Rabu, 01 Agustus 2012

SIMULASI UJI KOMPETENSI ONLINE DENGAN KUNCI JAWABANNYA



Q.1)Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima 
pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar 
belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .  
A.Heterofil (Correct Answer)
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen (Your Answer)

Q.2)Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda 
dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan
 dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.Santosa S. Hamidjaja (Correct Answer)
B.Mattew B. Milers
C.Sumantri Mulyani (Your Answer)
D.Rabbin

Q.3)Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A.Bujukan (persuasion)
B.Konfirmasi (confirmation) (Correct Answer)
C.Implementasi (implementation)
D.Pengembalian keputusan (decision making) (Your Answer)

Q.4)Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali
 berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk 
menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .  
A.Addition
B.Restructuring (Your Answer)
C.Alternation
D.Substitution

Q.5)Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi
 atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan .................................
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion) (Your Answer)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)

Q.6)Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik 
SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
A.menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
B.memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
C.penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
D.memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat (Your Answer)

Q.7)Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual
 siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….  
A.memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya
sendiri dan orang lain
B.penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima
oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk
mengambil keputusan
C.berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak
biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai
persoalan (Your Answer)
D.mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian
masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang

Q.8)Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta 
didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
A.mulai menyukai teman sebaya sesama jenis (Your Answer)
B.berperan serta dalam permainan logika
C.menyukai teman sebaya lawan jenis
D.dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama

Q.9)Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta
 didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....  
A.kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan
sampai akhir
B.menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
C.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa (Your Answer)
D.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa

Q.10)Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan 
fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase \
perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut,
 kecuali ….
A.coba-ralat (trial and error)
B.pendidikan langsung,
C.identifikasi
D.observasi (Your Answer)

Q.11)Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan
 tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
A.sosial (Your Answer)
B.moral
C.intelektual
D.emosional

Q.12)Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang
 dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….  
A.masalah sosial (Your Answer)
B.bidang olahraga
C.tubuh manusia
D.kesehatan manusia

Q.13)Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan 
materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah 
berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi
 minat siswa terhadap ….
A.kesehatan
B.status
C.penampilan
D.pekerjaan (Your Answer)

Q.14)Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat 
antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti
 guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru 
dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
A.penampilan
B.pekerjaan
C.sekolah (Your Answer)
D.status

Q.15)Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi 
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, 
lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu 
bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya
 dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru 
dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
A.seks
B.penampilan
C.kesehatan (Correct Answer)
D.pekerjaan (Your Answer)

Q.16)Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah 
‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
A.nama-nama keluarga
B.penampilan diri
C.ikatan kekerabatan
D.jenis pekerjaan orang tua (Your Answer)

Q.17)Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang 
kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, 
maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
A.mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
B.melaksanakan hidup rukun di masyarakat
C.mengenal lingkungan rumah dan sekolah
D.mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah (Your Answer)

Q.18)Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan 
awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
A.membagi
B.menjumlah (Your Answer)
C.mengurang
D.menghitung

Q.19)Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di 
sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan 
awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….  
A.membuat karangan deskriptif
B.melengkapi kalimat belum selesai
C.menyusun kalimat sederhana (Your Answer)
D.membaca kalimat sederhana

Q.20)Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari
kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi 
negara tetangga’, adalah ….
A.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
B.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
C.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia (Your Answer)
D.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika

Q.21)Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering
 muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan 
soal ….  
A.4 + 3 = …..
B.9 - 6 = …..
C.8 - … = …. (Your Answer)
D.5 + 4 = ….

Q.22)Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
A.adanya gangguan hubungan keruangan
B.kesulitan dalam bahasa dan membaca
C.gangguan mengenal dan memahami simbol
D.performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ (Your Answer)

Q.23)Perhatikan soal-soal di bawah ini.
 75              68 27          
    13 _____ _ _____ + 58              71 Jawaban soal di atas menunjukkan 
salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh anak usia SD yang 
berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….  
A.proses penghitungan
B.memahami simbol
C.nilai tempat (Your Answer)
D.bahasa dan membaca

Q.24)Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan 
adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….  
A.suara
B.kosakata (Correct Answer)
C.artikulasi (Your Answer)
D.kelancaran

Q.25)Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan
 kemampuan kognitif adalah ….
A.menangkap makna secara penuh (Correct Answer)
B.mengingat kembali kata-kata
C.membandingkan informasi yang diterima
D.merumuskan alternatif pemecahan masalah (Your Answer)

Q.26)Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, 
hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
A.Membangkitkan minat siswa.
B.Merangsang siswa lebih aktif belajar.
C.Memberi kesempatan siswa berkreasi.
D.Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan. (Your Answer)

Q.27)Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas
 Nomor 16  tahun 2007 adalah kompetensi …..
A.Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
B.Kepribadian, pedagogik, professional, dan social. (Your Answer)
C.Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
D.Pedagogik, professional, manajeria, dan sosial.

Q.28)Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan 
ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
A.Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
B.Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
C.Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses (Your Answer)
D.Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Q.29)Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan,
 dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, 
kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan efektivitas  
penyelenggaraan pendidikan disebut ….
A.Standar Proses.
B.Standar Kompetensi Lulusan.
C.Standar Sarana dan Prasarana.
D.Standar Pengelolaan. (Your Answer)

Q.30)Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran
 tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
A.Standar Kompetensi
B.Kompetensi Dasar (Your Answer)
C.Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
D.Standar Kompetensi Lulusan

Q.31)
  Panjang sebuah kawat tembaga 56 cm dan panjang sebatang kawat besi 
104 cm. Jika kedua kawat itu harus dipotong sama panjang dengan 
panjang maksimum, dari kedua kawat itu akan diperoleh
A.8 batang kawat tembaga dan 8 kawat besi
B.7 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi (Your Answer)
C.13 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
D.14 batang kawat tembaga dan 26 kawat besi

Q.32)Sebuah gedung yang tingginya 30 meter tampak pada layar televisi 
tingginya 10 cm, maka skalanya adalah ....
A.1: 200
B.1: 300 (Your Answer)
C.1: 400
D.1: 500

Q.33)
 Hasil dari ( –16 x 3 ) + (–20 : 5 ) adalah ....
A.- 52 (Your Answer)
B.- 44
C.44
D.52

Q.34)
Luas daerah segitiga sama kaki 240 cm2 dan panjang alasnya 20 cm. Keliling
 segitiga adalah ...
A.68
B.70
C.72 (Your Answer)
D.78

