ( ... )
2. Jika kita menuangkan air teh panas dari gelas ke
dalam piring maka penguapan lebih cepat terjadi.
Faktor yang mempercepat penguapan air adalah ( ... )
3. Menjemur pakaian basah di tempat yang panas dan
mendapat cukup banyak angin akan lebih cepat
kering. Faktor yang mempercepat penguapan air
adalah ( ... ) dan ( ... )
a. memanaskan zat cair
b. meniupkan udara di
atas permukaan zat
cair
c. mengurangi tekanan
pada permukaan zat
cair
d. memperluas
permukaan zat cair

SOAL OLIMPIADE IPA TINGKAT SD TH 2015 soal paket A

SOAL PILIHAN GANDA
1. Satelit komunikasi seperti satelit Palapa menempati orbit geostationer yang ketinggiannya
sekitar 36 000 km di atas permukaan bumi. Pada orbit geostasioner satelit tersebut seolah
tidak bergerak (seperti menggantung) jika diamati di bumi. Berdasarkan sifat ini maka kita
dapat mendefinisikan orbit geostasioner sebagai:
a. orbit dengan periode revolusi sama dengan periode revolusi bumi
b. orbit dengan periode revolusi sama dengan periode rotasi bumi
c. orbit dengan periode revolusi sama dengan satu jam
d. orbit dengan periode revolusi sama dengan satu bulan
e. orbit dengan periode revolusi sama dengan satu tahun
2. Ketika kalian memandang kaca spion pada mobil, kalian akan melihat bayangan benda di
belakang mobil yang mempunyai sifat:
a. nyata dan lebih besar dari bendanya
b. nyata dan lebih kecil dari bendanya
c. nyata dan sama besar dengan bendanya
d. maya dan lebih kecil dari bendanya
e. maya dan lebih besar dari bendanya
3. Sebagian besar permukaan bumi tertutup oleh air yang disebut hidrosfer. Persentase
terbesar unsur dalam hidrosfer adalah:
a. nitrogen
b. oksigen
c. hidrogen
d. helium
e. karbon dioksida
4. Batubara adalah batuan organik yang telah terbentuk dari tanaman-tanaman mati yang
tertimbun dalam rawa-rawa purba. Tingkat akhir bentuk batubara dikenal sebagai:
a. kalsit
b. lignit
c. antrasit
d. bituminus
e. gambut
5. There are some processes that form a kind of rocks. Rocks formed by the cooling and
hardening of magma or lava are called:
a. sedimentary
b. igneous
c. organic
d. metamorphic
e. clastic
6. Dalam revolusinya Bulan selalu menampakkan muka yang sama terhadap Bumi, berarti:
a. Bulan berotasi pada sumbunya dengan perioda rotasi lebih besar dari perioda
revolusinya
b. Bulan berotasi pada sumbunya dengan perioda rotasi lebih kecil dari perioda
revolusinya
c. Bulan berotasi pada sumbunya dengan perioda rotasi sama dengan perioda revolusinya
d. Bulan berotasi pada sumbunya dengan perioda rotasi sama dengan perioda rotasi Bumi
e. Bulan berotasi pada sumbunya dengan perioda rotasi sama dengan perioda revolusi
Bumi
7. Cahaya terdiri atas spektrum yang memiliki panjang gelombang berbeda-beda. Karena
adanya spektrum inilah maka dapat terbentuk pelangi. Urutan spektrum cahaya berikut ini
mulai dari yang memiliki panjang gelombang besar adalah:
a. merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu
b. ungu, biru, hijau, kuning, jingga, merah
c. ungu, merah, hijau, kuning, jingga, biru
d. biru, ungu, kuning, hijau, jingga, merah
e. merah, ungu, hijau kuning, jingga, biru
8. Urutkan kalimat berikut ini sehingga membentuk paragraf yang menjelaskan proses melihat
atau tidak melihat!
i. oleh karena itu mata tidak melihat benda
ii. cahaya yang datang dari permukaan benda diterima oleh mata
iii. cahaya datang di permukaan benda
iv. karena tidak ada cahaya
v. permukaan benda memantulkan cahaya yang datang
vi. tidak ada yang dipantulkan
a. i-ii-iii-iv-v-vi
b. ii-i-iv-v-iii-vi
c. iii-v-ii-iv-vi-i
d. v-vi-i-ii-iv-iii
e. vi-ii-iv-iii-v-i
9. Berdasarkan penggalan berikut ini (i sampai v), urutkan struktur bumi dari luar sampai
