Sabtu, 03 September 2016

Lumbung Puisi IV



Supi El-Bala

Kepada Badak-badak Ibuku

 “Badak badak badak badak badak...”
 (Kata ibuku pada balita kasihnya disesanjung
Generasi dalam buaian...)
Aku pikir rapalan badak ibuku yang ditiru mantu
Adalah mantra balita, penawar tangis
Atau sedang mewaris nama hewan yang sedarsa kan langka
Atau menoreh garis corpus otak tentang binatang bercula satu
Sekaligus berharap, “semoga anak cucu masih ketemu...!”

 “Badak badak badak...”
Badak ibuku adalah bahasa kampungku yg punah
Bahasa yang jauh dari sign ke refren-nya
 “Berharap tangguh, tak bergeming, tetap panceug
Keyakinannya”

Tak sesentipun Ibuku berdoa untuk bermuka badak
apalagi berpanjang-panjang, menghimpunmu agar berkulit badak !



















Suyitno Ethex

Seekor Binatang

dalam belantara seekor binantang
menyibak belukar dedaunan
sedari pagi hingga petang
mempertahankan kehidupan
mempertahankan keberadaan

musuhnya tak hanya sesama binantang
tapi juga manusia yang lebih binantang
setiap seekor binantang yang ada
saling berebutan di dalam rimba raya

tak jarang ada manusia
masuk ke dalam rimba raya
membawa senjata berburu binantang
yang sifatnya lebih dari binantang

seekor binantang dalam rimba belantara
mempertahankan keberadaannya
mempertahankan kehidupannya
bukan hanya melawan sesama binantang
tapi juga melawan manusia
mojokerto, 9 agustus 2016

















Suyitno Ethex
Kabar dari Rimba

angin dari rimba
pohon-pohon tumbang
hewan-hewan tak tenang
adanya perambah hutan
yang liar lebih liar dari binantang

satwa yang seharusnya dijaga
dikejar ditangkap demi harta
begitu juga pohon-pohon yang ada
ditebangi tanpa sisa

kabar dari rimba
margasatwa dilanda resah
karena pohon-pohon tempat berteduh
dijarah tanpa patuh

segala satwa merana
tempatnya bercinta dilanda
para manusia yang murka
demi harta semata

kabar dari rimba
margasatwa tak tenang hidupnya
margasatwa tak tenang tidurnya
karena istananya dilanda
orang-orang yang lupa
menjaga margasatwa
mojokerto, 16 Agustus 2016



                         


Tajuddin Noor Ganie

Kisah Terhapusnya Jejak Kaki Burung

Sejak lama kicauan burung telah sirna
di belukar fana airmata ini
Jejak kakinya tak lagi nyata di mana-mana
Nyanyiannya tinggal fiksi sebatas legenda saja

Pabrik kayu lapis yang dulu
dibangun berlapis-lapis
Di tepi sungai itulah
yang mengikis habis
nafas–nafas emprit, pipit,
gelatik, bahkan elang raja
Mereka lunglai tak berdaya
di hadapan marabahaya

Dulu, pabrik kayu lapis yang berlapis-lapis itu
memompakan racun ke udara terbuka
setiap hari tanpa jeda
dalam waktu yang lama
melalui cerobong-cerobong asapnya
yang digjaya

Sungguh, lumbung-lumbung racun itu
Telah menuba angkasa dengan semena-mena
Hingga menjadi wilayah berbahaya

Sejak lama jejak kaki burung-burung itu terhapus. Tak lagi berbekas di dahan-dahan pepohonan yang juga merapuh
karena menghirup tuba yang sama

Banjarmasin, 20 Januari 2014





Tajuddin Noor Ganie

Mitos yang Lunglai Dihadapan Waktu

Sejak lama nafas-nafas ikan
Tak lagi berbekas di belukar sungai ini
Banjir yang datang silih berganti
Menderas ke hilir
Membawa tuba yang
Berbiak-biak di hulu-hulu

Hujan membuat tebing-tebing longsor
Tuba yang melekat di sana
terkelupas dan berubah jadi debu
yang begitu ringan mengapung ke hilir

Debu-debu tuba itulah yang
Mengikis nafas ikan
hingga semuanya sirna
Menjadi mitos yang lunglai
di hadapan waktu