Q.35)
Susi dan Indri berlatih menari di tempat yang sama. Susi berangkat setiap 3 
hari sekali dan Indri berangkat setiap 4 hari sekali. Pada tanggal 5 April 
keduanya berangkat bersama-sama. Keduanya berangkat bersama-sama lagi
 pada tanggal … .
A.16 April
B.17 April (Your Answer)
C.18 April
D.19 April

Q.36)KPK dan FPB dari 32,48 dan 54 adalah ...
A.864 dan 2 (Your Answer)
B.918 dan 2
C.864 dan 6
D.918 dan 6

Q.37)

Himpunan semesta yang tepat dari P = {3, 5, 7, 9, 11, 13} adalah ... .
A.Himpunan bilangan ganjil kurang dari 15
B.Himpunan bilangan Prima kurang dari 15
C.Himpunan bilangan kelipatan 2 kurang dari 15
D.Himpunan bilangan tidak habis dibagi 2 (Your Answer)

Q.38)Sumbu simetri lipat pada segilima beraturan adalah ....
A.4
B.8
C.5 (Your Answer)
D.10

Q.39)Jumlah bilangan prima dari bilangan antara 25 s/d 50 adalah …
A.71
B.72
C.156
D.187 (Your Answer)

Q.40)

FPB dari bilangan ,  120,  160 dan 200 adalah .... 
A.40 (Your Answer)
B.80
C.60
D.90

Q.41)Hasil dari 63 x 33 adalah ....
A.3.999 (Correct Answer)
B.3.888
C.3.777
D.3.666

Q.42)Sebuah kubus panjang rusuk 1 sisinya 7 dm, maka volume kubus tersebut 
adalah ... 
A.323 dm3
B.343 dm3 (Correct Answer)
C.333 dm3
D.363 cm3

Q.43)KPK dari bilangan 12 dan 18 adalah .... 
A.12
B.36 (Correct Answer)
C.18
D.216

Q.44)Bentuk persen dari 2/5 adalah .........
A.50%
B.10%
C.40% (Correct Answer)
D.20%

Q.45)Lambang Pecahan desimal dari 3/8 adalah ...
A.6,25
B.0,375 (Correct Answer)
C.37,5
D.0,0625

Q.46)Menurut bentuknya, magnet buatan diberi nama - nama sebagai berikut, 
kecuali . . . .
A.magnet U
B.magnet batang
C.magnet tesla (Correct Answer)
D.magnet ladam

Q.47)Lebah mendapatkan madu, dan bunga terjadi penyerbukan. Kerjasama seperti
 ini disebut . . . .
A.simbiosis mutualisme (Correct Answer)
B.simbiosis komensalisme
C.simbiosis parasitisme
D.simbiosis sarkasme

Q.48)Ujung jarum yang selalu menunjukkan arah utara biasanya diberi warna . . . .
A.merah atau hitam (Correct Answer)
B.hijau atau merah
C.merah atau putih
D.hitam atau hijau

Q.49)Binatang bersel satu = . . . .
A.aves
B.reptilia
C.mamalia
D.amuba (Correct Answer)

Q.50)Binatang menyusui = . . . .
A.aves
B.reptilia
C.mamalia (Correct Answer)
D.dekapoda

Q.51)Ayam, merak dan burung = . . . .
A.aves (Correct Answer)
B.reptilia
C.mamalia
D.dekapoda

Q.52)Nyamuk, belalang dan lebah = . . . .
A.aves
B.reptilia
C.mamalia
D.serangga (Correct Answer)

Q.53)Hewan berkaki sepuluh = . . . .
A.aves
B.reptilia
C.mamalia
D.dekapoda (Correct Answer)

Q.54)
Salah satu sifat air yang ditunjukkan gambar dibawah ini adalah …
A.permukaan yang tenang selalu mendatar
B.bentuknya sesuai dengan wadanya
C.dapat meresap melalui celah-celah kecil (Correct Answer)
D.memberikan tekanan di semua arah

Q.55)Air PAM digunakan untuk ......
A.keperluan rumah tangga (Correct Answer)
B.pengairan lahan pertanian
C.pengolahan hasil hutan
D.pemeliharaan ikan

Q.56)Bagian Tanah pada gambar dibawah ini  yang banyak mengandung humus 
adalah .... 
A.bagian E
B.bagian F
C.bagian G
D.bagian H (Correct Answer)

Q.57)Batu apung digunakan untuk keperluan ....
A.pengasah kayu supaya halus (Correct Answer)
B.mengasah pisau agar tajam
C.bahan pengeras jalan
D.dinding dan lantai rumah

Q.58)Batu bara dapat digunakan sebagai bahan pembuat …
A.aspal dan lem (Correct Answer)
B.solar dan pelumas
C.nilon dan kokas
D.oil dan solar

Q.59)
Bacalah laporan hasil pengamatan berikut! Objek pengamatan: Kerbau Tempat  : Di kandang 
kerbau Pak Sanif, Desa Mekarwangi Waktu   : Pukul 14.00−15.30 Tanggal 21 Januari 2006  
 Hasil-hasil Pengamatan Gerakan kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini adalah pekerja yang ulet.
 Ia sanggup bekerja seharian penuh membajak sawah. Kerbau merupakan binatang kandang yang 
terbesar. Ia punya tanduk panjang dan kuku yang kuat. Namun, ia tidak galak. Ia senang bersahabat
 kepada seorang bocah sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia 
mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa hidup tertib. Ia pun tidak senang mengembara jauh 
dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya dapat asyik tidur-tiduran tanpa rasa takut
 kehilangan. (Dikutip dari Intisari Bahasa Indonesia, Penerbit Pustaka Setia)   Topik laporan hasil 
pengamatan tersebut adalah ….
A.makanan kesukaan kerbau
B.ukuran tubuh kerbau
C.tingkah laku kerbau (Correct Answer)
D.tugas-tugas kerbau

Q.60)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak
 usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang
 terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan 
ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih
 kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah 
menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah
 ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi 
anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya
 sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
 perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh.
 Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk
 tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun
 berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Di tingkat
 mana Sony berhasil menjadi juara lomba menulis puisi anak?
A.provinsi (Correct Answer)
B.kecamatan
C.kabupaten
D.Kelurahan

Q.61)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak 
usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang 
terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang
 mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan
 ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih
 kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah 
menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia
 menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak
 tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya
 sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali 
oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh.
 Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk
 tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun 
berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Mengapa 
karya-karya ayah Sony digemari banyak orang?
A.Karena ayah Sony baik hati dan senang menolong orang.
B.Karena karya-karya ayah Sony berisi cerita petualangan.
C.Karena tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati. (Correct Answer)
D.Karena ayah Sony terkenal sebagai seorang penulis yang hebat.

