Minggu, 23 Oktober 2016

Menjadi Penyair Idola



Menjadi Penyair Idola
Doeloe ketika muda-mudanya Rieke Diah Pitaloka juga Puput Novel adalah perempuan penyair yang menjadi idola masyarakat , sayang kemudian mereka beralih ke profesi lain yang lebih menjanjikan dalam segi finansial. Puput memilih menjadi artis sedang Rieke memilih menjadi politikus juga sempat menjadi artis.
Penyair muda menjadi idola masyarakat akan sangat menguntungkan karena kesempatan karier yang lebih panjang dan lebih produktif. Wiji Tukul adalah penyair di usia muda yang sudah menjadi idola karena puisi-puisinya yang berani dan dan menggigit.
Mempertahankan keunikan diri
Keunikan diri menjadi ciri khas yang tidak dimiliki orang lain. Penyair yang memiliki keistimewaan ini pastilah mudah diingat masyarakat. Keunikan diri dapat berupa ciri pada badannya baik wajah, rambut, pakaian / topi/aksesoris yang melekat pada badanya, atau benda yang slalu dibawanya (seperti kacamata, tasbih, kursi roda, dll) menjadi daya tarik tersendiri yang membuat masyarakat mudah mengingat.
Rambah dunia ini dengan puisimu
Pancaran buku/karya tulis berupa puisi tiada batas. Demikian karena aksara adalah jelajah negeri sejak doeloe. Jika mungkin tebaran karya puisimu hingga pelosok dunia. Sehingga yang tahu anda penyair itu bukan di daerahmu saja, bukan di komunitasmu saja, dan bukan dikotamu saja. Sebarkan karya Anda. (Rg Bagus Warsono, 22 Oktober 2016)