Banjarmasin, 20 Januari 2014



Puisi Wadie Maharief , Thomas Haryanto Soekiran di Lumbung Puisi Jilid IV




Thomas Haryanto Soekiran

Kejadian Empat Kebun Binatang

Buaya. Buaya hanya mau mengawini dengan pasangannya saja.
Takpeernah bias selingkluh.
Berani dengan betina yang lain katika kekasihnya telah mati.
Sekalipun begitu tetap saja buaya. Keranjang.
Kemana mau diam membisu.menyembunyikan bijak.enyembunyikan kesetiannya.
Menyembunyikan kecerdasannya.
Hingga jauh dari tebar pesona. Jauh dari gemagah.
Sekalipun begitu tetap saja mata ke
ranjang.
Padahal kemanapun pergi tak pernah membawa keranjang.
Kupukupu.
Bersahabat tak mau berkhianat.
Bukan karena takut kwalat.
Tapi memang sudah kodrat. Kodrat untuk selalu tak boleh menyakiti.
Tak banyak suara.
Tak banyak ngomong.
Biarpun siklus kekepompong.
Harus menghindar dari gelap.
Harus menjauh dari cahaya.
Sebabbila sekali saja sendirian menyusur malam.
Tetap saja kupukupu malam.
Semua binatang yang paling buas sekalipun ternyata merindukan menjadi manusia.
Oh manusia.
Benarkah manusia benarbenar manusia.
Sampai-sampai binatang buaspun merindukan menjelma jadi manusia.
2016,Padepokan seni matahariku purworejo




Wadie Maharief

Cecak dan Buaya

cecak kecil
tidak berani melawan buaya
tapi cecak tidak takut
bermain dengan buaya-buaya

buaya besar
pasti tidak takut sama cecak
tapi buaya tidak mau
menelan cecak
karena tidak akan membuat
kenyang perutnya

cecak suaranya nyaring
kalau cecak bersuara
suka membuka rahasia
buaya suka menangis
kalau buaya menangis
tak perlu dipercaya
---- Yogya 13 Agustus 2016







Wadie Maharief

Kebun Binatang

seekor anjing liar
menggonggong-gonggong
di luar kebun binatang
seperti seorang provokator
memancing suara lain
saat makan siang
belum juga dikirim para pawang
maka seisi kebun bintang
pun menyambut
gonggongan itu serentak
dengan suara bagai koor
yang tak terkoordinasi
saling berebut paling keras
saling berebut paling nyaring
saling berebut paling ribut
monyet dan kawan-kawan
bersungut-sungut sambil melompat-lompat
para gajah menari-menari dengan belalainya
kelompok kuda dan kijang meringkik-ringkik
buaya dan ular mangap-mangap
sambil menjulurkan lidah berbisa
kecuali singa dan harimau
diam tak peduli
seperti kehilangan selera makan

"akh, gara-gara seekor anjing liar
kebun binatang ini jadi ribut,"
katanya, lalu merebahkan tubuhnya
dengan tetap waspada

------- Yogya 11 Agustus 2016

Puisi-puisi Wahyudi Abdurrachman Zaenal. Wans Sabang , Yuyun Ambarwanto di Lumbung Puisi Jilid IV




Wahyudi Abdurrahman Zaenal,

Senum Arwana Simbol Belaka

Ketika mereka dijadikan simbol kehidupan dunia nampaknya tentram-tentram saja
Wajah ceria segar menggelembung pada akuarium senyum sapa semesta
Glamour kesan menuang manja hidup bagai tiada suatu kekurangan
Warna boleh indah sisik sangat sempurna menawan para kolektor
Napas terbelenggu pada sekatan kontes yang menyesakkan kehidupan alami
Bergaya bak selebritis hanya untuk kepuasan manusia pemuja kesempurnaan
Nun jauh di pedalaman habitat kian punah diburu penjarah
Inginkan nilai jualmu yang kian melangit tanpa sadar lenyapkan
Senyummu Arwana dalam kerangkeng simbol belaka langka di mata

Pontianak, 15 Agustus 2016


 Wans Sabang


Kupu-kupu Malam

kalau boleh ia memilih:
selamanya menjadi ulat
dalam kepompong pedih
dari pada keindahannya hanya fatamorgana

Busway, 12 Agustus 2016


Wans  Sabang

Kutu Loncat
: Ahok

Untuk apa ktp?
Hari ini kau bilang teman kami,
besok kau bilang teman Megawati, beaoknya lagi kau bilang temannya Jokowi.
Aku cuma kutu buku tak mungkin jadi teman kamu,
lagi pula siapa yang mau berteman dengan kamu?
Kutu loncat tukang caci maki.