Q.62)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak
 usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang
 terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan
 ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun 
masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah
 menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia 
menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak 
tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya 
sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh 
perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. 
Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk
 tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun 
berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Kesimpulan isi bacaan tersebut adalah …
A.Setiap orang memiliki bakat terpendam yang hebat.
B.Prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat. (Correct Answer)
C.Dorongan orang tua sangat penting agar anak menjadi pintar.
D.Kebahagiaan bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.

Q.63)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak
 usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang 
terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan
 ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun 
masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah
 menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah
 ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi 
anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya 
sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
 perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh.
 Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk 
tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun 
berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Apa yang 
menjadi harapan Sony di masa depan?
A.menerbitkan banyak buku
B.menjadi juara di setiap lomba
C.menjadi seorang penulis terkenal (Correct Answer)
D.menulis puisi yang bagus-bagus

Q.64)
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu,  bernama Ratu
 Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya 
lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. 
Sementara putra ketiganya lahir cacat.  Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, 
Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran 
Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun 
budi pekertinya. Kemarau terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap
 turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena 
hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan 
Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang
 berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena 
keduanya putra kesayangan ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)
 Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, perbedaan watak Pangeran Seta dan Pangeran 
Rasi adalah ......
A.Pangeran Seta bersifat bijaksana, sedangkan Pangeran Rasi rendah hati.
B.Pangeran Seta bersifat serakah, sedangkan Pangeran Rasi baik hati. (Correct Answer)
C.Pangeran Seta bersifat kasar, sedangkan Pangeran Rasi santun.
D.Pangeran Seta bersifat dermawan, sedangkan Pangeran Rasi serakah.

Q.65)
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu,  bernama Ratu 
Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir
kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima.
 Sementara putra ketiganya lahir cacat.  Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil,
 Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh 
Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan 
santun budi pekertinya. Kemarau terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap 
turunnya hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan Linggar terkena 
hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran Seto yang menebang pohon di hutan 
Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang
 berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena 
keduanya putra kesayangan ratu. (Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)
 Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah …
A.Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki. (Correct Answer)
B.Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
C.Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D.Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.

Q.66)
Watak tokoh Burung Murai Batu dalam cerita tersebut adalah ….
A.penyabar
B.rendah hati
C.keras kepala
D.tinggi hati (Correct Answer)

Q.67)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini. Bakat menulis Sony sudah muncul sejak 
usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang
 terkenal sebagai seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini disebabkan tulisan-tulisan
 ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih
 kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah 
menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia
 menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak
 tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya 
sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh
 perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh.
 Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk
 tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun 
berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak. Bagaimana
 cara Sony meraih berbagai prestasi?
A.Sony mewarisi kemahiran menulis dari ayahnya.
B.Sony terus-menerus menulis tanpa mengenal waktu.
C.Sony meminta dorongan semangat dari keluarganya.
D.Sony berkemauan kuat dan tekun menulis. (Correct Answer)

Q.68)Penggunaan ungkapan keras kepala pada kalimat di bawah ini yang tepat adalah ...
A.Anak yang datang itu memang keras kepalanya
B.Dasar anak keras kepala, sulit diatur. (Correct Answer)
C.Si jagoan itu merasa keras kepala.
D.Anak yang baik itu memang keras kepala

Q.69)Mengingat acara tesebut sangat penting, kami harap Bapak/Ibu datang tepat pada waktunya.
 Isi penggalan surat undangan tersebut tepat untuk acara ...
A.adat
B.syukuran
C.rapat (Correct Answer)
D.khitanan

Q.70)Hai, Lekaslah ke mari Tanda baca yang paling tepat digunakan pada akhir kalimat tersebut adalah ...

A.tanya
B.titik
C.seru (Correct Answer)
D.titik koma

Q.71)

Adi : “Apa saja kegiatan tutup tahun ini kawan-kawan?”
Didi :  “Biasa Di, perpisahan dengan kakak kelas VI.”
Yus : “Ya, tapi kita dapat usulkan yang lain.”
Ani : Hai ini tidak dapat dibicarakan sekilas, kalau mau terima usulku adakan rapat.”
Percakapan tersebut menunjukkan bahwa Ani anak yang cermat dan .... 
A.semuanya
B.tangguh
C.tanggungjawab (Correct Answer)
D.laksana

Q.72)Beberapa orang dari buruh Pak Basir bertugas mengandangkan sapi. 
Makna kata berecetak miring pada, kalimat tersebut adalah ... 
A.memasukkan (Correct Answer)
B.membuat
C.menggiring
D.menyimpan

Q.73)Sekitar tahun 6000 masehi, di pulau sumatra terdapat kerajaan...
A.sriwijaya (Correct Answer)
B.majapahit
C.samudra pasai
D.Demak

Q.74)Kerajaan Tarumanegara berdiri pada tahun...
A.1971
B.680 SM
C.450 M (Correct Answer)
D.420 SM

Q.75)Kerajaan Islam pertama di Indonesia
A.kerajaan Aceh
B.Kerjaan Demak
C.Kerjaan Majapahit
D.kerajaan Samudra Pasai (Correct Answer)

Q.76)Candi di bawah adalah peninggalan dari kerajaan...
A.buddha (Correct Answer)
B.kristen
C.hindu
D.islam

Q.77)Yang termasuk distribusi tidak langsung adalah ...
A.tukang nasi goreng
B.toko sepatu bata
C.pedagang (Correct Answer)
D.Kantin

Q.78)Tukang nasi goreng adalah salah satu contoh distribusi
A.langsung (Correct Answer)
B.tidak langsung
C.semi langsung
D.semi tidak langsung

Q.79)Barang dan Jasa yang dikonsumsi dapat digolongkan menjadi 3.
 Contoh yang benar dibawah ini adalah barang yang habis satu kali 
pakai adalah ...
A.makanan, minuman (Correct Answer)
B.minuman
C.makanan
D.pakaian, sabun mandi

Q.80)Aspek positif perilaku konsumtif dibawah ini adalah
A.mengurangi kesempatan menabung
B.menambah lapangan kerja (Correct Answer)
C.hidup boros
D.berprilaku konsumtif

Q.81)Tahun 1945 nagasaki di bom oleh sekutu pada tanggal
A.7 maret 1945
B.16 juni 1945
C.21 april 1945
D.9 agustus 1945 (Correct Answer)

Q.82)Hasil kerja panitia sembilan adalah
A.sembilan emas jakarta
B.soekarno ketua PPKI
C.piagam jakarta (Correct Answer)
D.Indonesia menang dari penjajah

Q.83)Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai
 perbedaan pendapat. Mereka menjunjung tinggi . . . .  
A.egoisme
B.kesukuan
C.toleransi (Correct Answer)
D.kerja keras

Q.84)Salah satu nilai juang yang dapat diteladani dari para perumus Pancasila
 adalah musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?  
A.Menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri.
B.Pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah.
(Correct Answer)
C.Meninggalkan pendapat sendiri demi mengharapkan pujian dari orang yang berbeda pendapat.
D.Berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya.

