PROFESI KEGURUAN
OLEH AGUS WARSONO
KEMAMPUAN DAN SIKAP-SIKAP YANG HARUS DIMILIKI GURU
DALAM MENJALANKAN TUGAS PROFESIONAL SEBAGAI GURU
*HAKEKAT PROFESI KEGURUAN
* KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU
* KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
*PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
* PERAN GURU DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
* STRATEGI PENGELOLAAN STRES
* KODE ETIK KEGURUAN DAN PENERAPANNYA DALAM BERBAGAI
BIDANG KEHIDUPAN GURU
*HAKEKAT REFLEKSI PROFESIONAL
* ORGANISASI PROFESI GURU
Mata kuliah Dasar Keguruan (MKDK) 2 SKS
1.APA , MENGAPA DAN BAGAIMANA PEKERJAAN PROFESI GURU
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP PROFESI KEGURUAN
2.BERBAGAI KOMPETENSI YANG DIKUASAI GURU:
*KEPRIBADIAN
*SOSIAL
*PROFESIONAL
3.PERAN-PERAN PROFESIONAL
*PERANAN SEBAGAI PENDIDIK:
penyampai informasi,
perencana pembelajaran,
pembimbing dan konseling,
administrator program sekolah.
4.PR0FESI GURU :
Kode Etik Guru
Peran dalam organisasi profesinya.
5.CARA UNTUK MEREFLEKSI DIRI DAN MENGATASI STRES YANG DITEMUI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS GURU
1.APA , MENGAPA DAN BAGAIMANA PEKERJAAN PROFESI GURU
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP PROFESI KEGURUAN
Profesional:
1.Orang yang menyandang suatu profesi
2.Penampilan sesorang dalam melakukan pekerjaannya sesuai dengan profesinya
Dalam kegiatan sehari-hari seseorang profesional melakukan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang dimilikinya. Dalam penghertian yang kedua dapat dikontraskan dengan nonprofesional
Profesionalisme:
menunjuk kepada komitmen para anggoita suatu profesi untuik meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terus menerus mengembangkan strategi-strategi yang digunakannya dal;am melakukan pekerjaan seuai dengan profesinya
Profesionalitas:
Mengacu kepada sikap para anggota profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya.(seorang professional tidak akan mau mengerjakan suatu yang memang bukan bidangnya. Seorang guru akan selalu memberikan pelayanan yang baik kepada murid-muridnya.
Profesionalisasi :
Menunjuk pada proses peningkatan kualifikasi maupun kemampuan para anggota profesi dalam mencap[ai krioteria yang standard penampilannya sebagai suatu profesi atau serangkaian prosesx pengembangan professional (profesional development)
Ciri-ciri Profesi:
Yakni adanya : a. Strandar untuk kerja
b. lembaga pendidikan khusus untuk menghasilkan pelaku profesi
tersebut dalam standard kualitas akademik yang bertanggungh
jawab.
c. Organisasi profesi
d. etika dank ode etik profesi
e. sistem imbalan
f. pengakuan masyarakat
2.BERBAGAI KOMPETENSI YANG DIKUASAI GURU:
*KEPRIBADIAN
*SOSIAL
*PROFESIONAL
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
Kompetensi Kepribadian adalah kompetensi yang berkaitan dengan prilaku pribadi guru itu sendiri yang kalak harus memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari .
Saya dengan konsep diri saya ( self concept)
Saya dengan ide diri saya ( self idea)
Saya dengan realita diri saya ( self reality)
KOMPETENSI SOSIAL:
Kemampuan guru untuk memahami dirinya sebagai bagian yang tidak dapat terpisahkan dari masyarakat danmampu mengembangkan tugas sebagai anggota masyarakat dan warga Negara. Kemampuan social ini mencakup kemampuan untuk menyesuaikan diri kepada tuntutan kerja dan lingkungan sekitar pada waktu membawakan tugasnya sebagai guru.
Fungsi Kompetensi social:
*Sebagai motivator dan inovator pembangunan pendidikan.
*Perintis dan pelopor pendidikan
*Pengabdian
KOMPETENSI PROFESIONAL :
Merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki guru.
Menurut Cooper : Ada 4 komponen kompetensi professional :
(a). Mempunyai pengetahuan tentang belajar dan tingkah laku manusia . (b). Mempunyai pengetahuan dan menguasai nidang studi yang dibinanya. (c).mempunya sikap yang tepat tentang diri sendiri, sekolah, teman sejawat, dan bidang studi yang dibinanya. dan (d). Mempunyai ketrampilan teknik mengajar.
Menurut Jonhson (1980):Mencakup
(a). penguasan materi pelajaran yang terdiri atas penguasaan bahan yang harus diajarkan dan konsep konsep dasar keilmuan yang diajarkan dari bahan yang diajarkannya itu.
(b) Penguasaan dan penghayatan atas landasan dan wawasan kependidikan dan keguruan.
(c) Penguasaan proses-proses pendidikan , keguruan pembelajaran siswa .
Menurut Depdikbud (1980): Ada 10 kemampuan dasar guru :
1. Penguasaan bahan pelajaran beserta konsep-konsep dasar keilmuannya.
2. Pengelolaan program belajar mengajar.
3. Pengelolaan kelas.
4. Penggunaan metoda dan sumber pembelajaran.
5. Penguasaan landasan-landasan kependidikan.(tinjauan soiologis,filosofis,historis,psikologis).
6. Pengelolaan interaksi belajarv mengajar.
7. Penilaian prestasi siswa.
8. Pengenalan fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan.
9. Pengenalan penyelenggaraan administrasi sekolah .
10. Pemahaman prinsip-prinsip dan pemanfaatan hasil penelitian pendsidikan untuk kepentingan peningkatan mutu pengajaran.
3.PERAN-PERAN PROFESIONAL
*PERANAN SEBAGAI PENDIDIK:
penyampai informasi,
perencana pembelajaran,
pembimbing dan konseling,
administrator program sekolah.
4.PROFFESI GURU :
Kode Etik Guru
Peran dalam organisasi profesinya.
5.CARA UNTUK MEREFLEKSI DIRI DAN MENGATASI STRES YANG DITEMUI DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS GURU
KEMAMPUAN DAN SIKAP-SIKAP YANG HARUS DIMILIKI GURU
DALAM MENJALANKAN TUGAS PROFESIONAL SEBAGAI GURU
*HAKEKAT PROFESI KEGURUAN
* KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU
* KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
*PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
* PERAN GURU DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
* STRATEGI PENGELOLAAN STRES
* KODE ETIK KEGURUAN DAN PENERAPANNYA DALAM BERBAGAI
BIDANG KEHIDUPAN GURU
*HAKEKAT REFLEKSI PROFESIONAL
* ORGANISASI PROFESI GURU
Tes