Bogor, Agustus 2016





 Yuyun Ambarwanto

Sajak Burung Rimba

Beburung rimba berkicau mencumbui rerimbun alam raya
Seolah pohon, batang, dahan, ranting, dan daun menjadi istana tuk bercengkerama
Mereka berterbangan melintasi cakrawala
Hingga suatu ketika terhenti di sebuah pohon tua
Terbersit olehnya, cerita pohon-pohon cemara
Bertuturlah burung kepada kawannya
Setialah kita pada pasangannya
Ambilah hikmah yang ada di sekeliling kita:
Ibarat dahan tak pernah mengeluh menopang ranting yang kering
Dimana daun justru berselingkuh dengan batang yang lain
“Masih adakah rindu diantara kita?”, tanya akar dalam gamang
Burung pun bergeleng-geleng kepala, sambil merawat rindu yang tak bertepi perihnya

            Wonogiri, 17 Agustus 2016

Bentuk lumbung di Indramayu memiliki khas tersendiri.

Bentuk lumbung di Indramayu memiliki khas tersendiri. Bangunannya tidak terlalu besar hanya berukuran 2 m x 3m lumbung ini hanya untuk persediaan makan keluarga petani. Namun ada juga lumbung desa, lumbung ini pun tidak terlalu besar dan nyaris sama ukurannya hanya biasa berdiri lebih dari satu bangunan untuk membedakan pemilik baran atau peruntukannya. Lumbung di Indramayu biasa dibuat dari bilik bambu dan tidak terlalu kukoh atau memiliki septi keamanan isi lumbung. Pintunya terkadang hanya di kunci palang pintu, tidak terlalu tinggi panggungannya dari tanah sampai lantai lumbung, karenanya tidak digunakan tangga menuju pintu lumbung. Lumbung di Indramayu tidaklah biasa berisi beras atau padi, namun bisa juga buah kelapa, ikan gesek, atau pun jagung tergantung keperluan pemiliknya.
Lumbung kemudian banyak dimanfaatkan dibuat untuk kandang ayam dikarenakan musim paceklik. Demikian lumbung masyarakat desa di Indramayu biasa berada di pekarangan rumah atau sekitar rumah dimaksudkan agar selalu terkontrol oleh majikannya. (rg bagus W)

Sambut Hari Jadi Indramayu 7 Oktober 2016, Berokan Sudah Semakin Langka


4o th lalu Seni pertunjukan Berokan tradisional daerah Indramayu sering dijumpai di desa-desa. Grup seni berokan ini sering digunakan dalam acara-acara adat dan juga mengamen keliling. Berokan ini bentuknya adalah kedok harimau/macan dengan baju karung goni untuk menutup seluruh tubuh pemainnya. Sedang penglihatan pemain berokan dari karung itu atau dari mulut harimau. Sedang kedoknya tidak dipakai pada muka pemain tetapi dipegang sehingga kepala harimau itu bisa digerakan menari. Daerah-daerah berokan ini berasal dari Jatibarang, Hargeulis, Bangodua, dan sebagian kecamatan Lohbener dan Losarang.
Kini sudah jarang sekali berokan muncul di Indramayu.

Mari berpuisi bersama, untuk dinikmati bersama, dengan kemampuan bersama untuk sastra Indonesia.

Saya bayangkan beberapa penyair menulis puisi tentang binatang-binatang imajinatif ( misal Derabat, burung raksasa khayalan Budi Darma; juga Kappa, semacam Derabat yang telah menjadi mitos bertahun-tahun di Jepang; Yeti di Nepal ) yang dapat menggugah daya imajinasi pembacanya dan merangsang imajinasi lain untuk bidang-bidang lain.
Betapa berharganya puisi-puisi ini bagi pelajar dan generasi sesudah kita karena telah memberikan pemahaman anatomis, filosofis dan simbolis tentang sebuah kota, negara, atau benda (Hasan Bisri Bfc).

Jumat, 02 September 2016

40 th lalu di Indramayu Masih Ada yang Menggunakan Penumbuk Padi


 

40 tahun lalu pabrik penggilingan padi masih jarang, petani Indramayu banyak yang menggunakan alat penumbuk padi berupa lumang dan alu , alat penumbukpadi tradisional. Alunya terbuat dari kayu petai cina (bendara) yang sudah memiliki galing /tua.Sedang lumpangnya terbuat dari batu kali yang biasa dibeli dari pengrajin di daerah/kota pegunungan (kuningan/majalengka) . Biasanya masyarakat menumbuk padi secara bersama-sama atau keluarga kecil setiap kali beras habis dan persediaan gabah mencukupi.
Kini pengguna alat penumbuk padi sudah langka, jika ada hanya untuk menumbuk bumbu orang hajatan atau menumbuk nasi ketan untuk dibuat makanan gemblong, atau lainnya. alat penumbuk padi ini adalah peninggalan ibu mertua doeloe dan asih terdapat di gubuk sanggaraku.
(rg bagus warsono)