Q.85)Hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur pemerintahannya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disebut . . . .  
A.pemerintahan otoriter
B.pemerintah daerah
C.otoritas daerah
D.otonomi daerah (Correct Answer)

Q.86)DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang. 
Menyusun undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .  
A.yudikasi
B.anggaran
C.legislasi (Correct Answer)
D.eksekusi

Q.87)Apa yang dimaksud dengan amendemen?  
A.Perubahan undang-undang atau penambahan terhadapnya. (Correct Answer)
B.Pembatalan undang-undang.
C.Pemberlakuan kembali undang-undang.
D.Pembubaran anggota parlemen yang sedang menyusun undang-undang.

Q.88)Salah satu lembaga tinggi negara yang anggotanya dipilih oleh rakyat 
lewat Pemilihan Umum adalah . . . .  
A.Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Correct Answer)
B.Mahkamah Agung
C.Mahkamah Konstitusi
D.Badan Pemeriksa Keuangan

Q.89)Dalam menjalankan tugasnya, presiden dibantu oleh wakil presiden dan
 para menteri. Siapakah yang menentukan dan memilih para menteri?  
A.Rakyat
B.MPR.
C.DPR.
D.Presiden. (Correct Answer)

Q.90)Lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara
 adalah . . . .  
A.Dewan Pertimbangan Agung
B.Badan Audit Nasional
C.Badan Pemeriksa Keuangan (Correct Answer)
D.Mahkamah Agung

Q.91)Bagaimana bunyi butir pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta sebelum 
diubah?  
A.Persatuan Indonesia (Correct Answer)
B.Ketuhanan Yang Maha Esa.
C.Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
D.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Q.92)Mengapa butir pertama dalam Piagam Jakarta diubah?  
A.Demi menuruti keinginan Ketua BPUPKI.
B.Demi memenuhi keinginan Mohammad Hatta.
C.Demi menjaga hubungan baik dengan pemerintah Jepang.
D.Demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja dirintis. (Correct Answer)

Q.93)Berikut ini yang termasuk cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada 
tumbuhan yaitu . . . .
A.rhizoma
B.geragih
C.stolon
D.mengenten (Correct Answer)

Q.94)Kutub magnet  yang senama apabila didekatkan akan . . . .
A.tarik - menarik
B.tolak - menolak (Correct Answer)
C.berhimpitan
D.tetap

Q.95)Ali, Amir dan Adi mempunyai tali yang masing - masing panjangnya
 adalah 90 dm,  m dan 750 cm. Panjang tali ketiga anak tersebut
 adalah . . . .
A.21 m
B.22 m
C.23 m (Correct Answer)
D.24 m

Q.96)580 - n = 108 + 460 n  = . . . .
A.8
B.12 (Correct Answer)
C.18
D.22

Q.97) n   adalah . . . .
A.13
B.23
C.27 (Correct Answer)
D.37

Q.98)Luas segitiga 60 cm2 , dan tingginya 24 cm. Alas segitiga adalah . . . .
A.4 cm
B.5 cm (Correct Answer)
C.6 cm
D.8 cm

Q.99)Himpunan bilangan cacah yang merupakan kelipatan 6 , antara 18 dan 60
adalah . . . .
A.{ 24, 30, 36, 42, 48, 54 } (Correct Answer)
B.{ 16, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60 }
C.{ 24, 30, 36, 48, 54 }
D.{ 24, 30, 42, 48, 54 }

Q.100)152 + 52 = n. n adalah . . . .
A.225
B.250 (Correct Answer)
C.325
D.400



Sabtu, 28 Juli 2012

CARA MENERJAKAN UJI KOMPETENSI GURU ONLINE

www.ayokesekolah.com
sertifikasi guru bersama Agus Warsono, SPd.I, MSi.
Langkah menerjakan UK Guru Online.
Selamat mempelajari. 

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH


KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR

Manajerial  Menyusun  perencanaan
sekolah/madrasah  untuk
berbagai  tingkatan
perencanaan
Merumuskan visi sekolah/madrasah
Membedakan rumusan visi dan misi
Merumuskan misi sekolah/madrasah
Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
Mengarahkan perencanaan evaluasi program
Memimpin  sekolah/madrasah
dalam  rangka
pendayagunaan sumber daya
secara optimal
Menganalisis  kekuatan,  kelemahan,  peluang,  dan  ancaman
sekolah/madrasah
Memaksimalkan  sumberdaya sekolah/madrasah  dalam  perencanaan  dan
pelaksanaan program
Menciptakan  budaya  dan
iklim  sekolah/madrasah  yang
kondusif  dan  inovatif  bagi
pembelajaran peserta didik
Mengaitkan  budaya  sekolah/madrasah  dengan  pembelajaran  yang
interaktif,  menyenangkan,  menantang,  memotivasi  peserta  didik  untuk
berpartisipasi aktif.
Mengarahkan  tumbuhnya  iklim  yang  memotivasi  timbulnya  prakarsa,
kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan
psikologis peserta didik
Mencerahkan  peserta  didik  untuk  berkompetisi  secara  sehat  dalam
meningkatkan prestasi belajar
Mengelola  guru  dan  staf
dalam  rangka
pendayagunaan sumber daya
manusia secara optimal
Menganalisis kebutuhan guru dan staf
Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
Menerapkan  prinsip  penghargaan  dan  pembinaan  untuk  meningkatkan
motivasi kerja guru dan staf

DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR

Mengelola  sarana  dan
prasarana sekolah/ madrasah
dalam  rangka
pendayagunaan  secara
optimal
Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
Menganalisis  kebijakan  program  tertulis  mengenai  pengelolaan sarana
prasarana
Memaksimalkan  penggunaan sarana  prasarana  yang  ada  di  lingkungan
sekolah/madrasah
Memaksimalkan  pemeliharaan  dan  pendayagunaan sarana  prasarana
dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
Mengelola  peserta  didik
dalam  rangka  penerimaan
peserta  didik  baru,  dan
penempatan,  dan
pengembangan  kapasitas
peserta didik
Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
Melaksanakan  PPDB  secara  objektif,  transparan,  akuntabel,  dan  tidak
diskriminatif
Melaksanakan  orientasi  peserta  didik  baru  yang  bersifat  akademik  dan
pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
Mengelola  keuangan
sekolah/madrasah  sesuai
dengan  prinsip  pengelolaan
yang  akuntabel,  transparan,
dan efisien
Menyusun RKAS
Melaksanakan  pengelolaan  keuangan  sekolah/madrasah  secara  transparan
dan akuntabel
Mengevaluasi  Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
Mengelola  ketatausahaan
sekolah/madrasah  dalam
mendukung  pencapaian
tujuan sekolah/madrasah
Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
menerapkan  pelayanan  operasional  standar  ketatausahaan
sekolah/madrasah
Melakukan  monitoring,
mengevaluasi,  dan  pelaporan
pelaksanaan  program
kegiatan  sekolah/madrasah
dengan  prosedur  yang  tepat,
serta  merencanakan  tindak
lanjutnya
Menganalisis  kinerja  sekolah/madrasah  melalui  Evaluasi  Diri
Sekolah/madrasah
Melaksanakan  tindak  lanjut  hasil  monitoring  dan  evaluasi  program
sekolah/madrasah

KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR

Usaha  Pengembangan
Sekolah
Mengembangkan organisasi
sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai
organisasi pembelajar yang efektif
Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai
hasil analisis tugas dan fungsi
Melaksanakan  rincian tugas dan fungsi pengembangan
struktur organisasi
Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai
dengan struktur organisasi
Mengelola perubahan dan pengembangan
sekolah/ madrasah menuju organisasi
pembelajar yang efektif
Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi
pembelajar
Mengembangkan  suasana belajar  yang kondusif bagi
seluruh  warga sekolah/madrasah
Merumuskan  prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
perangkat organisasi  pembelajar
Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan
masyarakat dalam rangka pencarian
dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah/madrasah
Menggali  bentuk  dukungan masyarakat / stakeholder
dalam penyelenggaraan pendidikan
Membangun  kemitraan dalam pengembangan
sekolah/madrasah
Menggali sumber daya  yang berasal dari masyarakat/
pemangku kepentingan  untuk mendukung
penyelenggaraan pendidikan
Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai
dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu
kepada standar isi
Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang
mengacu kepada standar proses
Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran  yang
mengacu kepada standar penilaian
Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar
kompetensi lulusan

DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR

Mengelola unit layanan khusus sekolah/
madrasah dalam mendukung kegiatan
pembelajaran kegiatan peserta didik di
sekolah/madrasah
Merumuskan  tujuan layanan khusus
Menyusun program  unit layanan khusus sekolah
Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan
pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah
Mengelola sistem informasi pendidikan di
sekolah/ madrasah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan
keputusan
Menyusun  program Sistem  Informasi Sekolah (SIS)
Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan
Sistem Informasi Sekolah (SIS)
Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)  dalam
membantu pengambilan keputusan
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi
bagi peningkatan pembelajaran dan
manajemen sekolah/madrasah
Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam
pengolahan data
Menerapkan pemanfaatan teknologi  informasi dalam
penyampaian  informasi sekolah
Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran
berbasis ICT
Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran
berbasis ICT












KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Kepemimpinan
Pembelajaran
Mengembangkan  strategi dalam
peningkatan prestasi akademik  seluruh
siswa secara  berkelanjutan
Memecahkan masalah   peningkatan prestasi belajar.
Melaksanakan program peningkatan prestasi  belajar.
Menilai pelaksanaan  program peningkatan prestasi
belajar.
Membangun  kultur  pembelajaran  yang
progresif  dan  kondusif  di  sekolah  agar  hasil
belajar siswa dapat mencapai target optimal
Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
Mendukung   iklim pembelajaran akademis
Memaksimalkan pembiasaan  positif seluruh warga
sekolah agar menjadi komunitas pembelajar
Melibatkan    pemangku  kepentingan  dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran
Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi
permasalahan pembelajaran
Menganalisis  komitmen warga sekolah untuk melakukan
hal yang terbaik
Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi  proses  dan
hasil pembelajaran
Melibatkan    pemangku  kepentingan  dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran
Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga
sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung
jawabnya
Memfasilitasi   warga sekolah untuk melakukan
eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam
pembelajaran
Meningkatkan  hasil  belajar  warga  sekolah
melalui  peningkatan  mutu  proses
pembelajaran secara berkelanjutan
Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk
meningkatkan profesionalisme warga sekolah



KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Kewirausahaan  Menciptakan inovasi yang berguna bagi
pengembangan sekolah/ madrasah
Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/
madrasah
Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan
sekolah
Bekerja  keras  untuk  mencapai  keberhasilan
sekolah/madrasah  sebagai  organisasi
pembelajar yang efektif
Merancang strategi dalam membangun budaya kerja
keras
Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja
keras
Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan
sekolah
Memiliki  motivasi  yang  kuat  untuk  sukses
dalam  melaksanakan  tugas  pokok  dan
fungsinya  sebagai  pemimpin  sekolah/
madrasah
Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target
yang ditetapkan
Pantang menyerah dan selalu mencari
solusiterbaik dalam menghadapi kendala
yang dihadapi sekolah/madrasah
Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang
dilakukan
Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala
yang dihadapi sekolah
Memiliki  naluri  kewirausahaan  dalam
mengelola  kegiatan  produksi/jasa  sekolah/
madrasah  sebagai  sumber  belajar  peserta
didik
Membangun kemandirian  dalam mengelola sumber daya
sekolah
Menggunakan  peluang  untuk  memaksimalkan  kegiatan
sekolah





KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI  KOMPETENSI  INDIKATOR
Supervisi  Merencanakan program
supervisi akademik dalam
rangka peningkatan
profesionalisme guru
Menyusun program supervisi akademik
Merumuskan  tahapan teknik supervisi akademik.
Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup
pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
Melaksanakan  supervisi
akademik  terhadap  guru
dengan  menggunakan
pendekatan  dan  teknik
supervisi yang tepat
Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam
kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
Menggunakan pendekatan  dan  teknik  supervisi  akademik  yang  tepat  dan
sesuai dengan tujuan supervisi akademik
Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
Menggunakan  teknologi  informasi  untuk  mendukung  keefektifan  supervisi
akademik
Menindaklanjuti hasil
supervisi akademik
terhadap guru dalam
rangka peningkatan
profesionalisme guru
Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
Mengembangkan  instrumen  pengukuran  pencapaian  hasil  langsung
(output) supervisi akademik
Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
Mengembangkan  program  tindak  lanjut  berdasarkan  hasil  evaluasi
supervisi akademik
Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

Video Tutorial UKG | Panduan Mengerjakan Ujian Uji Kompetensi Guru Online 2012 - UKG Uji Kompetensi Guru


akan dilaksanakan pada 30 Juli hingga 12 Agustus 2012, dan diikuti oleh guru yang telah bersertifikat pendidik. Adapun pelaksanaan ujian UKG ini adalah dengan menggunakan sistem baru yaitu mengerjakan soal ujian secara online.