dalam!
i. lapisan mantel bumi
ii. lapisan inti bumi luar
iii. lapisan kerak bumi
iv. lapisan atmosfer
v. lapisan inti bumi dalam
a. i-ii-iii-iv-v
b. iv-i-iii-ii-v
c. iv-iii-i-ii-v
d. iv-ii-iii-i-v
e. iv-ii-v-i-iii
10. Saat ini harga minyak bumi sangat tinggi. Karena itu penggunaan energi alternatif harus
digalakkan. Sumber energi yang digolongkan sebagai sumber energi alternatif adalah:
a. air dan gas
b. air dan matahari
c. gas dan batubara
d. gas dan matahari
e. air, batubara, dan matahari
11. Pada saat kita bernapas maka udara akan masuk ke dalam tubuh kita dengan jalur:
a. hidung-trakea-larinks-bronkus-bronkiolus-pembuluh darah
b. hidung- larinks -trakea-bronkus-bronkiolus-pembuluh darah
c. hidung- larinks -trakea-bronkiolus-bronkus-pembuluh darah
d. hidung-trakea- larinks -bronkiolus-bronkus-pembuluh darah
e. hidung- bronkiolus-trakea- larinks - bronkus-pembuluh darah
12. Pengujian zat hasil fotosintesis pada tanaman dapat dilakukan dengan bantuan larutan:
a. metanol
b. alkohol
c. amilum
d. yodium
e. gula
13. Pada saat kita merasa lapar, tangan kita akan segera mengambil makanan. Saraf yang
berperan menyampaikan perintah otak ke tangan untuk mengambil makanan adalah:
a. saraf motorik
b. saraf sensorik
c. saraf pusat
d. saraf parasimpatik
e. saraf simpatik
14. Jamur kuping yang tumbuh di permukaan batang kayu yang sudah mati berperan sebagai:
a. produsen
b. konsumen tingkat I
c. konsumen tingkat II
d. pengurai
e. konsumen tingkat III
15. Pada tanaman tingkat tinggi, amilum yang dihasilkan dari fotosintesis dapat diproduksi
dengan bantuan:
a. kromofil, air, oksigen dan sinar matahari
b. klorofil, air, karbon monoksida dan sinar matahari
c. klorofil, air, karbon dioksida dan sinar matahari
d. kromofil, air, karbon dioksida dan sinar matahari
e. klorofil, karbon dioksida dan sinar matahari
16. Berikut ini adalah hewan yang bernafas dengan stigma:
a. laba-laba, jangkrik, semut
b. ular, laron, capung
c. cacing, kupu-kupu, kaki seribu
d. lalat, belalang, kecoa
e. udang, kepiting, lipan
17. Pada tumbuhan dikotil radikula atau akar embrio akan tumbuh terus menjadi akar tunggang,
tetapi pada tumbuhan monokotil radikula tidak tumbuh lagi, sehingga yang akan
berkembang adalah akar serabut. Tanaman di bawah ini yang tidak mempunyai akar
tunggang adalah:
a. pisang
b. mangga
c. kacang tanah
d. kedelai
e. rambutan
18. Untuk mempertahankan keberadaannya di alam, tumbuhan berkembang biak secara
seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif). Beberapa contoh perkembangbiakan di
bawah ini adalah secara vegetatif, kecuali:
a. cangkok
b. setek
c. merunduk
d. pembentukan tunas
e. pembentukan biji
19. Manusia dimasukkan dalam kelompok makhluk hidup bertulang belakang. Beberapa jenis
hewan lain tidak dapat dimasukkan dalam kelompok tersebut, misalnya:
a. katak
b. kaki seribu
c. ular
d. belut
e. cicak
20. Makanan empat sehat lima sempurna adalah makanan dengan kandungan nutrisi lengkap
yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila anak-anak terlalu banyak mengkonsumsi makanan
jajanan, misalnya: mi instan, kripik kentang, kripik jagung, tanpa diimbangi makanan kaya
gizi lainnya, maka mereka akan kekurangan zat:
a. protein, karbohidrat, lemak, vitamin
b. protein, lemak, vitamin, mineral
c. lemak, karbohidrat, vitamin, mineral
d. lemak, protein, mineral
e. protein, vitamin, mineral
21. Beberapa jenis tumbuhan mampu berfotosintesis tetapi tidak mampu menyerap air dari
tanah, tetapi ada jenis tumbuhan yang sepenuhnya bergantung pada inang, misalnya:
a. anggrek
b. sirih
c. tali putri
d. paku sarang burung
e. lumut

