Sabtu, 31 Desember 2011

Selamat Ulang Tahun Mingguan Potlot yang ke 2

1 Januari 2012 Ulang Tahun Mingguan Potlot yang ke 2 
sekaligus 
Ulang Tahun Himpunan Masyarakat Gemar Membaca ke 13 . 
Semoga sukses selalu . 
Mitra Pendidikan, Mitra iklan yang bermanfaat, dibaca lebih dari 1000 orang tiap bulannya.

Selamat Tahun Baru 2012 M , Semoga Anda Mendapat Keberuntungan di tahun 2012

Mingguan Potlot mengucapkanm Selamat Tahun Baru 2012 Semoga Anda Mendapatkan Keberuntungan di tahun 2012.Sukses Selalu.

Minggu, 25 Desember 2011

Mutiara Minggu ini

It is good to geve a poor man a fish, but it is better to teach him how to fish. Adalah baik jika Anda memberi ikan kepada orang miskin, tapi lebih baik jika Anda mengajarinya menangkap ikan.

LAMBANG DEPDIKNAS APA MASIH RELEFAN

Mutiara Minggu ini

Learning without thinking is usesless thingking without learning is dangerous. : Belajar tanpa berfikir tidak ada gunanya, berfikir tanpa belajar adalah berbahaya. (Confucius)

Sabtu, 24 Desember 2011

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan ranah kognitif, Afektif dan Psikomotor

Seringkali guru kesulitan memulai membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) padahal jika kita memahami tiga ranah itu, kita akan dengan mudah memulai membuat RPP yang baik. Mareilah kita tinjau dulu beberapa kata kunci dal;am Kurikulum 2006 / atau yang dapat diadaptasi menjadi Kurikulum Sekolah /KTSP.
   Pada Styandar Kompetensi akan kita dapatkan beberapa kata kunci sebagai berikut : Mendevinisikan, Menerapkan, Mengkonstruksikan, mengidentifikasikan, Mengenai, Menyelesaikan dan Menyusun.
   Kata-kata kunci tersebut dikembangkan dalam Kompetensi Dasar pada Kurimulum tersebut dengan kata -kata kunci sebagai berikut : Menunjukan, Mermbaca, Menghitung, Menggambar, Melafalkan, Mengucapkan, Membedakan, Mendevinisikan, Menafsirkan, Menerapkan, Mencerirtakan, Menggunakan, Menentukan, Menyusun ,. Menyimpulkan, Mendemonstrasikan, Menterjemahkan, Merumuskan, Menyelesaikan, Menganalisis, Mensintesis dan Mengevaluasi.
Bersambung....

Kamis, 22 Desember 2011

Mutiara Minggu ini

Respect your father's advice , it will be useful to you. : Hormatilahnasehat ayah Anda, itu akan bermanfaat bagi Anda.

Mutiara Minggu ini

The broader your knowledge, the closer you are to happiness and luck. : Makin luas pengetahuan Anda makin dekat anda dengan kebahagiaan dan keberuntungan.

Mutiara Minggu ini

A day on which you have not learded anything is a lost day. Hari saat Anda tidak mendapat pelajaran apa pun adalah hari yang sia-sia.




DISKUSI GURU
From :Kongres bahasa Jawa V Surabaya 27 - 30  Nofember 2011

Rabu, 21 Desember 2011

Mutiara Minggu ini

Jealousy and envy make life shorter . : Kecemburuan dan kedengkian memperpedek usia

Mutiara Minggu ini

Every expert started as an amateur. : Semua ahli memulai dengan amatir.

Mutiara Minggu ini

Of all capitals, knowledge gives the most interest. : Dari semua modal, ilmu pengetahuan mendatangkan bunga paling tinggi .

Mutiara Minggu ini

Who keeps learning all his life is like wine; the ripening experience during the years increases the quality.Siapa yang senantiasa belajar selama hidupnya adalah seperti anggur; pengalaman yang mematang selama bertahun-tahun meninggikan mutunya.

Mutiara Minggu ini

Education makes a community easy to lead bat difficult to direct, easy to order bat difficult to enslaf. / Pendidikan memuat masyarakat mudah dipimpin tapi sulit diarahkan, mudah diperintah tapi sulit diperbudak.