Dengan digunakannya sistem ujian online ini, bagi sebagian guru hal ini mungkin merupakan hal yang baru dan mungkin saja belum pernah melakukan ujian dengan sistem serupa. Berhubung kebijakan pelaksanaan ujian UKG Uji Kompetensi Guru telah diarahkan dengan 2 cara, melalui ujian online pada 30 Juli s/d 12 Agustus 2012 dan ujian manual (paper pencil test) pada 4 September 2012, maka bagi guru yang akan mengikuti ujian UKG secara online tentu membutuhkan cara atau panduan sebelum mengerjakan ujian UKG Uji Kompetensi Guru yang akan dilaksanakan ini.

Pada kesempatan ini mencoba kembali berbagi dalam informasi video tutorial UKG sebagai panduan sebelum mengerjakan ujian UKG Uji Kompetensi Guru Online 2012. Video Tutorial UKG dari LPMP Jateng ini tentu dapat membantu para guru yang akan mengikuti ujian UKG Uji Kompetensi Guru Online 2012. Melalui video ini setidaknya keterampilan minimal yang perlu dikuasai akan dapat diketahui dan dibayangkan.

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI GURU SD ONLINE

Contoh Soal UKG Online 2012 | Kompetensi Pedagogik Guru SD | Bukan Bocoran – Para calon peserta Uji Kompetensi Guru atau UKG Online 2012 ada baiknya mulai mempersiapkan diri. Berikut contoh soal UKG Online 2012 kompetensi pedagogic guru SD.

1. Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih)
2. Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
3. Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
4. Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
5. Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
6. Mengapa jamur termasuk heterotrof?
7. Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
8. Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
9. Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
10. Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
11. Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!

12. Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
13. Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
14. Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
15. Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
16. Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
17. Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
18. Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
19. Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural!
20. Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
21. Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?
22. Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language?

Senin, 23 Juli 2012

SEGENAP STAF, PIMPINAN, DAN KORESPONDEN MINGGUAN POTLOT MENGUCAPKAN

"Selamat menunaikan ibadah saum Ramadhan 1433 H
Semoga amal dan ibadah kita diterima oleh Allah Subhanahu Wa Taala. 
Amien."


Redaksi Mingguan Potlot

Kamis, 19 Juli 2012

TENTANG PENULIS, TERCATAT DALAM WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

AGUS WARSONO, lahir di Tegal 29 Austus 1965.menulis sejak bangku sekolah berupa puisi, cerpen, cerita anak, dongeng, dan artikel tersebar di berbagai media seperti Pikiran Rakyat, Suara Karya,Suara Daerah, Suara guru.Pernah menjadi wartawan Gentra Pramuka, dan tercatat sebagai anggota PWI Jabar. Aktifitas sehari-hari adalah guru sekolah dasar di Indramayu. Mengunjungi SPGN Indramayu, STAI Jakarta, dan Maister Administrasi (S2) di YAPPANN Jakarta. Kini aktif menulis di blog Mingguan Potlot, Kayuh Sepeda Ontel, dan Majalah Sastra Bulanan Suluh
Karya: Kumpulan puisi : Mata Air 1980
                Bunyikan Aksara Hatimu 1996
                Aku Bagai Kapas Terbang 2004
Kumpulan Cerpen anak : Rumahku di Tepi Rel Kereta Api 2006
AGUS WARSONO, memasuki SPGN Indramayu 1985, PGSD UT UPBJJB Bdg. 1989 (D II) ,STAI Jakarta (S1), YAPPAN Adm. Pendiddikan (S2. Megister Dengan Pujian). Menulis sejak bangku sekolah, tersebar di berbagai media di Indonesia. Pemenang Penghargaan Karya Tulis Ilmiah PGRI/Depdikbud 1996 tingkat Nasional). Kini Kepala SD di UPTD Pasekan Dinas Pendidikan Kab. Indramayu. Beliau adalah seorang penulis cerpen, kolumnus, wartawan, dan pengamat dan praktisi pendidikan. Banyak sekali tulisannya yang dimuat di majalah-majalah pendidikan sala satunya di majalah Suara Guru, sekarang tulisannya terindeks di Perpustakaan Digital Universitas Negeri Malang.

Jumat, 15 Juni 2012

Kamis, 07 Juni 2012

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SD TIDAK ADA TES MASUK

Memasuki tahun pelajaran baru  2012-2013 ini ada baiknya masyarakat perlu memperhatikan dan memahami mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar yang dulu populer dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB) Sekolah Dasar. Banyak masyarakat awam untuk memasukan anaknya ke Sekolah Dasar (SD) menurut saja ketentuan yang berlaku di sekolah itu, seperti adanya tes masuk, atau syarat-syarat lainnya, padahal
sampai sekarang ketentuan perundang-undangan tentang penerimaan peserta didik SD/MI telah diatur dalam PP 17 tahun 2010.
   Dengan alasan membatasi jumlah peserta pendaftar, kadang pihak sekolah membuat aturan sendiri meski bertentangan dengan perundanan itu. Boleh jadi pihak sekolah dan calon orang tua murid sama-sama tidak tahu akan adanya PP 17 tahun 2010 itu.
   Ada baiknya kita liat PP 17 tahun 2010 tersebut,


Berikut sebagian bunyi PP 17 tahun 2010:
Pasal 69
(5) Penerimaan peserta didik kelas 1 (satu) SD/MI atau bentuk lain yang sederajat tidak didasarkan pada hasil tes kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, atau bentuk tes lain.


Pasal 70
(1) Dalam hal jumlah calon peserta didik melebihi daya tampung satuan pendidikan, maka pemilihan peserta didik pada SD/MI berdasarkan pada usia calon peserta didik dengan prioritas dari yang paling tua.
(2) Jika usia calon peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sama, maka penentuan
peserta didik didasarkan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang paling dekat dengan satuan pendidikan.
(3) Jika usia dan/atau jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sama, maka peserta didik yang mendaftar lebih awal diprioritaskan.



   Dari PP tersebut sudah tampak jelas aturan tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah pertama sekolah menentukan daya tampung penerimaan peserta didik baru tersebut, berapa rombongan belajar, dan berapa siswa setiap rombongan belajar tersebut. 
  Sering kali jumlah siswa per rombonan belajar diperdebatkan berapa ketentuannya. Sebetulnya tak pelu diperdebatkan andai kita meliat Standar Pelayanan Pendidikan di sana dijelaskan bahwa pelayanan yang ideal setiap kelas adalah setiap siswa memiliki ruang gerak minimal 1,5 M persegi agar leluasa bergerak sehat belajar dikelas. Nah jika ruang kelas SD Inpres berukuran 7 X 8 M maka ruang kelas itu berukuran 56 M persegi. Jika dibagi 1,5 M persei akan didapat 37,3 . Ya sekitar 37  - 38 siswa . Begitu Toh?!