Olimpiade IPA, wawasan guru



Mengapa kertas putih berubah jadi kuning?

Kita tentunya pernah menyimpan kertas atau buku di dalam lemari atau rak, bukan? Kertas dan buku yang baru kita beli warnanya tampak putih cerah. Namun, setelah beberapa bulan warna putih cerah dari kertas tersebut akan berubah menjadi kuning. Pertanyaannya, mengapa kertas yang semula putih lama kelamaan akan berubah menjadi kuning? Berikut penjelasannya.
 Sebuah penelitian Mosca Conte dari Universita di Roma Tor Vergata yang diberikan http://sains.kompas.com/ menyatakan bahwa kertas terdiri atas 90 persen selulosa. Seiring waktu, bahan penyusun dinding sel tumbuhan itu teroksidasi. Menurut Conte, oksidasi mampu mengubah susunan beragam molekul dan mengubahnya menjadi sesuatu yang disebut chromophores, yang menyerap cahaya. Kertas terlihat putih karena memantulkan semua cahaya. Kertas tua memantulkan cahaya dalam panjang gelombang tertentu, yang menbuatnya terlihat kuning. Hasil studi ini memungkinkan pihak terkait melakukan langkah memelihara kertas, dan bahkan memutihkan teks dan kesenian tua.

Penelitian ini menggunakan tiga sampel yang tak diputihkan. Kertas tersebut dimasukkan dalam reaktor dengan kondisi mirip kondisi lingkungan selama 48 hari. Peneliti kemudian membandingkan kertas tersebut dengan tiga kertas bertulisan yang berasal dari abad ke-15. Teknik ini memungkinkan peneliti mengungkap apa penyebab perubahan warna kertas. Hasil riset dipublikasikan di jurnal Physical Review Letters.

Olimpiade IPA, wawasan guru



 Asal mula batubara


Batu bara adalah sisa tumbuhan dari jaman prasejarah yang berubah bentuk yang awalnya berakumulasi di rawa dan lahan gambut. Penimbunan lanau dan sedimen lainnya, bersama dengan pergeseran kerak bumi (dikenal sebagai pergeseran tektonik) mengubur rawa dan gambut yang seringkali sampai ke kedalaman yang sangat dalam. Dengan penimbunan tersebut, material tumbuhan tersebut terkena suhu dan tekanan yang tinggi. Suhu dan tekanan yang tinggi tersebut menyebabkan tumbuhan tersebut mengalami proses perubahan fisika dan kimiawi dan mengubah tumbuhan tersebut menjadi gambut dan kemudian batu bara.

