Berikut
Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 :
1. MANAJERIAL
a.
Menyusun perencanaan
sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan
·
Merumuskan visi sekolah/madrasah
·
Membedakan rumusan visi dan misi
·
Merumuskan misi sekolah/madrasah
·
Membedakan rumusan misi dan
tujuan sekolah/madrasah
·
Merumuskan tujuan
sekolah/madrasah
·
Membedakan rumusan visi dan
tujuan sekolah/madrasah
·
Menyusun rencana kerja
sekolah/madrasah
·
Menyusun perencanaan evaluasi
program sekolah/ madrasah
·
Mengarahkan perencanaan evaluasi
program
b.
Memimpin sekolah/madrasah dalam
rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
·
Menganalisis kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
·
Memaksimalkan sumberdaya
sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program
c. Menciptakan budaya dan iklim
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
· Mengaitkan budaya
sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang,
memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
·
Mengarahkan tumbuhnya iklim yang
memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat,
minat dan perkembangan psikologis peserta didik
·
Mencerahkan peserta didik untuk
berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar
d.
Mengelola guru dan staf dalam
rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
·
Menganalisis kebutuhan guru dan
staf
·
Menugaskan guru dan staf sesuai
dengan kompetensi yang dimiliki
·
Melatih guru dan staf dalam
peningkatan keprofesian berkelanjutan
· Menerapkan prinsip penghargaan
dan pembinaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf
e.
Mengelola sarana dan prasarana
sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
·
Menganalisis kebijakan program
tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
·
Memaksimalkan penggunaan sarana
prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
·
Memaksimalkan
pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan
dan keamanan lingkungan
f. Mengelola peserta didik dalam
rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan
kapasitas peserta didik Menyeleksi peserta didik
baru (PPDB)
·
Melaksanakan PPDB secara
objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
· Melaksanakan orientasi peserta
didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
·
Mengarahkan peserta didik sesuai
kompetensi, bakat, dan minat
g. Mengelola keuangan
sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan,
dan efisien Menyusun RKAS
·
Melaksanakan pengelolaan keuangan
sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
·
Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan
Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
h. Mengelola
ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah /
madrasah
·
Membuat daftar urut kepangkatan
pegawai
·
menerapkan pelayanan operasional
standar ketatausahaan sekolah/madrasah
i. Melakukan monitoring,
mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah
dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
·
Menganalisis kinerja
sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
·
Melaksanakan tindak lanjut hasil
monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah
2. USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH
a.
Mengembangkan organisasi
sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
·
Menganalisis tugas dan fungsi
sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
·
Merancang struktur organisasi
sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi
·
Melaksanakan rincian tugas dan
fungsi pengembangan struktur organisasi
·
Mengevaluasi keterlaksanaan tugas
dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi
b.
Mengelola perubahan dan
pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
·
Mengembangkan perangkat yang
menunjang organisasi pembelajar
·
Mengembangkan suasana belajar
yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
·
Merumuskan prinsip-prinsip
evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar
c. Mengelola hubungan
sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber
belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
·
Menggali bentuk dukungan
masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
·
Membangun kemitraan dalam
pengembangan sekolah/madrasah
·
Menggali sumber daya yang berasal
dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan
pendidikan
d.
Mengelola proses pencapaian 8 SNP
sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
·
Mengaplikasikan pengembangan
kurikulum yang mengacu kepada standar isi
·
Mengaplikasikan pengembangan
proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
·
Mengaplikasikan sistem penilaian
pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
·
Melaksanakan penjaminan mutu
pencapaian standar kompetensi lulusan
e.
Mengelola unit layanan khusus
sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik
di sekolah/madrasah
·
Merumuskan tujuan layanan khusus
·
Menyusun program unit layanan
khusus sekolah
·
Mensinergikan unit layanan khusus
sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
·
Mengevaluasi program unit layanan
khusus sekolah
f.
Mengelola sistem informasi
pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan
pengambilan keputusan
·
Menyusun program Sistem Informasi
Sekolah (SIS)
·
Meningkatkan peran warga sekolah
dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
·
Menggunakan Sistem Informasi
Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan
g.
Memanfaatkan kemajuan teknologi
informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
·
Menerapkan pemanfaatan teknologi
informasi dalam pengolahan data
·
Menerapkan pemanfaatan teknologi
informasi dalam penyampaian informasi sekolah
·
Memfasilitasi guru dalam
merancang model pembelajaran berbasis ICT
·
Memfasilitasi guru dalam
mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT
h.
Kepemimpinan Pembelajaran
· Mengembangkan strategi dalam
peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
·
Memecahkan masalah peningkatan
prestasi belajar.
·
Melaksanakan program peningkatan
prestasi belajar.
·
Menilai pelaksanaan program
peningkatan prestasi belajar.
i.