Rabu, 06 Juni 2012

KLIPPING BERITA DARI KOMPAS.COM. SERTIFIKASI DIBAWAH 2 DIREKTORAT, DITJEN PMPTK DIAPUS


JAKARTA, KOMPAS.com — Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam unjuk rasanya mengusulkan supaya dibentuk badan pengelolaan guru secara nasional yang bertanggung jawab secara langsung, bukan seperti keputusan pemerintah yang menempatkan penanganan guru di beberapa direktorat karena hanya akan menambah panjang rantai birokrasi dalam penanganan masalah guru.
Sertifikasi akan jalan terus di bawah dua Ditjen ini. Kita tidak akan mengurangi hak-hak para guru.
-- Muhadjir
Diberitakan sebelumnya di Kompas.com, Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Sulistiyo di Jakarta, Selasa (11/5/2010), mengatakan, para guru kecewa dengan keputusan pemerintah yang melikuidasi Ditjen PMPTK. Menurut dia, persoalan guru harus ditangani secara serius oleh pejabat yang memiliki kewenangan untuk membuat kebijakan.
"Mulai hari ini para guru akan berunjuk rasa di Kemendiknas dan PGRI. Kami menuntut Ditjen PMPTK dikembalikan atau pembentukan badan guru secara nasional. Perjuangan ini supaya guru tidak lagi dipinggirkan seperti sebelum adanya UU Guru dan Dosen," jelas Sulistiyo.
Sementara itu, secara terpisah, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan Nasional Muhadjir di Jakarta mengatakan, para guru tidak perlu khawatir dengan dihapuskannya Ditjen PMPTK. Sebab, kata Muhadjir, program sertifikasi guru akan terus berjalan, tunjangan jabatan dan tunjangan fungsional akan tetap seperti sediakala, termasuk tunjangan profesi para guru. Untuk itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Tidak ada yang diubah. Hanya, bagaimana caranya dibikin sekompak mungkin. Lebih sederhana, tetapi tujuannya untuk memudahkan, bukan menghilangkan," tambah Muhadjir.
Lebih lanjut, kata Muhadjir, penghapusan Ditjen PMPTK hanya dalam rangka melakukan reformasi organisasi di tubuh Kemendiknas, termasuk salah satunya dengan memecah Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) menjadi dua direktorat, yaitu Direktorat Pendidikan Dasar dan Direktorat Pendidikan Menengah.
"Demonstrasi ini untuk kepentingan siapa, harusnya juga dilihat dulu. Intinya, selama ini fungsi dan jaminan terhadap mereka sudah terwadahi atau belum?" ujarnya.
"Upaya kami ini justru untuk lebih memfokuskan guru untuk lebih diberdayakan dalam konteks komprehensif. Sertifikasi akan jalan terus di bawah dua ditjen ini. Kami tidak akan mengurangi hak-hak para guru," ujar Muhadjir.

PP 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Berikut sebagian bunyi PP 17 tahun 2010:
Pasal 69
(5) Penerimaan peserta didik kelas 1 (satu) SD/MI atau bentuk lain yang sederajat tidak didasarkan pada hasil tes kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, atau bentuk tes lain.

Pasal 70
(1) Dalam hal jumlah calon peserta didik melebihi daya tampung satuan pendidikan, maka pemilihan peserta didik pada SD/MI berdasarkan pada usia calon peserta didik dengan prioritas dari yang paling tua.
(2) Jika usia calon peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sama, maka penentuan
peserta didik didasarkan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang paling dekat dengan satuan pendidikan.
(3) Jika usia dan/atau jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sama, maka peserta didik yang mendaftar lebih awal diprioritaskan.

Selasa, 05 Juni 2012

ANALISIS HASIL EVALUASI KENAPA GURU SUNGKAN MEMBUATNYA

oleh : masagus, guru sekolah dasar di Indramayu

Pada akhir tahun pembelajaran, evaluasi belajar siswa dilaksanakan. Contoh kecilnya adalah penilaian pada UKK (ujian kenaikan kelas). Saat inilah guru dapat melakukan nilai akhir siswa untuk menentukan seorang siswa dapat naik kelas atau tidak. Namun saat penilaian ini guru sering mengabaikan melaksanakan perbaikan pada siswa yang membutuhkan perbaikan.
    Dengan alasan sudah memenuhi kreteria naik kelas, atau sudah mencapai standar nilai minimal naik kelas, maka sudah saja guru melewatkan perbaikan. Belum lagi tampak guru sudah diadapkan pada pengisian  laporan pendidikan siswa (raport). Dan mungkin ada yang cepat-cepat ingin menyelesaikan semua tugas karena libur panjang di depan mata.
   Perbaikan atas evaluasi siswa penting dilakukan karena didalamnya terdapat kajian soal, yang mempelajari bobot soal satu per satu atas soal yang sudah dikerjakan siswa. Bisa saja soal dibuat oleh lain guru atau memesan di percetakan, atau dibuat di dalam gugus, sehingga boleh jadi belum atau terlewat diberikan pembelajarannya oleh guru bersangkutan.
   Untuk melaksanakan perbaikan diperlukan dimulai dari analisis hasil evaluasi siswa. Yang pertama diperatikan adalah meneliti lembar soal dengan melihat jumla soal, dari mulai model soal (pilian anda,isian,esai ,dsb.) ,bobot soal, dan tentu saja jumlah peserta yangmelaksanakan evaluasi itu (siswa).
   Analisis butir soal padukan dengan kompetensi yang ada di kurikulum sesuai denan kelasnya. Model soal mulailah dengan jumlah model yang ada dan yang lebih mudah dahulu, kemudian hitung jumla item soalnya. Sedang bobot soal biasa diberikan pada bentuk soal isian dan esai (uraian).
   Tentukan bobot sesuai dengan kehendak guru, yang penting jumlah bobot dari bobot mudah sampai sukar berjumlah 10 (jika menggunakan puluhan) atau 100 (jika menggunakan ratusan). Umpamanya soal mudah diberi bobot 1, soal sedang diberi bobot 2 dan soal sulit diberi bobot 3 atau 4. Jumlah kan bobot soal itu dari seluruh soal yang diberikan. Maka tidak menutup kemungkinan bobot soal dari seluruh soal, jumlahnya akan melebihi jumlah soal.
   Dari sini saja guru dapat menyimpulkan perolehan nilai siswa belum tentu memenuhi kompetansi yang diajarkan. Nilai kecil bukan berarti siswa tidak naik kelas, nilai besar bukan berarti telah memenuhi kreteria ketuntasan minimal (KKM).
   Di sinilah pentingnya analisis asil evaluasi, yang merupakan salah satu tugas guru yang harus dilaksanakan. Selanjutnya guru tinggal mengitung apakah siswa perlu melakukan perbaikan atau tidak. Jika dikehendaki melakukan perbaikan secara klasikal,misalnya, gunakan bahwa apabila 70 % jumlah bobot belum dicapai oleh 50 % jumlah siswa dalam 1 mata uji. Dan jika dikehendaki perbaikan secara satu persatu siswa,misalnya, gunakan bahwa apabila 70 % jumlah bobot belum dicapai oleh perolehan nilai siswa individu. Dari olah nilai itu  didapat  rata-rata kompetensi siswa dalam satu kelas di satu mata pelajaran.
    Ternyata menganalisis tidak begitu susah dilakukan. (bersambung).

