Sabtu, 19 November 2011

Pengintegrasian Perubahan Iklim ke dalam Kurikulum disikapi 2 SD di Kec. Pasekan

Pembelajaran sistem Kurikulu KTSP ( 2006 ) tampak yarat dengan matan baru. Sebelumnya masukan baru berupa Muatan Pendidikan Karakter, disusul dengan mutan Pendidkan Linkungan hidup dan kini pendidikan Perubahan Iklim.
Kurikulum yang menerima perubahan dinamika zaman dan alam ini menjadikan guru harus tanggap terhadap perkembangan dan situasi alam baik di negara kita, inyternasional atau pun dunia.
Perubahan iklim dewasa ini sangat terasa sekali memiliki dampak yang apabila tidak di antispasi bahkan dipahami sejak dini berdampak pada situasi alam di masa datang. Guru dengan kemapuannya diharapka dapat memberikan muatan pada generasi penerus agar dapat memahami peubahan alam . Petrubahan iklim sangatpenting artinya untuk dijadikan bahan masukan pada mata pelajaran tertentu di Seklah dasar. Untuk itu 2 sekolah di Kecamatan Pasekan, SDN Pasekan I dan SDN Pasekan II pada 19 Nofember bertempat di SDN Pasekan II kecamatan Pasekan berlangsung kegiatan Penyampaian hasil Pendidikan dan Pelatihan Pengintegrasian Perubahan Iklim dalam Kurikulum/Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Kartinah, SPd. SD , yang telah mengikiti TOT ditingkat Kabupaten langsung memberikan "getok tular" pada dua SD yang berdekatan ini. Kegiatan penyampaian hasil diklat oleh guru ke teman guru lain patut mendapat penghargaan dan menjadi agar ditiru oleh guru di daerah lain.