Pembentukan batubara dimulai sejak Carboniferous Period (Periode Pembentukan Karbon atau Batu Bara) – dikenal sebagai zaman batu bara pertama – yang berlangsung antara 360 juta sampai 290 juta tahun yang lalu. Mutu dari setiap endapan batu bara ditentukan oleh suhu dan tekanan serta lama waktu pembentukan, yang disebut sebagai ‘maturitas organik’. Proses awalnya gambut berubah menjadi lignite (batu bara muda) atau ‘brown coal (batu bara coklat)’ – Ini adalah batu bara dengan jenis maturitas organik rendah. Dibandingkan dengan batu bara jenis lainnya, batu bara muda agak lembut dan warnanya bervariasi dari hitam pekat sampai kecoklat-coklatan.
Mendapat pengaruh suhu dan tekanan yang terus menerus selama jutaan tahun, batu bara muda mengalami perubahan yang secara bertahap menambah maturitas organiknya dan mengubah batubara muda menjadi batu bara ‘sub-bitumen’.Perubahan kimiawi dan fisika terus berlangsung hingga batu bara menjadi lebih keras dan warnanya lebh hitam dan membentuk ‘bitumen’ atau ‘antrasit’. Dalam kondisi yang tepat, penigkatan maturitas organik yang semakin tinggi terus berlangsung hingga membentuk antrasit.

Jenis-jenis Batu Bara
Tingkat perubahan yang dialami batu bara, dari gambut sampai menjadi antrasit – disebut sebagai pengarangan – memiliki hubungan yang penting dan hubungan tersebut disebut sebagai ‘tingkat mutu’ batu bara.
  1. Batubara dengan mutu yang rendah, seperti batubara muda dan sub-bitumen yang biasanya lebih lembut dengan materi yang rapuh dan berwarna suram seperti tanah. Baru bara muda memilih tingkat kelembaban yang tinggi dan kandungan karbon yang rendah, dan dengan demikian kandungan energinya rendah.
  2. Batubara dengan mutu yang lebih tinggi umumnya lebih keras dan kuat dan seringkali berwarna hitam cemerlang seperti kaca. Contohnya adalah batubara bitumen dan antrasit. Batubara dengan mutu yang lebih tinggi memiliki kandungan karbon yang lebih banyak, tingkat kelembaban yang lebih rendah dan menghasilkan energi yang lebih banyak. Antrasit adalah batubara dengan mutu yang paling baik dan dengan demikian memiliki kandungan karbon dan energi yang lebih tinggi serta tingkat kelembaban yang lebih rendah

Manfaat Batubara
Batu bara memiliki berbagai penggunaan yang penting di seluruh dunia. Penggunan yang paling penting adalah untuk :
  1. bahan bakar pembangkit  listrik
  2. produksi besi dan baja
  3. bahan bakar pembuatan semen
  4. bahan bakar cair.
  5. Penggunaan batu bara yang penting lainnya mencakup pusat pengolahan alumina, pabrik kertas, dan industri kimia serta farmasi. Beberapa produk kimia dapat diproduksi dari hasil-hasil sampingan batubara. Ter batu bara yang dimurnikan digunakan dalam pembuatan bahan kimia seperti minyak kreosot, naftalen, fenol dan benzene. Gas amoniak yang diambil dari tungku kokas digunakan untuk membuat garam amoniak, asam nitrat dan pupuk tanaman. Ribuan produk yang berbeda memiliki komponen batu bara atau hasil sampingan batu bara:sabun, aspirin, zat pelarut, pewarna, plastik dan fiber, seperti rayon dan nylon.
  6. Batu bara juga merupakan suatu bahan yang penting dalam pembuatan produk-produk tertentu:
  • Karbon teraktivasi – digunakan pada saringan air dan pembersih udara serta mesin pencuci darah.
  • Serat karbon – bahan pengeras yang sangat kuat namun ringan yang digunakan pada konstruksi, sepeda gunung dan raket tenis.
  • Metal silikon – digunakan untuk memproduksi silikon dan silan, yang pada gilirannya digunakan untuk membuat pelumas, bahan kedap air, resin, kosmetik, shampo dan pasta gigi.

Olimpiade IPA, wawasan guru




Mengapa mobil yang menuruni bukit bisa mundur ke belakang jika mesinnya mati?

