KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR
Manajerial Menyusun perencanaan
sekolah/madrasah untuk
berbagai tingkatan
perencanaan
Merumuskan visi sekolah/madrasah
Membedakan rumusan visi dan misi
Merumuskan misi sekolah/madrasah
Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
Mengarahkan perencanaan evaluasi program
Memimpin sekolah/madrasah
dalam rangka
pendayagunaan sumber daya
secara optimal
Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman
sekolah/madrasah
Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan
pelaksanaan program
Menciptakan budaya dan
iklim sekolah/madrasah yang
kondusif dan inovatif bagi
pembelajaran peserta didik
Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang
interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif.
Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa,
kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan
psikologis peserta didik
Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam
meningkatkan prestasi belajar
Mengelola guru dan staf
dalam rangka
pendayagunaan sumber daya
manusia secara optimal
Menganalisis kebutuhan guru dan staf
Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk meningkatkan
motivasi kerja guru dan staf
DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR
Mengelola sarana dan
prasarana sekolah/ madrasah
dalam rangka
pendayagunaan secara
optimal
Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana
prasarana
Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan
sekolah/madrasah
Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana
dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
Mengelola peserta didik
dalam rangka penerimaan
peserta didik baru, dan
penempatan, dan
pengembangan kapasitas
peserta didik
Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak
diskriminatif
Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan
pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
Mengelola keuangan
sekolah/madrasah sesuai
dengan prinsip pengelolaan
yang akuntabel, transparan,
dan efisien
Menyusun RKAS
Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan
dan akuntabel
Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
Mengelola ketatausahaan
sekolah/madrasah dalam
mendukung pencapaian
tujuan sekolah/madrasah
Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan
sekolah/madrasah
Melakukan monitoring,
mengevaluasi, dan pelaporan
pelaksanaan program
kegiatan sekolah/madrasah
dengan prosedur yang tepat,
serta merencanakan tindak
lanjutnya
Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri
Sekolah/madrasah
Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program
sekolah/madrasah
KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR
Usaha Pengembangan
Sekolah
Mengembangkan organisasi
sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai
organisasi pembelajar yang efektif
Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai
hasil analisis tugas dan fungsi
Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan
struktur organisasi
Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai
dengan struktur organisasi
Mengelola perubahan dan pengembangan
sekolah/ madrasah menuju organisasi
pembelajar yang efektif
Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi
pembelajar
Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi
seluruh warga sekolah/madrasah
Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
perangkat organisasi pembelajar
Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan
masyarakat dalam rangka pencarian
dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah/madrasah
Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder
dalam penyelenggaraan pendidikan
Membangun kemitraan dalam pengembangan
sekolah/madrasah
Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/
pemangku kepentingan untuk mendukung
penyelenggaraan pendidikan
Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai
dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu
kepada standar isi
Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang
mengacu kepada standar proses
Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang
mengacu kepada standar penilaian
Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar
kompetensi lulusan
DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR
Mengelola unit layanan khusus sekolah/
madrasah dalam mendukung kegiatan
pembelajaran kegiatan peserta didik di
sekolah/madrasah
Merumuskan tujuan layanan khusus
Menyusun program unit layanan khusus sekolah
Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan
pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah
Mengelola sistem informasi pendidikan di
sekolah/ madrasah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan
keputusan
Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan
Sistem Informasi Sekolah (SIS)
Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam
membantu pengambilan keputusan
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi
bagi peningkatan pembelajaran dan
manajemen sekolah/madrasah
Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam
pengolahan data
Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam
penyampaian informasi sekolah
Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran
berbasis ICT
Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran
berbasis ICT
KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR
Kepemimpinan
Pembelajaran
Mengembangkan strategi dalam
peningkatan prestasi akademik seluruh
siswa secara berkelanjutan
Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi
belajar.
Membangun kultur pembelajaran yang
progresif dan kondusif di sekolah agar hasil
belajar siswa dapat mencapai target optimal
Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
Mendukung iklim pembelajaran akademis
Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga
sekolah agar menjadi komunitas pembelajar
Melibatkan pemangku kepentingan dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran
Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi
permasalahan pembelajaran
Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan
hal yang terbaik
Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan
hasil pembelajaran
Melibatkan pemangku kepentingan dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran
Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga
sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung
jawabnya
Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan
eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam
pembelajaran
Meningkatkan hasil belajar warga sekolah
melalui peningkatan mutu proses
pembelajaran secara berkelanjutan
Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk
meningkatkan profesionalisme warga sekolah
KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR
Kewirausahaan Menciptakan inovasi yang berguna bagi
pengembangan sekolah/ madrasah
Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/
madrasah
Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan
sekolah
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan
sekolah/madrasah sebagai organisasi
pembelajar yang efektif
Merancang strategi dalam membangun budaya kerja
keras
Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja
keras
Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan
sekolah
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses
dalam melaksanakan tugas pokok dan
fungsinya sebagai pemimpin sekolah/
madrasah
Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target
yang ditetapkan
Pantang menyerah dan selalu mencari
solusiterbaik dalam menghadapi kendala
yang dihadapi sekolah/madrasah
Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang
dilakukan
Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala
yang dihadapi sekolah
Memiliki naluri kewirausahaan dalam
mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/
madrasah sebagai sumber belajar peserta
didik
Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya
sekolah
Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan
sekolah
KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI KOMPETENSI INDIKATOR
Supervisi Merencanakan program
supervisi akademik dalam
rangka peningkatan
profesionalisme guru
Menyusun program supervisi akademik
Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup
pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
Melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru
dengan menggunakan
pendekatan dan teknik
supervisi yang tepat
Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam
kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan
sesuai dengan tujuan supervisi akademik
Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi
akademik
Menindaklanjuti hasil
supervisi akademik
terhadap guru dalam
rangka peningkatan
profesionalisme guru
Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung
(output) supervisi akademik
Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi
supervisi akademik
Menentukan langkah-langkah supervisi klinis