Selasa, 20 Desember 2011

Mutiara Minggu ini :

Apa yang Anda tanamkan dalam bentuk ilmu pengetahuan akan mendatangkan hasil terbanyak . (What you inves in knowlodge will yield the highest returns)

Senin, 19 Desember 2011

KOMPETENSIMENCINTAI PRODUK DALAM NEGERI

Pendidikan Karakter Bangsa Kompetensi mencintai produk dalam negeri Banggga putra bangsa dapat memproduk kebutuhan hidup sendiri Diantara mencintai Indonesia adalah mencintai produksi dalam negeri. Indonesia dengan kemampuan sendiri sebenarnya telah menunjukan pada dunia bahwa kita mampu memproduksi kebutuhannya sendiri. Namun penghargaan dari rakyat Indonesia patut ditingkatkan melalui contoh-contoh teladan para pemimpin dari semua lapisan di negeri ini. Bagaimana mungkin rakyat dapat menggunakan produk dalam negeri jika kita sendiri tidak menggunakanya atau bahkan mencemohnya. Gejala-gejala rakyat indonesia justru memuja produk luar semakin menggila.Ini dikarenakan beberapa kebijakan pemerintah justru membuka peluang untuk itu. Sebagai contoh masuknyaproduk luar negeri pada suatu jenis barang yang sesunguhnya di dalamnegeri telah mampu memproduknya malah dibuka seluas-luasnya sengga kita kalah saing di negeri sendiri. Padahal itu sebenarnya secara tidak langsung mematikan perusahaan/usaha rakyat kita sendiri. Permasalahan komplek tentang kompetensi ini sangat luas dan kadang menjadi dilema terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat. Karena itu Jika memang Rakyat Indonesia dapat mencintai produk asli Indonesia sendiri sebagai salah satu kompetensi pendidikan karakter, maka salahsatu cara adalah bagaimana pemerintah konsekwen terhadap masalah pendidikkan karakter dengan implementasinya terhadap membangun gaya hidup, dan gairah memproduk di dalam negeri.

Jumat, 16 Desember 2011

di HARI IBU 22 DESEMBER 2011

Minguan Potlot mengajak untuk mmenghormati Ibu dengan memberikan bingkisan :

BAHAGIAKAN IBU:
CERITAKAN KEBAHAGIAAN UNTUKNYA DAN JANGAN SAMPAIKAN KESEDIHANMU
CERITAKAN KEBERUNTUNGANMU UNTUKNYA DAN JANGAN SAMPAIKAN KESIALANMU
CERITAKAN PRESTASIMU DAN JANGAN SAMPAIKAN KEGAGALANMU
CERITAKAN KEKAYAANMU DAN JANGAN SAMPAIKAN MISKINMU
CERITAKAN SEHAT MU DAN JANGAN SAMPAIKAN SAKIT MU DAN KELUARGAMU

Oleh: agus warsono

Selasa, 13 Desember 2011

SH MINTARDJA PENGARANG BESAR INDONESIA

Pembaca mingguan Potlot, ada baiknya kita ketengahkan sosok pengarang besar,legendaris, maestro pengarang cerita silat, dan pujanga abad 20 Indonesia. Mungkin Anda pernah membaca bukunya lewat Api Dibukit Menoreh, yang termashur, atau
lewat Sabuk Inten dan Naga Sastra berupa drama radio. Berikut kami ketengahkan sosok pengarang yang membuat pembacanya tergila-gila dengan ceritanya siapa itu? tak lain adalah :
SH Mintardja
Bila anda menaruh di web anda, mohon cantumkan sumbernya
baik pembuat djvu, pdf atau ebookernya untuk memberi motivasi bagi yg
telah membuatnya dan Jadilah orang INDONESIA tahu membalas BUDI, trims
MAESTRO PENGARANG SILAT INDONESIA
SINGGIH HADI MINTARDJA
(26 Januari 1933 – 18 Januari 1999)
Semasa hidupnya, SH Mintardja lebih banyak dikenal sebagai penulis cerita bersambung serial silat dengan setting kerajaan Mataram zaman Sultan Agung di beberapa surat kabar, seperti Harian Bernas berjudul Mendung di Atas Cakrawala dan Api Di Bukit Menoreh di Kedaulatan Rakyat. Episode terakhir yang hadir di hadapan pembaca Harian Bernas adalah episode ke 848 Mendung di Atas Cakrawala.