Secara logika, jika sebuah mobil menuruni sebuah bukit tentu mobil tersebut akan dengan mudah berjalan ke depan. Jika mesinnya dimatikan atau gasnya tidak di tekan juga dengan sendirinya mobil akan berjalan maju ke depan menuruni bukit. Akan tetapi, mengapa mobil malah berjalan mundur padahal jalannya menurun? Tidak masuk akal kan? Kalau jalannya menanjak jelas bisa di nalar secara logika, mobil bisa berjalan mundur dengan sendirinya.

Benarkah ada medan magnet yang menariknya? Tentu saja tidak, karena jika ada medan magnet pastilah benda-benda besi yang ada di perbukitan tersebut akan ikut tertarik. Lalu mengapa?
Jalan yang dilewati itu sebenarnya menanjak meskipun kelihatan menurun. Hal Ini disebabkan oleh organ keseimbangan yang memberikan informasi salah pada otak kita akibat keterbatasan kemampuan alat indera kita. Ketika menuruni suatu bukit untuk waktu yang cukup lama, kita akan merasa sedang menanjak jika kemiringan bukit tiba-tiba berkurang. Jadi, bukit tersebut sebenarnya menanjak tetapi kelihatan menurun.

Olimpiade IPA SD, wawasan guru





 Bunga sepatu memiliki nama latin (ilmiah) Hibiscus rosa-sinensis L. Ternyata, bunga sepatu bentuknya tidak mirip dengan sepatu. Bunga sepatu memiliki warna yang bermacam-macam seperti merah, putih, dan kuning. Bunga sepatu biasanya ditanam di taman-taman atau digunakan sebagai pagar rumah.

Nah, pertanyaannya pernahkah kita melihat buah atau biji dari tanaman bunga sepatu ini? Hayo siapa yang pernah melihatnya? Tentu saja kita tidak akan melihatnya karena memang tanaman ini tidak bisa menghasilkan buah atau biji. Ada beberapa kemungkinan penyebab bunga ini tidak berbuah dan tidak berbiji yaitu :

  1. Kepala putiknya lebih tinggi dari kepala sari sehingga serbuk sari tidak bisa sampai di kepala putik (tidak mengalami penyerbukan).
  2. Benangsariya tidak dapat menghasilkan sel kelamin jantan.
  3. Sel kelamin jantan tidak sampai di bakal buah sehingga tidak terjadi pembuahan.

Olimpiade IPA SD

  1. Jalan di pegunungan di buat berkelok-kelok. Hal ini dibuat menggunakan prinsip ....
  2. Perpindahan panas yang terjadi pada proses memasak air adalah ....
  3. Pada pemasangan rel kereta api, antar sambungannya dibuat ada celah yang cukup renggang. Hal ini bertujuan untuk ....

Olimpiade IPA SD

Sebuah botol diisi air dan diletakan di dalam baskom air dengan posisi seperti terlihat pada gambar di bawah.
 

Jika sepertiga volume air dihisap melalui sedotan, apa yang akan tejadi dengan permukaan air P dan Q ?
A Permukaan Air (P) Turun dan Permukaan Air (Q) Tetap
B Permukaan Air (P) Turun dan Permukaan Air (Q) Turun
C Permukaan Air (P) Tetap dan Permukaan Air (Q) Turun
D Permukaan Air (P) Tetap dan Permukaan Air (Q) Tetap
Upaya untuk mencegah dampak negatif yang diperkirakan akan terjadi akibat adanya suatu bencana alam atau suatu kegiatan manusia merupakan pengertian dari … .
A. reboisasi
B. mitigasi
C. rehabilitasi
D. reklamasi

Olimpiade IPA SD

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda berdasarkan posisinya. Jika seseorang menendang bola dengan sudut tendangannya adalah θ maka bola tersebut akan bergerak membentuk lintasan parabola seperti diperlihatkan pada gambar dibawah ini. Diposisi manakah bola tersebut akan memiliki energi potensial terbesar?