    

Selasa, 29 Mei 2012

MUTU LULUSAN SMA/SMK CERMINAN MUTU GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ITU

oleh : Agus Warsono

   Awal tahun ajaran adalah awal para orang tua menilai sekolah mana yang terbaik untuk menyekolahkan putra-putrinya. Sekolah favoriet belum tentu bakal menjamin    bermutu baik, begitu juga sekolah mahal. Sebaliknya sekolah non favoriet atau sekolah murah belum tentu siswanya tidak bermutu.
   Sekolah berpredikat ter-Akreditasi A, atau sekolah ber-Standar Nasional/Internasional bukan menjamin seluruh lulusannya dapat diterima di perguruan tinggi negeri. Sebaliknya sekolah biasa-biasa saja (SBBS) yang tanpa predikat bukan tidak mungkin mutu lulusanya menjadi baik. Semuanya terantung dari bagaimana pengelola pendidikan melakukan standar proses pembelajaran di sekolah itu dengan mengacu pada peningkatan mutu lulusan.
   Berkenaan dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dapat disinilah sebuah lembaga pendidikan tingkat satuan pendidikan SMA/SMK/MA dipertaruhkan akan mutu lulusannya. Penulis tidak bermaksud menilai lembaga pendidikan mana yang terbanyak atau sedikit lulusannya diterima PTN (Perguruan Tinggi Negeri) namun menajak kepada masyarakat untuk pandai menilai bakal sekolah bagi putra-putrinya yang hendak ke SMA/SMK/MA. Sebab kini bukan hal baru bila masyarakat telah memiliki rasa kepentingan dan gengsi untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah faforiet.
    Perkembangan pendidikan kini telah menjadi industri pendidikan yang menawarkan berbagai fasilitas dan jaminan belajar di lembaga itu. Barbagai iming-iming ditawarkan dari mulai fasilitas sarana, sampai beasiswa. Namun jangan sampai terjebak, setelah anak kita masuk sekolah itu bukannya harapan yang didapat dari promosi sebelumnya, tetapi justru biaya pendidikannya yang mencekik leher.
   Kini masyarakat  harus mulai sadar dan dapat menilai sebuah lembaga pendidikan tingkat satuan pendidikan SMA/SMK/MA yang terbaik untuk putra-putri kita. Sebagai salah satu kreteria penilaian itu adalah melihat banyak atau tidaknya lulusan yang diterima di PTN secara rata-rata dan sederhana menilai. Sebab mutu lulusan SMA/SMK/MA merupakan mutu guru atau mutu lembaga sekolah itu bagaimana menjamin mutu lulusannya.
(bersambung)
Indramayu, 29 Mei 2012.

Selasa, 22 Mei 2012

DANAU KELIMUTU , ENDE NUSA TENGGARA TIMUR

Wisatawan menikmati pesona Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Minggu (8/1/2012). Danau Kelimutu yang menawarkan keindahan alamnya masih menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Flores.

Senin, 21 Mei 2012

HARI KEBANKITAN NASIONAL KE-104 , 20 MEI 2012

Foto bersama, saat setelah pertemuan Budi Oetomo 1908 di Jakarta.

TUGU KEBANGKITAN NASIONAL DI JAKARTA

Minggu, 20 Mei 2012

MEMAKNAI KEBANGKITAN NASIONAL 20 MEI 2012

oleh : Agus Warsono, SPd.MSi
         (guru sekolah dasar di Indramayu)

   BICARA kebangkitan nasional berkaitan erat dengan bicara Pendidikan Karakter Bangsa yang konon oleh Kemendiknabud didengungkan dan bakan masuk dalam kurikulum sekolah. Demikian karena kebangkitan suatu bangsa terletak pada generasi mudanya. Dan generasi muda tentu terdapat pada generasi pelajar dan mahasiswa yang kelak akan merubah dalam meneruskan jalannya negara ini.
   Mungkin tak arif apabila menyalahkan kenapa, mengapa, bagaimana, kebangkitan   nasional yang telah berumur 104 tahun ini seakan para pemuda kita semenjak Kemerdekaan 1945 terlena dan hanya menikmati hasil pendalu kita. Walau tiap tahun diperingati yang tampak hanya slogan verbalis dan budaya peringatan ari besar yang diperingati tiap tahun.
     Demikian karakter bangsa ini secara umum  jika tak ada rasa senasib dalam kontek nasional, maka karakter bansa ini secara umum hanya mengikuti apa yang terjadi dan dialami dalam hidupnya. Mungkin kesadaran kebangkitan itu hanya terletak dalam diri dan keluarganya. Secara umum kebangkitan untuk negeri "apa kata nanti".
   Kemerdekaan yang diraih 17 Agustus 1945 sebenarnya adalah buah dari kebangkitan nasional pada 1908. Ini berarti baru setelah 37 tahun membuakan hasil dari cita-cita kebangkitan itu. Sedang kesadaran dari cita-cita kebangkitan itu muncul pada 28 Oktober 1928 (Sumpah Pemuda) setelah 20 tahun memupuk kesamaan pandangan dan kesamaan cita-cita.
    Kini kita hanya mengisi kemerdekan, yang dibutuhkan dalam nilai kebangkitan itu adalah mengisi kemerdekaan itu, mempertahankan kemerdekaan itu. Mengisi   kemerdekaan berarti pembangunan di segala bidang termasuk pembangunan karakter manusia. Dan mempertahankan kemerdekaan adalah menjaga keutuhan NKRI sebagai amanat pendahulu kita. Dua tugas ini yang jika diukur dengan perjuangan pahlawan kita dahulu masih belum ada apa-apanya.