Karya
SH Mintardja telah menulis lebih dari 400 buku. Cerita berseri terpanjangnya adalah Api di Bukit Menorehyang terdiri dari 396 buku. Berikut ini daftar beberapa karya sang pengarang itu:

Api di Bukit Menoreh (396 episode) Tanah Warisan (8 episode)
Matahari Esok Pagi (15 episode) Meraba Matahari (9 episode)
Suramnya Bayang-bayang (34 episode) Sayap-sayap Terkembang (67 episode)
Istana yang Suram (14 episode) Nagasasra Sabukinten (16 episode)
Bunga di Batu Karang (14 episode) Yang Terasing (13 episode)
Mata Air di Bayangan Bukit (23 episode) Kembang Kecubung (6 episode)
Jejak di Balik Bukit (40 episode) Tembang Tantangan (24 episode)

Penulis cerita bersambung Singgih Hadi Mintardja atau lebih dikenal dengan nama SH Mintardja, Senin (18/1/1999) lalu, meninggal dunia. Almarhum menghembuskan nafas terakhir di hadapan anggota keluarganya, Senin, pukul 11.39 WIB di Rumah Sakit Bethesda, Yogya, dalam usia 66 tahun. Jenazah SH Mintardja dimakamkan Selasa (20/1/1999) pukul 15.00 WIB di pemakaman Kristen Arimatea, Mergangsan, Yogyakarta. Almarhum dirawat di RS Bethesda sejak Sabtu 26 Desember 1998, karena menderita sakit jantung. http://kangzusi.com/SH_Mintardja.htm

Senin, 12 Desember 2011

Kuliah Gratis : Frofesi Keguruan , bersama Agus Warsono, SPd.MSi

PROFESI KEGURUAN
OLEH AGUS WARSONO

KEMAMPUAN DAN SIKAP-SIKAP YANG HARUS DIMILIKI GURU
DALAM MENJALANKAN TUGAS PROFESIONAL SEBAGAI GURU

*HAKEKAT PROFESI KEGURUAN
* KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU
* KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
*PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
* PERAN GURU DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
* STRATEGI PENGELOLAAN STRES
* KODE ETIK KEGURUAN DAN PENERAPANNYA DALAM BERBAGAI
BIDANG KEHIDUPAN GURU
*HAKEKAT REFLEKSI PROFESIONAL
* ORGANISASI PROFESI GURU













Mata kuliah Dasar Keguruan (MKDK) 2 SKS


1.APA , MENGAPA DAN BAGAIMANA PEKERJAAN PROFESI GURU
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP PROFESI KEGURUAN

2.BERBAGAI KOMPETENSI YANG DIKUASAI GURU:
*KEPRIBADIAN
*SOSIAL
*PROFESIONAL

3.PERAN-PERAN PROFESIONAL
*PERANAN SEBAGAI PENDIDIK:
penyampai informasi,
perencana pembelajaran,
pembimbing dan konseling,
administrator program sekolah.

4.PR0FESI GURU :
Kode Etik Guru
Peran dalam organisasi profesinya.

5.CARA UNTUK MEREFLEKSI DIRI DAN MENGATASI STRES YANG DITEMUI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS GURU


1.APA , MENGAPA DAN BAGAIMANA PEKERJAAN PROFESI GURU
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP PROFESI KEGURUAN

Profesional:
1.Orang yang menyandang suatu profesi
2.Penampilan sesorang dalam melakukan pekerjaannya sesuai dengan profesinya
Dalam kegiatan sehari-hari seseorang profesional melakukan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang dimilikinya. Dalam penghertian yang kedua dapat dikontraskan dengan nonprofesional

Profesionalisme:
menunjuk kepada komitmen para anggoita suatu profesi untuik meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terus menerus mengembangkan strategi-strategi yang digunakannya dal;am melakukan pekerjaan seuai dengan profesinya

Profesionalitas:
Mengacu kepada sikap para anggota profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya.(seorang professional tidak akan mau mengerjakan suatu yang memang bukan bidangnya. Seorang guru akan selalu memberikan pelayanan yang baik kepada murid-muridnya.