Anggota tata surya berikut memiliki satelit alami, kecuali …
A. Bumi
B. Mars
C. Jupiter
D. Saturnus
E. Uranus

Indonesia butuh pemuda yang pandai berinovasi

Kurikulum pendidikan menentukan posisi bangsa di kancah dunia. Karena itu, desainnya pun harus mampu menonjolkan kekuatan bangsa.
Perwakilan dari United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF), Nabendra Dahal, menilai, dalam 10-15 tahun ke depan, Indonesia akan menjadi negara kaya. Itu sebabnya, mendidik generasi muda adalah soal mindset.
"Misalnya, guna mendidik pebisnis muda, maka kita harus menggunakan mindset 'kaya'. Jangan sampai Indonesia terjebak sebagai negara dengan penghasilan rendah, tetapi berusahalah untuk berkembang menjadi negara yang bisa berpenghasilan tinggi," ungkap Dahal, usai penandatanganan kerjasama dengan UNICEF di kantor Tanoto Foundation, Jakarta, Kamis (12/2/2015).
Di sisi lain, Dahal mengkritik belum maksimalnya pendidikan di Indonesia. Seharusnya, pendidikan dapat menjadi wadah menciptakan anak-anak berkualitas.
Desain pendidikan, kata Dahal, idealnya dibentuk sebagai sarana pemberdayaan manusia. Selain itu, kita juga butuh kurikulum yang bisa meningkatkan kreativitas anak.
"Indonesia butuh pemuda yang pandai berinovasi,"

Rabu, 11 Februari 2015

Batu Indonesia yang sudah jelas ribuan tahun usianya . Kekayaan Intonesia tiada tara , Borobudur dan Prambanan monumen nasional

 Foto Rg Bagus warsono
Foto RG Bagus warsono

Buruf baku , huruf lepas dan huruf bersambung , Direktorat jendral Pendidikan dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 094/C/Kep/I.83 tanggal 7 Juni 1983

   Buruf baku , huruf lepas dan huruf bersambung , Direktorat jendral Pendidikan
   dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan  No. 094/C/Kep/I.83 tanggal 7 Juni 1983
                                                                 



abcdefghijklmn
opqrstuvwxyz.,

ABCDEFGHIJK
LMNOPQRST
UVWXYZ.,


Minggu, 08 Februari 2015

CUT ONLY works my finger, Rg Bagus Warsono



CUT ONLY works  my finger,  Rg Bagus  Warsono

Sweetie Finger Cut Only,
Perhaps in two hands,
and flavorful vegetable soup typical archipelago,
dedicate to the noble lord,
the statement stamped million,
because that six thousand still be deceived,
and I present witnesses hundred monks,
bold witness because if a hundred million,
Mr. no hangman muntilasi,
firing means waiting,
the death penalty means waiting repentance,
confinement means hiding,
appeal means adding sustenance,
be in two hands,
with a bowl of broth,
Cut my finger alone,
without publication,
because all are sure to land a soup bone,
and there c.c.t.v. as a witness last night,
that there is no picture for evening,
dark color although the new battery,
that looks just blood,
blackened cover all the screen,
cause the judge's conviction,
no effect if there is no ring finger,
you are free to unconditionally ..............................,
Cut my finger just said.,
Indramayu, October 23, 2013