Membangun kultur pembelajaran
yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai
target optimal
·
Menganalisis lingkungan belajar
yang kondusif
·
Mendukung iklim pembelajaran
akademis
·
Memaksimalkan pembiasaan positif
seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar
j.
Melibatkan pemangku kepentingan
dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
·
Mengarahkan warga sekolah dalam
mengatasi permasalahan pembelajaran
·
Menganalisis komitmen warga
sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
·
Menjalin jejaring sekolah untuk
optimalisasi proses dan hasil pembelajaran
k.
Melibatkan pemangku kepentingan
dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
· Menetapkan harapan-harapan yang
tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
·
Memfasilitasi
warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru
dalam pembelajaran
l. Meningkatkan hasil belajar warga
sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
·
Melakukan pengembangan kurikulum
yang berkelanjutan
·
Memaksimalkan peran organisasi
profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah
3. KEWIRAUSAHAAN
a.
Menciptakan inovasi yang berguna
bagi pengembangan sekolah/ madrasah
·
Merancang inovasi untuk
pengembangan sekolah/ madrasah
·
Menciptakan gagasan kreatif dalam
pengembangan sekolah
b.
Bekerja keras untuk mencapai
keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
·
Merancang strategi dalam
membangun budaya kerja keras
·
Menerapkan strategi untuk
membangun budaya kerja keras
·
Membangun etos kerja untuk
mencapai keberhasilan sekolah
c.
Memiliki motivasi yang kuat untuk
sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/
madrasah
·
Menunjukkan keinginan yang kuat
untuk sukses
·
Melakukan upaya-upaya positif
untuk mencapai target yang ditetapkan
d. Pantang menyerah dan selalu
mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah
·
Memperhitungkan risiko yang
muncul akibat upaya yang dilakukan
·
Merumuskan alternatif solusi
dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah
e.
Memiliki naluri kewirausahaan
dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar
peserta didik
·
Membangun kemandirian dalam
mengelola sumber daya sekolah
·
Menggunakan peluang untuk
memaksimalkan kegiatan sekolah
4. SUPERVISI
a.
Merencanakan program supervisi
akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
·
Menyusun program supervisi
akademik
·
Merumuskan tahapan teknik
supervisi akademik.
·
Menjabarkan tujuan supervisi
akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
·
Menggunakan pendekatan supervisi
akademik yang efektif
·
Menyusun prosedur monitoring dan
evaluasi supervisi akademik
·
Merumuskan kriteria pencapaian tujuan
supervisi akademik (output)
b. Melaksanakan supervisi akademik
terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
·
Melaksanakan supervisi akademik
yang didasarkan pada kebutuhan
·
dan masalah nyata yang dihadapi oleh
guru
· Membangun hubungan dengan guru
dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan
prinsip-prinsip supervisi akademik
· Menggunakan pendekatan dan teknik
supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
·
Memecahkan masalah pengembangan
pembelajaran supervisi akademik
·
Menggunakan teknologi informasi
untuk mendukung keefektifan supervisi akademik
c.
Menindaklanjuti hasil supervisi
akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
·
Merumuskan kriteria pencapaian
dampak supervisi akademik (outcome)
·
Mengembangkan instrumen
pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
·
Melakukan analisis hasil evaluasi
untuk kepentingan tindak lanjut
·
Mengembangkan program tindak
lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
·
Menentukan langkah-langkah
supervisi klinis
Berikut
Kisi-kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2015 selengkapnya :
1.
SUPERVISI MANAJERIAL
a. Menguasai
metode, teknik dan prinsip- prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan di sekolah
· Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial
untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
· Menerapkan metode supervisi manajerial
· Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
· Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
b. Menyusun
program kepengawasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidikan di
sekolah
· Menganalisis kebutuhan program kepengawasan
supervisi manajerial
· Membagankan program kepengawasan supervisi
manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di sekolah
· Merancang
program kepengawasan supervisi manajerial berdasarkan visi, misi, tujuan dan
program pendidikan di sekolah
c. Menyusun
metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan
fungsi pengawasan disekolah
· Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
· Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan
· Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan tugas
pokok dan fungsi pengawasan
· Menyusun instrument kepengawasan
· Mengunakan insrumen kepengawasan
d. Menyusun
laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program
pengawasan berikutnya di sekolah
· Menganalisis hasil supervisi manajerial
· Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
· menyusun program tindaklanjut hasil kepengawasan
e. Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan
administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu
pendidikan di sekolah
· Melaksanakan pembinaan dalam pengelolaan satuan
pendidikan sesuai 8 SNP
· Melaksanakan pembinaan dalam penyusunan
administrasi sekolah
· Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan
bimbingan konseling di sekolah
· Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam
menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
· Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam
melaksanakan bimbingan konseling
f. Mendorong
guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk
menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di sekolah
· Meningkatkan motivasi guru untuk melakukan refleksi
terhadap tugas pokoknya
· Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam
merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan administrasi sekolah
g. Memantau
pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk
membantu kepala sekolah
· Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional
Pendidikan di sekolah
· Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk
penyusunan program sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP
2.
