Senin, 16 September 2013

Kurikulum 2013 Berlaku Penuh 2015

Kurikulum 2013 baru akan terselenggara penuh pada 2015 mendatang. 
Pemberlakuan Kurikulum 2013 dipastikan tidak berlaku sepenuhnya tahun ini. Hanya ada beberapa kelas saja yang dijadikan sebagai pilot project pemberlakuan kurikulum itu.
Hanya ada beberapa kelas saja yang menjadi pilot project. Tahun ini, di tingkat SD hanya untuk kelas satu dan kelas 4 saja. SMP dan SMA berlaku hanya untuk kelas 1. Penerapan bertahap Kurikulum 2013 ini dilakukan berdasarkan edaran kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). Pemberlakuan kurikulum secara bertahap ini juga terkait dengan 
proyeksi melatih guru dan pengadaan buku kurikulum. 
kurikulum 2013 memiliki desain pembelajaran instruksional yang lebih modern dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Tujuan pembelajaran tidak lagi berpatokan pada buku. Ini semua tergantung kemampuan guru untuk mengeksplore pembelajaran.
Kurikulum 2013 memang menuntut guru agar membuat desain pembelajaran yang lebih fleksibel. Dihrapkan untuk guru SD dapat mengoptimalkan Gugus Sekolah sebagai Pusat Kegiatan Guru untuk dapat mendesain pembelajaran di kelas. Melalui gugus sekolah  ini akan berjalan kegiatan serta  konsultasi guru yang akan membuat desain pembelajaran. Kemendikbud akan bantu guru mendesain, mengembangkan mengelola dan menilai proses sumber belajar.