Kompetensi Guru , Problem Penerapan Kurtilas

Sekolah yang telah memberlakukan Kurikulum 2013 selama tiga semester, dinilainya sudah tidak memiliki masalah lagi terkait dengan pelaksanaannya. Namun sekolah yang merasa masih belum siap melaksanakan kurikulum baru itu, maka mereka bisa kembali menggunakan Kurikulum 2006.
Sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013, bisa melaporkan ke Kemendikbud agar dapat tercatat di Data Pokok Pendidikan Siswa. Sampai saat ini, sekolah yang sudah melaksanakan kurikulum baru itu sekitar 16.000 sekolah. Dari sejumlah itu, 622 sekolah ditunjuk Kemendikbud, namun sekitar 10.000 sekolah dari mulai SD-SMA termasuk yang menjalankannya secara mandiri.
Dengan demikian, simpulnya, sisanya masih menggunakan Kurikulum 2006 alias masih menggunakan kurikulum lama.
Demi mencapai target penggunaan Kurikulum 2013 untuk semua sekolah pada 2018, kata Ramon, maka guru harus disiapkan. Problem dalam pelaksanaan kurikulum baru itu diakui terutama ada pada kompetensi guru. Dia yakin dari sisi infrastruktur, mestinya tak mampu menghalangi penerapan kurikulum baru itu.
 Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ramon Mohandas mengatakan untuk sekolah yang sudah memberlakukan Kurikulum 2013 selama tiga semester, maka boleh terus melanjutkan memberlakukan kurikulum baru itu. “Namun untuk sekolah yang masih memberlakukan kurikulum selama satu semester, maka akan kembali menggunakan Kurikulum 2006.

Sabtu, 07 Februari 2015

Buku Tegak Bersambung sambut Kembali Ke Kurikulum 2006



Agus warsono, SPd.MSi.

Carlisku
Lancar Menulis Baku

Ejaan Bahasa Indonesia yang Benar
Huruf tegak bersambung , Direktorat jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan  No. 094/C/Kep/I.83 tanggal 7 Juni 1983






Untuk Siswa Kelas II
Sekolah Dasar
Semester 2
Kurikulum 2006 (KTSP)









Minggu, 01 Februari 2015

Pola PPG memang lebih komprehensif dibandingkan sertifikasi guru.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengklaim pendidikan profesi guru (PPG) akan lebih baik jika dibandingkan program sertifikasi guru.

Dengan intensitas dan pelatihan berbeda, guru diharapkan tidak hanya naik kesejahteraannya, melainkan juga mutunya. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP dan PMP) Kemendikbud Syawal Gultom mengatakan, pola PPG memang lebih komprehensif dibandingkan sertifikasi guru.

Jika sertifikasi guru hanya berlangsung sembilan hari di lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK/kampus), PPG akan berlangsung selama 18 hari. Jenis kegiatannya juga berbeda yakni selain pelatihan di kampus, PPG mewajibkan guru untuk mempraktikkan pelajaran yang diberikan di sekolahnya masing-masing. Saat praktik inilah mereka diuji kelayakannya oleh pengawas kampus. Jika mereka dianggap tidak layak, PPG-nya tidak diluluskan dan harus mengulang dari awal lagi.

“Prinsip keduanya memang sama. Namun, karena intensitas dan jenis kegiatannya lebih baik di PPG, kami yakin PPG lebih baik untuk meningkatkan mutu kompetensi guru,” ungkap Syawal seusai raker Kemendikbud dengan Komisi X DPR di Jakarta kemarin. Harapan Syawal memang sangat beralasan mengingat anggaran tunjangan profesi guru setiap tahun selalu bertambah. Pada 2013 anggaran tunjangan profesi mencapai Rp43,1 triliun.

Pada 2014 menjadi Rp60,5 triliun dan pada 2015 naik menjadi Rp80 triliun. Syawal mengakui masyarakat memang menganggap kompetensi guru masih belum bagus meski mereka sudah mendapat tunjangan profesi. Menurut dia, PPG akan lebih bagus karena tidak dibatasi waktu seperti sertifikasi yang diamanahkan undang-undang selesai pada 2015. Dia menyebut, tahun ini akan ada 50.000 guru yang akan ikut PPG.

Mantan rektor Unimed ini mengatakan, tentu harus ada seleksi bagi guru untuk ikut PPG. Seleksi dimulai dari usulan sekolah dan dinas pendidikan di masing-masing daerah. Guru yang ikut PPG pun harus berstatus pegawai negeri sipil (PNS) atau guru tetap yayasan yang diangkat setelah 2005. Selanjutnya Kemendikbud yang akan menyeleksi dengan jumlah satuan kredit semester (SKS) yang harus dipenuhi.