Profesionalisasi :
Menunjuk pada proses peningkatan kualifikasi maupun kemampuan para anggota profesi dalam mencap[ai krioteria yang standard penampilannya sebagai suatu profesi atau serangkaian prosesx pengembangan professional (profesional development)

Ciri-ciri Profesi:
Yakni adanya : a. Strandar untuk kerja
b. lembaga pendidikan khusus untuk menghasilkan pelaku profesi
tersebut dalam standard kualitas akademik yang bertanggungh
jawab.
c. Organisasi profesi
d. etika dank ode etik profesi
e. sistem imbalan
f. pengakuan masyarakat








2.BERBAGAI KOMPETENSI YANG DIKUASAI GURU:

*KEPRIBADIAN
*SOSIAL
*PROFESIONAL

KOMPETENSI KEPRIBADIAN
Kompetensi Kepribadian adalah kompetensi yang berkaitan dengan prilaku pribadi guru itu sendiri yang kalak harus memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari .

Saya dengan konsep diri saya ( self concept)
Saya dengan ide diri saya ( self idea)
Saya dengan realita diri saya ( self reality)

KOMPETENSI SOSIAL:
Kemampuan guru untuk memahami dirinya sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dari masyarakat danmampu mengembangkan tugas sebagai anggota masyarakat dan warga Negara. Kemampuan social ini mencakup kemampuan untuk menyesuaikan diri kepada tuntutan kerja dan lingkungan sekitar pada waktu membawakan tugasnya sebagai guru.

Fungsi Kompetensi social:
*Sebagai motivator dan inovator pembangunan pendidikan.
*Perintis dan pelopor pendidikan
*Pengabdian



KOMPETENSI PROFESIONAL :
Merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki guru.
Menurut Cooper : Ada 4 komponen kompetensi professional :
(a). Mempunyai pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku manusia . (b). Mempunyai pengetahuan dan menguasai nidang studi yang dibinanya. (c).mempunya sikap yang tepat tentang diri sendiri, sekolah, teman sejawat, dan bidang studi yang dibinanya. dan (d). Mempunyai ketrampilan teknik mengajar.

Menurut Jonhson (1980):Mencakup
(a). penguasan materi pelajaran yang terdiri atas penguasaan bahan yang harus diajarkan dan konsep konsep dasar keilmuan yang diajarkan dari bahan yang diajarkannya itu.
(b) Penguasaan dan penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan.
(c) Penguasaan proses-proses pendidikan , keguruan pembelajaran siswa .

Menurut Depdikbud (1980): Ada 10 kemampuan dasar guru :
1. Penguasaan bahan pelajaran beserta konsep-konsep dasar keilmuannya.
2. Pengelolaan program belajar mengajar.
3. Pengelolaan kelas.
4. Penggunaan metoda dan sumber pembelajaran.
5. Penguasaan landasan-landasan kependidikan.(tinjauan soiologis,filosofis,historis,psikologis).
6. Pengelolaan interaksi belajarv mengajar.
7. Penilaian prestasi siswa.
8. Pengenalan fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan.
9. Pengenalan penyelenggaraan administrasi sekolah .
10. Pemahaman prinsip-prinsip dan pemanfaatan hasil penelitian pendsidikan untuk kepentingan peningkatan mutu pengajaran.
3.PERAN-PERAN PROFESIONAL
*PERANAN SEBAGAI PENDIDIK:
penyampai informasi,
perencana pembelajaran,
pembimbing dan konseling,
administrator program sekolah.









4.PROFFESI GURU :
Kode Etik Guru
Peran dalam organisasi profesinya.











5.CARA UNTUK MEREFLEKSI DIRI DAN MENGATASI STRES YANG DITEMUI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS GURU









KEMAMPUAN DAN SIKAP-SIKAP YANG HARUS DIMILIKI GURU
DALAM MENJALANKAN TUGAS PROFESIONAL SEBAGAI GURU

*HAKEKAT PROFESI KEGURUAN
* KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU
* KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
*PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
* PERAN GURU DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
* STRATEGI PENGELOLAAN STRES
* KODE ETIK KEGURUAN DAN PENERAPANNYA DALAM BERBAGAI
BIDANG KEHIDUPAN GURU
*HAKEKAT REFLEKSI PROFESIONAL
* ORGANISASI PROFESI GURU




Tes