SUPERVISI AKADEMIK
a. Menyusun rencana pengawasan akademik (RPA)/ rencana
pengawasan bimbingan konseling (RPBK)
· Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
· Merumuskan tujuan supervisi akademik
· Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi
pada RPA/RPBK
b. Memahami
konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan
tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Mencerahkan
guru tentang konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
· Melatih
guru menggunakan konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
c. Memahami
konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan
proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
· Mencerahkan
guru tentang konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan
perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran
· Melatih
guru menggunakan konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan
kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran
d. Membimbing
guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan
prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
· Membimbing guru menganalisis SK dan KD
· Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian
kompetensi
· Membimbing guru dalam menentukan materi pelajaran.
· Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.
e. Membimbing
guru dalam memilih dan menggunakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran/
bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran.
· Membimbing
guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat
mengembangkan berbagai potensi siswa
· Mencontohkan
guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat mengembangkan
berbagai potensi siswa.
f. Membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Membimbing
guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang dapat
mengembangkan berbagai potensi siswa.
· Membimbing guru dalam merumuskan tujuan
pembelajaran
· Mengarahkan guru dalam menyusun materi pembelajaran
· Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan
pembelajaran
· Membimbing guru menentukan sumber belajar
· Membimbing guru merancang penilaian hasil belajar.
g. Membimbing
guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas,
laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran.
· Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran yang telah disusun pada RPP
· Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur
dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
h. Membimbing
guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan
dan fasilitas pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran.
· Mengarahkan guru dalam mengatur fasilitas
pembelajaran.
· Membimbing
guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling tepat sesuai dengan
karakteristik masing-masing KD
· Membimbing guru menemukan media pembelajaran
i. Memotivasi
guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap
bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi
komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
· Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam
pelaksanaan proses pembelajaran.
3.
PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
a. Menguasai
berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
· Membandingkan karakteristik berbagai pendekatan
dalam penelitian
· Mengklasifikasi berbagai jenis penelitian
b. Menentukan
masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas
pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas
· Melatih kepala sekolah dalam mengidentifikasi
masalah penelitian pendidikan
· Merumuskan masalah penelitian pendidikan
c. Menyusun
proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun
penelitian kuantitatif
· Mencerahkan tujuan penelitian
· Menyusun landasan teori
· Menentukan metodologi penelitian
d. Melaksanakan
penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan
kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya
· Memilih dan Mengembangkan instrumen penelitian
· Mengumpulkan data
e. Mengolah
dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun
data kuantitatif
· Mentabulasi data hasil penelitian
· Menganalisis data penelitian
· Menginterpretasikan data hasil penelitian
f. Menulis
karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan
dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan
· Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil
penelitian
· Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) non hasil
penelitian
· Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk perbaikan
mutu pendidikan
g. Menyusun
pedoman/panduan dan atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas
pengawasan di sekolah
· Menyusun buku pedoman tugas kepengawasan
· Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
h. Memberikan
bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan
maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
· Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi masalah PTK
· Menemukan topik/judul PTK
i. Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian
tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah
kejuruan
· Merumuskan masalah penelitian PTK
· Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
· Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori
yang berhubungan dengan topik penelitian
· Mencerahkan guru tentang tahapan siklus dalam PTK
4.
EVALUASI PENDIDIKAN
a. Menyusun
kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap
mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
· Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi
dasar
· Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran
b. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting
dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata
pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
· Membimbing
guru dalam membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan
karakteristik peserta didik
· Membimbing guru dalam mengkategorikan aspek-aspek
penilaian yang sesuai dengan tuntutan pencapaian kompetensi dasar
· Melatih guru dalam menentukan aspek-aspek penting
yang dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran/
bidang pengembangan
c. Menilai
kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam
melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu
pendidikan dan pembelajaran
· Menentukan aspek-aspek penilaian kinerja kepala
sekolah, guru, dan staf sekolah
· Memilih perangkat penilaian yang tepat digunakan
untuk menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
· Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf
sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya
d. Memantau
pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil belajar siswa serta
menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran
· Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru
dalam melaksanakan pembelajaran
· Menyimpulkan hasil pemantauan kinerja guru dalam
pembelajaran
· Menilai tingkat kesesuaian antara perencanaan
dengan pelaksanaan pembelajaran
e. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian
untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang
pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
· Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
· Mengarahkan guru dalam memanfaatkan hasil analisis
untuk menyusun program tindaklanjut
f. Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian
kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah
· Menyeleksi data hasil penilaian kinerja kepala
sekolah, guru, dan staf sekolah
· Menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala
sekolah, guru, dan staf sekolah
· Menyusun program tindak lanjut dalam rangka
perbaikan kinerja yang bersangkutan